@4kodia/Unsplash

Jaga Kesehatan Kulit Wajahmu dengan Memakai Masker Jeruk Nipis Berikut Ini

Manfaat masker jeruk nipis memang sayang untuk dilewatkan. Meski lebih dikenal sebagai bahan olahan dapur, jeruk nipis telah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajah.

Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat buah asam ini memang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kulit seperti antioksidan, vitamin C dan senyawa alami AHA (Alpha Hydroxy Acid). Berkat kandungan nutrisi tersebut, kamu bisa mendapatkan manfaat masker jeruk nipis berikut ini!

Memperlambat Penuaan

manfaat masker jeruk nipis untuk penuaan

@dmytro_sidelnykov/Freepik

Salah satu manfaat masker jeruk nipis adalah untuk memperlambat tanda-tanda penuaan. Penuaan memang merupakan proses alami dan tidak bisa dihindarkan seiring dengan bertambahnya usia.

Namun, tentu tidak ada salahnya jika kamu ingin mencegah atau menunda proses penuaan, apalagi jika kamu mendapati adanya tanda-tanda penuaan dini. Selain pertambahan usia, paparan matahari menjadi faktor umum lainnya yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda tersebut seperti garis-garis halus, noda hitam, keriput hingga kulit kendur.

Untuk menunda hadirnya tanda-tanda tersebut, jeruk nipis bisa menjadi solusi. Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dipercaya dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, baik dari dalam maupun luar.

Jika dikonsumi, jeruk nipis bahkan bisa membantu mengurangi keriput dan meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam menjaga kekencangan kulit. Dengan begitu, kulit pun tampak lebih segar dan awet muda.


Baca Juga: Buat Kulit Wajah Kembali Segar Dengan Mudah? Cobalah 7 Sabun Cuci Muka Alami Ini


Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Jerawat sudah lama menjadi musuh sejuta umat, dari anak remaja hingga orang dewasa. Masalah kuli satu ini memang mudah sekali muncul, namun sulit hilang. Jerawat sendiri biasanya muncul akibat adanya sel kulit mati, penumpukan kotoran, serta minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Penyumbatan ini kemudian menjadi sarang pertumbuhan bakteri yang memicu peradangan dan akhirnya muncullah jerawat.

Saat berhadapan dengan masalah ini, manfaat masker jeruk nipis mungkin bisa membantu. Kandungan vitamin C, AHA dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mengurangi produksi minyak penyebab jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Menyamarkan Bintik Hitam atau Noda Bekas Jerawat

manfaat masker jeruk nipis untuk bekas jerawat

@sri_sakorn42/Freepik

Jika kamu bermasalah dengan noda hitam, manfaat masker jeruk nipis mungkin bisa menjadi solusi. Seperti buah asam lainnya, jeruk nipis merupakan zat pencerah alami.

Buah satu ini mengandung AHA dan vitamin C yang dipercaya dapat memudarkan bintik hitam atau noda bekas jerawat yang membandel. Dengan begitu, warna kulit pun menjadi lebih cerah dan merata.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Tak hanya memudarkan noda hitam, mengangkat sel kulit mati juga termasuk salah satu manfaat masker jeruk nipis. Kulit secara berkala melakukan regenerasi dan digantikan oleh lapisan kulit baru. Di balik sel kulit mati itulah kulit yang cerah dan bercahaya tersembunyi.

Agar selalu tampak cerah dan awet muda, kamu tentu ingin menghilangkan sel kulit mati tersebut. Meski bisa lepas dengan sendirinya, kamu bisa mempercepat proses tersebut dengan menggunakan jeruk nipis.

Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang mungkin masih tersisa. Asam sitrat ini merupakan sejenis AHA yang secara alami terkandung dalam buah sitrus, termasuk jeruk nipis tentunya.

Selain menampilkan kulit cerah dan halus di bawahnya, hal ini juga membantu mencegah penyumbatan pori-pori akibat sisa-sisa sel kulit mati. Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, penyumbatan pada pori-pori ini bisa berujung munculnya jerawat atau noda bekas jerawat.

Mengencangkan Pori-Pori

Manfaat masker jeruk nipis lainnya adalah untuk mengencangkan pori-pori kulit. Dengan sifat astringennya, jeruk nipis berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih. Hasilnya, kulit bisa tampak lebih bersih, cerah dan mulus.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

@4kodia/Unsplash

Meski banya beredar di pasaran, kamu bisa mendapatkan manfaat masker jeruk nipis dengan membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun cukup sederhana. Kamu tentu perlu menyiapkan jeruk nipis untuk diambil air perasannya.

Potong jeruk tersebut menjadi dua bagian lalu peras dan masukkan perasannya ke dalam wadah atau teteskan langsung pada kapas. Selanjutnya, oleskan masker jeruk nipis itu pada wajah dan leher dan diamkan selama sekitar lima menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat lalu keringkan dan gunakanlah pelembap.

Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan jeruk nipis dengan bahan alami lainnya untuk memaksimalkan manfaat masker jeruk nipis tersebut. Di antaranya adalah air, madu, susu, minyak zaitun dan yogurt.


Baca Juga: Manfaat Vitamin C Dan Bahayanya Bila Kekurangan


Bintik Hitam dan Bekas Jerawat

Untuk bintik hitam atau noda bekas jerawat, perasan jeruk nipis bisa kamu aplikasikan langsung pada bintik hitam atau noda tersebut dengan menggunakan bola kapas. Lalu, biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum kamu membilasnya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pijatan pada area tersebut dengan air perasan jeruk nipis salama satu menit. Lalu, biarkan air perasan di wajah selama sekitar 1-2 menit dan bilas dengan air hangat. Bukan hanya dengan pijatan, kamu juga menggosok area berbintik hitam dengan kulit jeruk secara lembut untuk menyamarkan noda tersebut.

Jerawat

Selain memanfaatkan air perasan saja, kamu juga bisa menambahkan madu untuk memaksimalkan manfaat masker jeruk nipis dalam menghadapi jerawat. Sifat asam jeruk akan membantu mengontrol kelebihan minyak sementara sifat antibakteri madu akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri.


Baca Juga: Bikin Wajah Kembali Glowing Dengan 7 Rekomendasi Serum Jerawat Terbaik Berikut!


Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski manfaat masker jeruk nipis ini cukup banyak, jeruk nipis belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Umumnya, masker jeruk nipis aman digunakan bagi orang dengan jenis kulit normal. Karena itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan masker satu ini. Penderita dermatitis seboroik atau rosacea, penggunaan masker jeruk nipis juga tidak dianjurkan sebab dapat memperparah iritasi kulit.

Selain itu, saat mencoba maser jeruk nipis, pastikan kamu tetap di dalam ruangan. Pasalnya, penggunaan masker ini bisa membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari langsung.

Jika terpapar langsung, kulit akan mengalami peradangan yang berakibat kemerahan, gatal, hingga sensasi panas. Karena itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan masker jika hendak beraktivitas di luar ruangan.

Untuk memastikan apakah kamu bisa mendapatkan manfaat masker jeruk nipis, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Gosokkan potongan jeruk atau oleskan perasannya pada kulit punggung tangan, area bawah dagu, atau kulit di belakang telinga
  • Tunggulah selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat
  • Setelah itu, perhatikan reaksi kulit kamu
  • Jeruk nipis aman untuk kulit jika kamu tidak menunjukkan gejala kemerahan, iritasi, gatal, perih atau tanda alergi lainnya
  • Sebaliknya, jika reaksi alergi muncul, masker jeruk nipis bukan untuk kamu

Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kulit tentang penggunaan masker tersebut.

Recharge Energi? Bobobox Saja!

Jangan biarkan stres memengaruhi kesehatan tubuh dan kulit kamu. Maka dari itu, yuk, recharge energi kamu dengan staycation di Bobobox! Hotel kapsul satu ini memang dirancang demi kenyemanan pengunjung dengan berbagai fasilitas yang bikin kamu betah.

Kamu bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga. Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna lampu yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati, dari remang hingga terang. Selain itu, fitur satu ini juga bisa menambahkan nilai estetik di dalam pod sehingga suasananya bisa kamu sulap menjadi seperti studio foto dadakan.  Untuk informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox yang tersedia baik untuk pengguna iOS ataupun Android!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles