Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nggak Hanya Mengasyikkan, 5 Manfaat Memelihara Hewan Ini Juga Bisa Kamu Rasakan, Lho!

Beberapa manfaat memelihara hewan yang mungkin nggak disangka sebelumnya!

Guling-guling, lari ke sana ke mari, sampai lompat-lompat. Duh! Tingkah laku hewan peliharan kita memang ngegemesin! Suasana rumah terasa lebih ceria dengan kehadiran mereka. Beberapa hewan seperti kucing, anjing, atau kelinci menjadi hewan-hewan peliharaan yang paling populer. Selain karena penampilannya yang lucu, hewan-hewan ini juga lebih mudah dipeluk dan disayang-sayang. Matanya yang berbinar-binar dan bulunya yang fluffy benar-benar unch deh!

Selain ketiga hewan tersebut, sebagian orang juga memelihara jenis hewan lain. Ada yang memelihara ikan, burung, hamster, hingga reptil seperti ular dan iguana. Oh, ya! Hewan peliharaan juga bukan sebatas penyemarak suasana rumah, lho! Bagi sebagian orang, hewan peliharaan bisa dibudidayakan. Yang lagi populer nih, ikan cupang, bisa jadi ladang emas kamu! Dilansir dari Popbela.com, ekspor ikan cupang ke Asia Tenggara sedang ramai. Untuk minimal 10 ekor ikan, harga belinya bisa mencapai 10 juta rupiah! Wah! Cuan gede nih!

manfaat memelihara hewan
Credit: Sarah Brown via Unsplash

Namun, memelihara hewan nggak selalu gampang, lho. Perawatan dan pemeliharaan beberapa jenis hewan nggak hanya memakan biaya besar, tetapi juga membutuhkan proses yang rumit. Spesies-spesies anjing berbulu tebal seperti Alaskan Malamute, misalnya, harus rajin disisir setiap hari. Karakter spesies hewan yang berbeda juga membutuhkan penanganan yang berbeda. Dan juga, buat kamu yang tertarik dengan spesies hewan tertentu, siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, beberapa jenis hewan tergolong ke dalam spesies hewan peliharaan termahal di dunia!


Baca Juga: Harga Cupang Kalah! Ini Dia 10 Hewan Peliharaan Paling Mahal Di Dunia


Meskipun demikian, memelihara hewan tetap worth trying kok! Bob punya 5 manfaat memelihara hewan yang selama ini mungkin kamu nggak ketahui atau sadari. Apa aja sih manfaat memelihara hewan yang bisa kamu rasakan? Baca dari nomor satu di bawah ini, ya!

1. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran

Beberapa jenis hewan peliharaan, terutama anjing harus rajin diajak bermain dan berjalan-jalan. Meskipun kamu kadang malas ngajak anjing kamu jalan-jalan, sebenarnya kegiatan ini merupakan salah satu manfaat memelihara hewan, lho. Situs CDC.gov menyebutkan kalau beberapa studi menunjukkan bahwa memelihara hewan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol.

manfaat memelihara hewan
Credit: real_pnh via Pinterest

Di sisi lain, kamu juga harus waspada. Dilansir dari CDC.gov, beberapa hewan peliharaan juga bisa membawa kuman yang berbahaya dan memicu penyakit. Eits! Jangan langsung panik! Ada beberapa cara yang kamu bisa ambil untuk mencegahnya. Setelah berinteraksi dengan hewan, kamu harus selalu mencuci tangan. Periksakan hewan peliharaan kesayangan kamu ke dokter hewan secara berkala. Yang terakhir, selalu rajin membersihkan rumah kamu!

2. Mengajarkan Tanggung Jawab kepada Anak-Anak

Manfaat memelihara hewan nggak hanya bisa dirasakan oleh kamu, tetapi juga anak-anak. Buat kamu yang sudah punya si kecil, kamu bisa mengajarkan tanggung jawab lewat hewan peliharaan. Namanya memelihara hewan, pasti nggak selalu mudah dong! Nah, dilansir dari Animal Friends, anak-anak bisa mempelajari keahlian seperti membersihkan kandang, merawat hewan, hingga mengajarkan trik pada hewan. Jadi, dari kecil anak-anak sudah dituntut untuk bertanggung jawab atas hewan peliharaannya.

manfaat memelihara hewan
Sumber: Wallpaperflare.com

Nggak hanya itu. Ternyata, manfaat memelihara hewan juga berkaitan dengan perkembangan emosional anak. Merawat hewan membantu si kecil mengembangkan empatinya. Aspek ini nggak hanya berguna dalam memelihara hewan, lho. Di masa mendatang, anak-anak juga bisa memiliki hubungan sosial yang baik dengan empati yang kuat. Selain bertanggung jawab, anak-anak juga dilatih menjadi individu yang peduli dan sayang kepada sesamanya dan makhluk hidup lain.


Baca Juga: Ingin Memelihara Hewan Eksotis? Kenali Bearded Dragon


3. Mengurangi Kecemasan dan Risiko Depresi

Karena kesibukan sehari-hari, terkadang kita nggak memperhatikan kesehatan pribadi. Yang lebih parah, kesehatan yang acap kali terabaikan adalah kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental yang baik adalah fondasi yang kuat untuk kesehatan diri secara menyeluruh. Untungnya, manfaat memelihara hewan peliharaan juga mencakup penurunan tingkat kecemasan. Dilansir dari Help Guide, adanya hewan peliharaan dapat meredakan kecemasan dan memberikan kepercayaan diri.

manfaat memelihara hewan
Sumber: fyeahwheein.tumblr.com

Selain itu, manfaat memelihara hewan yang lain adalah menurunnya risiko depresi. Sebuah artikel di Newport Academy mengutip sebuah penelitian di tahun 2016. Pada penelitian ini, para lansia “dititipi” masing-masing satu ekor jangkrik peliharaan dan mood mereka diamati selama 8 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi para lansia tersebut mengalami penurunan. Dari hasil ini, kita bisa tahu kalau merawat hewan peliharaan memang memberikan manfaat bagi kesehatan mental.

4. Mendapatkan Teman Baru

Setiap orang pasti butuh setidaknya satu sosok teman. Namun, terkadang kita ingin kenal dengan orang-orang baru, tetapi bingung harus mulai dari mana. Nah, manfaat memelihara hewan yang berikutnya bisa membantu kamu menemukan teman-teman baru. Dilansir dari Help Guide, hewan peliharaan membantu mengawali dan menjaga persahabatan baru. Coba deh kamu ajak jalan-jalan anjing kamu dan ketemu dengan pemilik anjing lain. Rasanya pengen ngobrol dan sharing tentang hewan peliharaan masing-masing, ‘kan?

manfaat memelihara hewan
Sumber: Amino

Saat punya hewan peliharaan, kamu juga mungkin tertarik gabung dengan klub atau komunitas hewan tertentu. Nah, ini bisa memberikan kamu manfaat yang lebih besar lagi! Setelah bergabung dengan klub atau komunitas, kamu bisa bertemu para enthusiast yang lain. Kamu juga bisa belajar dan minta tips dan trik pemeliharaan hewan dari para ahlinya. Eh, jangan-jangan kamu juga bisa ketemu jodoh kamu di klub? Biar kayak Roger dan Anita di film komedi 101 Dalmatians!

5. Terlindung dari Rasa Kesepian

Manfaat memelihara hewan yang ini sih sudah nggak perlu diragukan lagi. Buat kamu yang tinggal dengan keluarga, mungkin selalu ada orang tua, kakak, atau adik yang menemani. Namun, buat mereka yang tinggal sendiri dan jarang berinteraksi dengan orang lain, risiko mengalami kesepian jadi lebih tinggi. Dilansir dari Pet Assure, hewan peliharaan bisa jadi sosok teman yang setia. Hewan peliharaan juga bisa tahu saat kita sedih dan menemani kita melewati masa-masa sulit.

manfaat memelihara hewan
Sumber: IDN Times

Meskipun nggak bisa bicara dalam bahasa manusia, hewan peliharaan bisa paham apa yang kita katakan. Tentunya supaya paham, kita harus melatih mereka dong. Nah, kalau sudah di tahap ini, berinteraksi dengan hewan peliharaan jadi makin seru. Kehadiran mereka, seperti dilansir dari Help Guide bisa menghilangkan kesepian yang memicu depresi. Melihat tingkah polah mereka yang lucu dan menggemaskan bisa jadi hiburan gratis yang bikin mood kamu membaik!


Baca Juga: Ingin Pelihara Si Fluffy Alaskan Malamute? Kenali Kebutuhan Dan Sifat Anjing Malamute Terlebih Dulu!


Itulah 5 manfaat memelihara hewan yang Bob rangkum buat kalian. Gimana? Makin mantap ‘kan niat untuk memelihara hewan. Pastikan kamu siap dengan segala konsekuensinya, ya, terutama dari aspek perawatan. Ya, memelihara hewan memang membutuhkan tenaga, kesabaran, dan dana yang mungkin kecil. Namun, pengorbanan dan usaha kamu nggak akan sia-sia karena beberapa manfaat memelihara hewan yang bisa kamu rasakan. Merawat hewan peliharaan sama seperti merawat kebahagiaan kamu, kok!

Ngomong-ngomong soal perawatan, nggak cuman hewan peliharaan yang perlu diurus. Kondisi fisik dan mental kamu juga, lho! Di situasi seperti sekarang, kita rentan mengalami stres, terutama dengan tanggung jawab pekerjaan. Nah, sebelum kamu burnout, coba deh lakukan hal-hal yang bisa mengembalikan kesegaran pikiran dan keceriaan kamu. Salah satunya adalah staycation. Eits! Bob punya tempat baru yang nggak kalah seru dari Bobobox buat staycation. Dijamin adem banget!

Liburan Dekat dengan Alam di Bobocabin!

Bobobox akan menghadirkan Bobobcabin, akomodasi yang mengajak kamu menikmati suasana alam yang asri dari kenyamanan kabin modern. Interior kabin mengusung desain kontemporer dengan warna earthy yang bikin kamu betah! Dilengkapi jendela yang besar dan teknologi modern, kamu bisa menikmati atmosfer alami yang nggak bisa kamu jumpai di pusat kota. Ya! It’s time to get closer to the nature!

Interior Bobocabin

 

Bobocabin akan dibuka di dua tempat di Bandung, Ranca Upas dan Cikole. Dilengkapi fasilitas-fasilitas seperti shared bathroom dan area parkir yang luas, liburan kamu dijamin tetap nyaman dan antiribet. Koneksi WiFi yang cepat dan stabil juga tersedia supaya kamu bisa tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarga. Di malam hari, kamu juga bisa menikmati kehangatan api unggun sambil ngobrol dan bersenang-senang dengan teman-teman. Seru, ‘kan? Minat dan ingin informasi lebih lanjut, yuk kunjungi page Bobocabin sekarang!

You might also like