Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu memerhatikan kesehatan mental juga lho

Kehamilan adalah momen bahagia bagi seorang wanita. Akan tetapi, di balik anugra tersebut seorang ibu hamil harus menanggung beban yang luar biasa. Tidak hanya beban fisik, beban mental juga kerap dialami saat sedang mengandung.

Beban mental ini bisa datang dari mana dan kapan saja baik itu dari pasangan, makanan, atau kecemasan saat akan melahirkan.

Keadaan tersebut bisa berpengaruh bagi suasana hati, pola tidur, bahkan hubungan si ibu hamil dengan pasangannya. Banyak cara yang bisa dilakukan agar ibu hamil bisa keluar dari situasi tersebut dan salah satunya adalah dengan meditasi.

Apa itu meditasi?

ibu hamil
Photo by JD Mason on Unsplash

Meditasi adalah sebuah aktivitas yang mampu meningkatkan kesadaran seseorang terhadap dirinya sendiri. Dengan membuka pikiran bermeditasi bisa membantu kamu untuk menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam diri.

Banyak orang salah mengartikan meditasi sebagai aktivitas mengosongkan pikiran atau berhenti berpikir. Padahal, pikiran memiliki sifat alami untuk terus bergerak dan berpikir dan bermeditasi bisa membantu kamu untuk memperjelas pikiran-pikiran tersebut sehingga membantu kamu untuk menjadi lebih tenang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermeditasi bisa memberikan dampak yang positif bagi ibu hamil. Manfaatnya bisa didapatkan dari awal kehamilan hingga setelah melahirkan.

Manfaat meditasi untuk ibu hamil

ibu hamil
Photo by Ashton Mullins on Unsplash
Meredakan stres

Stres kerap dialami oleh seorang ibu hamil. Keadaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rasa khawatir yang berlebihan atau hormon yang berubah.

Perubahan hormon pada ibu hamil sangatlah wajar terutama peningkatan hormone estrogen dan progesteron yang drastis. Perubahan tersebut bisa menyebabkan mood swing dan perubahan fisik lainnya. Oleh karena itu, bermeditasi bisa membantu ibu hamil untuk mengurangi stres dan mood swing tersebut.

Membuat tidur lebih nyenyak

Terlalu banyak pikiran saat kehamilan juga bisa berakibat pada kesulitan untuk tidur. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa ibu hamil yang bermeditasi memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak bermeditasi.

Mencegah kelahiran prematur

Setiap ibu pasti ingin anaknya lahir dengan sehat dan tepat pada waktunya yaitu 40 minggu. Ibu hamil yang bermeditasi bisa meningkatkan peluang tersebut.

Hal ini dikarenakan bayi yang lahir prematur, yaiut di usia 37 minggu, bisa disebabkan oleh sang ibu yang mengalamu depresi atau trauma. Keadaan stres yang berat bisa mengeluarkan hormon yang mengakibatkan kontraksi dini.

Mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Rasa sakit saat melahirkan bisa sangat menyakitkan. Keadaan ini bisa semakin parah jika ditambah dengan rasa cemas dan stres. Biasanya, ibu hamil menggunakan obat bius lokal epidural untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Akan tetapi, banyak juga yang menolak menggunakan obat bius tersebut. Di sinilah meditasi bisa berperan untuk mengurangi rasa sakit.

Meditasi untuk melakukan bisa dipelajari dalam kelas antenatal. Terapi lainnya yang juga bisa membantu ibu hamil saat melahirkan adalah akupuntur, pijat, refleksologi, obat-obatan herbal atau homeopati, hipnotis, musik, dan aromaterapi.

Cara-cara bermeditasi untuk ibu hamil

ibu hamil
Photo by Jared Rice on Unsplash
Deep breath meditation

Deep breath meditation adalah tipe meditasi pernapasan yang berbeda dengan metode Lamaze atau yang diajarkan di kelas persiapan melahirkan lainnya. Tipe meditasi ini lebih mirip seperti Pranayama yang dilakukan dalam yoga.

Alih-alih memusatkan diri pada napas yang pendek dan cepat untuk membantu kontraksi, tipe meditasi ini menyarankan ibu hamil untuk menarik napas dalam-dalam secara perlahan melalui diafragma. Hal ini ditujukan untuk menanamkan rasa damai dan tenang agar sang ibu bisa merasakan tubuhnya dengan lebih baik.

Visualisasi

Tipe meditasi untuk ibu hamil lainnya adalah visualisasi. Dengan visualisasi, ibu hamil diminta untuk memfokuskan pikiran pada hal-hal yang positif. Pikiran yang positif tersebut bisa dihasilkan dari membayangkan tempat atau liburan favorit dan memfokuskan diri terhadap perasaan positif yang dihasilkan.

Ibu hamil juga bisa memfokuskan pikiran pada sang calon bayi. Bayangkan perjalanan sang bayi dari dalam perut hingga keluar dan lahir dengan selamat sampai di gendongan sang ibu. Tipe meditasi ini bisa membantu ibu hamil lebih fokus dan tenang saat persalinan.

Meditasi online

Jika kamu takut atau kesulitan bermeditasi sendirian namun tidak mau keluar dari rumah, meditasi online adalah pilihan yang bisa kamu coba. Melalui meditasi online, kamu akan dipandu langkah demi langkah saat bermeditasi.

Ada banyak penyedia layanan ini dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Headscape. Di sana kamu bisa menemukan beragam video panduan dan latihan tentang meditasi.

Hati-hati depresi saat mengandung

ibu hamil
Photo by Dmitry Schemelev on Unsplash

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), 14-23% ibu hamil menunjukkan gejala depresi. Namun sayangnya, masih banyak yang abai terhadap kondisi ini dan menganggap depresi hanya mood swing biasa.

Padahal, depresi bisa membahayakan tidak hanya si ibu tapi juga si calon bayi. Depresi yang tidak ditangani dengan serius bisa berujung pada buruknya nutrisi sang ibu, kelahiran prematur, berat badan bayi yang kurang, bahkan hingga perilaku bunuh diri. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir pun ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan.

Oleh karena itu, penangan terhadap depresi sangat diperlukan seperti oleh dokter atau terapis. Di sisi lain, bermeditasi juga bisa membantu mengurangi gejala-gejala depresi sebelum mendapatkan bantuan profesional.

Setiap ibu hamil tentunya memiliki kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu jenis meditasi dan manfaat yang diperoleh pun pasti akan bervariasi. Perkaya diri dengan informasi yang valid dan sesuaikan jenis meditasi dengan kebutuhan kamu. Yang paling penting, jaga kesehatan supaya kamu dan sang calon bayi bisa lahir dengan selamat.

Bobobox, hotel kapsul untuk bermeditasi

bobobox

Bermeditasi bisa dilakukan di mana saja asalkan tempatnya bisa memberikan ketenangan. Nah, kalau kamu bosan di rumah dan ingin bermeditasi di tempat yang nggak biasa, cobain aja di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di film-film masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Mudah kan?

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like