Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Jadi, coba lakukan meditasi secara rutin ya!

Bobobox.co.id — Salah satu hal yang cukup yang bisa kamu lakukan saat dilanda stres dan penat akibat deadline yang datang setiap hari saat kerja adalah dengan meditasi. Manfaat meditasi sendiri sudah banyak dikenal orang sebagai menjernihkan pikiranmu.

Elemen dasar dari meditasi sendiri terdiri atas memfokuskan pikiran, bernafas secara perlahan, dan duduk dengan tenang. Durasi meditasi yang dianjurkan tiap harinya adalah mulai dari 10 hingga 30 menit per harinya agar mendapatkan manfaat meditasi yang maksimal.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, tentu ada manfaat meditasi lainnya yang bisa saja kamu tidak tahu. Nah, jika masih penasaran, simaklah ulasan berikut ini yang menjelaskan manfaat meditasi lainnya bagi kesehatan tubuh dan pikiranmu.

Mengurangi Stres

Manfaat meditasi yang bisa kamu rasakan adalah berkurangnya stres yang menggelayutimu. Salah satu yang melakukan studi terhadap manfaat ini adalah Carnegie Mellon University.

Dalam studi yang dilakukan, adanya penurunan kadar kortisol pada partisipan yang diminta melakukan meditasi 25 menit sehari. Tak hanya itu, partisipannya pun merasakan adanya peningkatan dalam memecahkan masalah semisal saat mengerjakan soal matematika.

Membantu dalam Melawan Kecanduan

Terjebak dalam kecanduan sesuatu memang hal yang tidak baik bagi tubuhmu sendiri. Seringkali kamu sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya, namun tidak jua berhasil.

Bisa jadi dengan meditasi, justru kecanduanmu terhadap sesuatu akan berkurang. Pasalnya, saat meditasi, kamu akan dibantu untuk mengarahkan perhatianmu. Sehingga, kamu lebih paham dalam mengendalikan emosimu.

Mengontrol Rasa Cemas

Rasa cemas dan panik bisa saja datang secara tiba-tiba. Apalagi jika kamu sedang menunggu giliranmu mempresentasikan hasil pekerjaanmu di depan bos ataupun dosen.

Hasil penelitian terhadap 2.466 partisipan menyimpulkan bahwa manfaat meditasi lainnya untuk kesehatan dan pikiran adalah berkurangnya rasa cemas seseorang. Artinya, partisipan tersebut mampu mengendalikan rasa cemas yang muncul.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat meditasi lainnya yang kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin adalah adanya pengurangan tegangan pada jantung dan arteri. Hal ini akan baik dalam upaya menjaga kesehatan jantung.

Nah, efek berkelanjutan dari terjaga kesehatan jantung ini adalah berkurangnya risiko dari penyakit jantung dan stroke. Dengan demikian, hidup sehat dan meditasi bisa jadi salah satu solusi untuk jantungmu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Musim pancaroba memang menjadi momok yang menakutkan apabila sistem kekebalan tubuhmu lumayan rentan. Sehingga, mudah terkena flu dan pilek. Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya adalah dengan melakukan meditasi.

Manfaat meditasi yang akan kamu rasakan pada sebuah studi adalah berkurangnya risiko mengalami gejala flu dan pilek. Selain itu, tingkat kembali fit pun lebih dibandingkan yang tidak meditasi.

Meningkatkan Fokus

Padatnya pekerjaan di tiap harinya membuatmu harus menjaga fokusmu agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu dengan kualitas yang mumpuni.

Melakukan meditasi ternyata mampu membuatmu fokus lebih lama dibandingkan yang tidak mempraktikkan meditasi. Selain itu, daya ingat pun meningkat sehingga dapat mengingat detil pekerjaan dengan baik.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Nah, manfaat yang terakhir di daftar ini adalah meningkatkan kualitas tidur. Meningkatnya level hormon kortisol bisa membuatmu kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dengan melakukan meditasi, dalam sebuah penelitian, kamu akan bisa tidur lebih awal dan lebih lama dibandingkan orang yang tidak melakukan meditasi. Hal ini disebabkan terkontrolnya pikiranmu setelah meditasi.

manfaat meditasi tidur

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Mencari penginapan yang bisa menjaga kualitas tidurmu memang cukup sulit. Salah satu akomodasi penginapan yang recommended dalam urusan tersebut adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul kekinian yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keren. Adanya fasilitas ini siap menunjang kualitas tidur yang kamu butuhkan selama liburanmu. Sekarang, Bobobox juga bekerja sama dengan Riliv, aplikasi yang bisa memberikan konten bagi kamu yang ingin mempelajari meditasi dan mindfulness. 

Ingin memesan podnya di sini? Caranya mudah. Kamu cukup unduh aplikasi Bobobox di sini. Setelah itu, pod yang kamu ingin sudah bisa terpesan dari aplikasi tersebut.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.