Manfaat memeluk anak ternyata dapat memberikan banyak hal positif terhadap anak secara kesehatan, lho. Tak hanya kesehatan mental, faktanya manfaat memeluk anak dapat juga memengaruhi kesehatan fisik anak. Pelukan merupakan salah satu bahasa yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada orang yang kita sayangi.

Mungkin kamu pernah merasa kesal ketika anak sering merenggek minta dipeluk. Sebagian orangtua mungkin menghindari kebiasaan pelukan ini agar anak tidak manja dan mandiri. Padahal pelukan dipercaya bermanfaat bagi kesehatan psikis dan fisik anak. Lalu kira-kira apa sajakan manfaat memeluk anak? Yuk simak informasi mengenai 9 manfaat memeluk anak berikut ini!

1. Manfaat Memeluk Anak: Meminimalkan Produksi Hormon Kortisol

Manfaat memeluk anak yang pertama adalah menurunkan produksi hormon stres yang dikenal juga dengan hormon kortisol. Namanya anak-anak mereka umumnya belum bisa mengatur dan mengontrol emosinya dengan baik. Hal ini kemudian membuat suasana hatinya mudah berubah tidak menentu yang membuat mereka kebingungan dan stres sehingga bisa meningkatkan produksi hormon ini.

Saat jumlah hormon kortisol dalam tubuh anak meningkat, hal ini dapat menyebabkan anak sulit tidur, susah berkonsentrasi, mengalami kenaikan berat badan, serta menjadi tidak berenergi, dan tidak bersemangat. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi. Kamu bisa coba memeluk anak untuk membuat rasa aman dan nyaman pada anak yang dapat menurunkan tingkat hormon stres atau kortisol anak.

2. Manfaat Memeluk Anak: Mengurangi Perasaan Cemas

Manfaat Memeluk Anak

Manfaat memeluk anak selanjutnya adalah menurunkan rasa cemas. Selain menurunkan hormon kortisol, memeluk anak dapat membantu anak melepaskan hormon oksitosin yang bisa membuat anak merasa tenang, bahagia, dan juga nyaman.

3. Manfaat Memeluk Anak: Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat memeluk anak berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh saat berpelukan faktanya berdampak pada tekanan darah anak. Hal ini membuat anak-anak yang sering mendapatkan pelukan memiliki tekanan darah yang stabil sehingga berdampak baik untuk kesehatan jantungnya.

 

4. Manfaat Memeluk Anak: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tak hanya menyehatkan jantung, pelukan juga dipercaya dapat meningkatkan daya tubuh anak. Hal ini membuat beberapa gejala pada penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, bisa lebih cepat membaik.

Baca Juga: Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

5. Manfaat Memeluk Anak: Mengurangi Rasa Sakit

Pelukan juga dipercaya bisa meredakan rasa sakit yang dialami anak. Kebiasaan memeluk ini dapat membuat pernapasannya lebih lancar sehingga sirkulasi dan suplai oksigen ke berbagai jaringan tubuhnya baik.

6. Manfaat Memeluk Anak: Menjalin Ikatan Lebih Kuat

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, kebiasaan memeluk juga akan membantu menjalin ikatan antara orangtua dan anak menjadi lebih kuat.

Para dokter umumnya akan menganjurkan ibu dan ayah untuk segera memeluk atau melakukan kontak skin-to-skin dengan bayinya yang baru lahir. Selain membatu menjalin ikatan pada bayi baru lahir hal ini juga membantu bayi untuk lebih cepat belajar menyusu, lebih jarang rewel atau menangis, dan tidak sulit tidur.

7. Manfaat Memeluk Anak: Merasa Dicintai dan Selalu Didukung

Manfaat Memeluk Anak

Melalui pelukan, anak umumnya akan merasa lebih dicintai, dilindungi, didukung, dan diperhatikan. Oleh karena itu pelukan bisa menjadi salah satu bahasa cinta untuk menunjukkan penghargaan kepada anak.