Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini 7 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Bikin Glowing!

Coba deh agar kulit wajahmu lebih cantik dan merona!

Bobobox.co.id – Sebagai power food, ternyata kunyit nggak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak lho, tapi juga jadi masker kunyit.

Soalnya, kunyit memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kulit, seperti mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.

Salah satu manfaatnya datang dari kandungan kurkumin yang tinggi dalam kunyit. Kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang bisa mencegah dan menangani masalah kulit wajah.

Selain itu, kam juga bisa bikin masker kunyit sendiri di rumah lho. Nah, dilansir dari situs Healthline, inilah beberapa manfaat masker kunyit.

BACA JUGA: Suka Ngopi? Ternyata Karakter Kopi Bisa Ungkap Kepribadianmu!

Manfaat Masker Kunyit

masker kunyit
Photo by 🐣 Luca Iaconelli 🦊 on Unsplash

Mengatasi jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah jerawat. Biasanya, jerawat adalah hasil dari sel-sel mati dan minyak berlebih pada kulit yang menghalangi pori-pori.

Apabila minyak berlebih dan sel kulit mati bergabung dengan bakteri di kulit, mikroba ini bisa memblokir folikel rambut sehingga membuat jerawat semakin parah.

Kamu mungkin memiliki kulit sensitif sehingga tidak bisa menggunakan produk wajah. Sebagai alternatif, kamu bisa lho menggunakan masker kunyit untuk mengatasi jerawat.

Kurkumin memiliki sifat antimikroba yang berarti dapat memerangi bakteri yang berkontribusi terhadap jerawat – termasuk yang berperan penting dalam munculnya jerawat.

Suplemen antioksidan bagi wajah

Kunyit kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah radikal bebas yang bisa menghancurkan sel-sel sehat di wajah.

Bahkan ada kemungkinan kunyit, bersama dengan kebiasaan gaya hidup sehat lainnya, dapat mengurangi kemungkinan kanker kulit..

Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana bercak-bercak kulit menjadi berwarna lebih gelap daripada kulit normal di sekitarnya.

Penggelapan ini terjadi ketika tubuh kelebihan melanin, pigmen coklat yang menghasilkan warna kulit normal, membentuk endapan di kulit.

Sebenarnya, ini merupakan kondisi umum yang biasanya tidak berbahaya dan bisa ditangani salah satunya dengan menggunakan masker kunyit.

Mengurangi kerutan di wajah

Kandungan antioksidan di dalam kunyit juga dipercaya mampu mengatasi munculnya kerutan di wajah dan menjaga tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus.

Selain penggunaan masker kunyit, konsumsi kunyit secara rutin juga dipercaya bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap kencang.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Sleepwalking Hingga Cara Mengatasinya

Membuat wajah cerah

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi masker kunyit juga baik untuk kecantikan lho. Keduanya bisa memberikan cahaya dan kilau pada kulit.

Selain itu, masker kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit kamu dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

Di samping itu, kurkumin yang ada pada kunyit juga berfungsi untuk menekan produksi melanin berlebih yang disebabkan oleh sinar matahari.

Semua orang dengan semua jenis kulit dari mulai berminyak hingga kering dapat memperoleh manfaat dari antioksidan kunyit dan sifat antibakterinya.

Bahkan, penggunaan masker kunyit merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh perempuan di India. Sebelum menikah, mereka mengoleskan pasta kunyit yang terbuat dari bubuk dan minyak bunga matahari pada kulit untuk mencerahkan kulit.

Mengurangi peradangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kunyit mengandung kurkumin. Senyawa aktif dalam kunyit tersebut memiliki potensi efek anti-inflamasi yang dapat membantu kulit.

Selain itu, sifat antimikroba dan anti-inflamasinya juga membuat kunyit bisa digunakan untuk mengobati scabies atau kudis.

Apabila kamu memiliki peradangan pada kulit, kamu bisa mengobatinya dengan masker kunyit. Oleskan pada bagian yang gatal lalu biarkan sebentar dan bilas. Ini memberikan efek menenangkan dari gatal dan ruam terbakar.

Mengatasi masalah kulit lain

Selain jerawat dan scabies, masker kunyit juga dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti eksim, alopecia, lichen, planus, dan lain-lain.

Akan tetapi, belum ada cukup penelitian untuk memberikan bukti bahwa kunyit merupakan obat yang efektif untuk menangani masalah tersebut.

Cara Membuat Masker Kunyit di Rumah

masker kunyit
Photo by Prchi Palwe on Unsplash

Membuat masker kunyit sendiri tidak begitu sulit kok. Kunci untuk membuat masker kunyit adalah dengan menggabungkan bubuk atau ekstrak kunyit dengan bahan pengental. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 sendok teh bubuk kunyit/kunyit parut
  • 1 sendok teh cuka sari apel organik
  • 1 1/2 sendok makan madu organik
  • 1 sendok teh susu atau yogurt

Untuk membuat masker kunyit, pertama campur bubuk kunyit, cuka sari apel, madu dan susu atau yogurt dalam mangkuk kecil.

Aduk sampai kamu mendapatkan konsistensi seperti pasta agar menempel di wajah tanpa menetes.

Cara Menggunakan Kunyit Sebagai Masker

Sebelum mengoleskan masker kunyit ke wajah, cuci dan keringkan wajah terlebih dulu. Langkah ini penting untuk menghilangkan bekas riasan atau kotoran.

Kemudian, oleskan masker menggunakan jari atau kuas makeup. Biarkan masker menempel di wajah selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas masker dengan air hangat.

Kamu juga bisa menggunakan handuk namun ingatlah bahwa kunyit akan membuat kainnya menjadi kuning. Jadi, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan kain lama atau kain khusus untuk masker kunyit.

Selain resep di atas, kamu juga bisa menggunakan masker kunyit untuk masalah kulit tertentu. Seperti untuk masalah jerawat dan antibakteri, kamu bisa mencampurkan kunyit dengan air hangat dan madu.

Untuk hiperpigmentasi dan kerutan, kamu bisa mengombinasikan kunyit dengan yogurt dan jus lemon untuk nutrisi ekstra dan efek mencerahkan.

Untuk iritasi, kamu cukup mencampur ekstrak kunyit dengan gel lidah buaya untuk efek menenangkan alami.

Meskipun begitu kamu tetap harus memerhatikan beberapa hal. Hindari menggunakan masker kunyit semalaman. Soalnya, kunyit akan membuat kulitmu berwarna kuning.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jika kulitmu terlihat sedikit kuning setelah melepas masker. Kamu bisa menggunakan minyak pembersih untuk menghilangkan rona kekuningan.

BACA JUGA: 7 Tips Self Healing Di Rumah, Nggak Perlu Jauh-Jauh!

Itulah beberapa manfaat masker yang terbuat dari kunyit. Kalau kamu memiliki masalah kulit dan ingin mengatasinya dengan cara yang alami, mungkin ini bisa kamu coba.

Selain itu, kunyit juga baik untuk kesehatan kulit wajah dan bisa bikin glowing lho. Namun, tetap cek terlebih dulu apakah kulitmu cocok atau tidak. Selamat mencoba!

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Lagi cari tempat buat healing? Tenang, staycation di Bobobox aja. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres.

Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Healing jadi makin lengkap.

Nggak percaya? Jangan khawatir. Cobain virutal tour supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata.

Kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like