Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

4 Manfaat Utama Meditasi Menurut Penelitian

Ketahui manfaat meditasi di artikel ini

Kesibukan di masa kini memang seakan tidak ada habisnya. Belum selesai menggarap satu proyek, proyek lainnya sudah menunggu buat digarap. Padahal, sebagai manusia kita juga perlu istirahat. Dengan istirahat cukup, tubuh akan semakin kuat sehingga kita dapat lebih lancar menjalani hari. Salah satu metode rehat paling manjur adalah meditasi.

Saat meditasi, otak dan tubuh akan menjadi lebih tenang. Selain itu, meditasi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu, lho. Penasaran apa saja manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh? Berikut Bob sampaikan daftarnya.

manfaat meditasi

Menurunkan tekanan darah

Ketika emosimu sedang tinggi, tekanan darahmu otomatis akan naik. Padahal, tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Jantungmu akan dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa darah sehingga kamu rawan terkena penyakit jantung.

Dengan bermeditasi, tekanan darahmu akan dapat kembali ke titik normal. Kamu akan merasa lebih tenang setelah meditasi, dan jantungmu akan bekerja normal kembali.

manfaat meditasi

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di musim pancaroba seperti ini, wajib hukumnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu tidak “tumbang” saat bekerja. Dengan bermeditasi, kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa meditasi yang dilakukan secara berkala akan membuat tubuh lebih kebal dari penyakit. Selain itu, meditasi juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit umum, seperti flu atau pilek.

Mengatasi kecanduan

Sikap disiplin yang didorong oleh bermeditasi dapat membantumu mengatasi kecanduan, misalnya kecanduan ponsel maupun alkohol. Hal ini dimungkinkan karena meditasi akan mengalihkan pikiranmu dari keinginan yang merusak tubuh.

Manfaat bermeditasi untuk mengatasi kecanduan sudah dibuktikan oleh penelitian. Sebuah studi di AS menyebutkan bahwa 19 orang pecandu alkohol dapat mengendalikan keinginannya untuk mengonsumsi alkohol setelah bermeditasi.

manfaat meditasi

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik penting didapat agar kamu dapat menjalani hari dengan lebih segar. Salah satu resep agar kamu dapat tidur dengan lebih nyenyak adalah bermeditasi. Dengan bermeditasi, kamu tidak perlu mengonsumsi obat tidur yang mungkin dapat menyebabkan efek ketagihan.

Khasiat bermeditasi untuk memperbaiki kualitas tidur sudah terbukti dengan penelitian. Sejumlah responden dibagi menjadi dua, satu kelompok menjalani meditasi dan kelompok lainnya tidak. Hasilnya, responden yang menjalani meditasi melaporkan bahwa tidur mereka lebih nyenyak.

Untuk bermeditasi, kamu tidak perlu menyisihkan waktu terlalu banyak. Namun, pastikan kamu berada di tempat yang sepi dan bebas gangguan. Bermeditasi dapat dilakukan hanya dalam 5-10 menit per hari. Jika sudah terbiasa bermeditasi 5-10 menit, kamu dapat mencoba bermeditasi lebih lama.

Jika kamu perlu tempat yang tenang untuk meditasi, kamu bisa menyewa kamar di Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul kekinian yang menawarkan berbagai kemudahan saat menginap. Harga per malamnya pun terjangkau sehingga kamu dapat menyewa kamar kapan saja kamu butuhkan.

Kamu dapat menginap di lokasi Bobobox terdekat dengan rumahmu, baik di Bandung maupun Jakarta. Seluruh lokasi Bobobox dilengkapi dengan teknologi tinggi, dan kamu dapat mengontrol perlengkapan di kamarmu dengan aplikasi ponsel.

Selain memiliki teknologi yang tinggi, Bobobox juga menawarkan ketenangan di setiap kamarnya. Jika kamu menginap di Bobobox, kamu dapat mengklaim konten gratis dari Riliv (riliv.co) untuk membantumu bermeditasi.

Tertarik menginap di Bobobox? Yuk, kunjungi bobobox.co.id untuk memesan kamar! Kamu juga dapat memesan kamar melalui aplikasi ponsel Bobobox, yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store. Selamat menginap dan mencoba meditasi agar hidupmu lebih sehat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.