Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mandi Air Dingin vs Air Hangat, Ini Manfaat Mandi Air Dingin

Ini dia beberapa manfaat mandi air dingin dan air hangat untuk kesehatan!

Manfaat mandi air dingin ternyata beragam. Lalu apakah mandi air dingin lebih baik dibandingkan mandi dengan air hangat? Jawabannya tergantung kebutuhan dan kondisi kamu. Mandi merupakan kegiatan membersihkan diri menjadi kebutuhan sehari-hari yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Dengan melakukan kegiatan mandi setelah seharian beraktivitas di luar ruangan kamu bisa menghindari membawa virus dan kuman jahat menyebar ke orang-orang di rumah. Meskipun mandi secara general memiliki manfaat kesehatan yang sama dalam hal kebersihan, lalu apakah mandi menggunakan suhu air yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi tubuh kamu?

Baca Juga: Banyak Noda di Kamar Mandi? Ini Dia 10 Tips Membersihkan Kamar Mandi Terbukti Ampuh

Manfaat Mandi Air Dingin

Sebelum menjelaskan manfaat mandi air panas, Bob akan menjelaskan manfaat mandi air dingin terhdap kesehatan terlebih dahulu. mandi dengan menggunakan air dingin faktanya memiliki beragam manfaat selain menjadi pilihan yang menyegarkan saat udara panas.

Perlu disebutkan bahwa suhu air dingin yang ideal untuk air dingin ini berkisar pada suhu 21 derajat celsius. Sangat tidak dianjurkan bagi kamu untuk mandi dengan air es atau air yang suhunya lebih rendah dari yang disebutkan di atas. Berikut adalah beberapa manfaat mandi air dingin bagi kesehatan kamu.

1. Manfaat Mandi Air Dingin: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi air dingin faktanya memliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan mandi air dingin dapat membantu tubuh dalam memproduksi berbagai protein yang diperlukan oleh sistem imun. Sistem imun tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Manfaat Mandi Air Dingin: Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat Mandi Air Dingin

Manfaat mandi air dingin yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan rambut. Faktanya rambut yang dicuci menggunakan air hangat maupun yang cenderung panas dapat membuat rambut mudah rusak dan kering. Sebaliknya, mandi dan keramas menggunakan air dingin dapat membantu membuat rambut menjadi lebih lembut, bercahaya alami. Mandi air dingin juga dapat membuat kulit tetap lembap dan kenyal.

3. Manfaat Mandi Air Dingin: Menyegarkan Pikiran

Siapa diantara kamu yang suka mandi air dingin karena membuat kamu lebih segar dan terjaga setelahnya? Reaksi ini sangat umum terjadi karena suhu air dingin yang digunakan saat mandi dapat membuat otak memproduksi hormon norepinefrin. Hormon norepinefrin ini merupakan hormon sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran kamu tetap waspada secara alami.

Baca Juga: Jalan-Jalan Ke Palopo? Jangan Lewatkan 5 Pemandian Alami Berikut ini

4. Manfaat Mandi Air Dingin: Meredakan Depresi

Tak hanya memiliki beragam manfaat kesehatan secara fisik, mandi dengan menggunakan air dingin juga sangat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Faktanya dengan mandi air dengan dapat meredakan gejala depresi yang dirasakan. Apakah hal ini dapt terjadi? Secara ilmiah, amndi dengan dingin bisa membuat ujung saraf di permukaan kulit mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak yang dijadikan sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar.

5. Manfaat Mandi Air Dingin: Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu

Manfaat Mandi Air Dingin

Manfaat mandi air dingin yang terakhir adalah kemampuannya dalam membantu mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat. Rasa nyeri otot yang muncul terlambat ini umumnya terjadi setelah beraktivitas fisik yang berat seperti berolahraga di gym. Hal ini dapat terjadi dikarenakan air dingin memiliki sifat regeneratif yang membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Manfaat Mandi Air Panas

Jika mandi dengan air dingin tak bergitu kamu sukai, kamu tak perlu khawatir karena kamu masih dapet mandi dengan air hangat dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Mandi air hangat pun perlu kamu perhatikan suhunya. Idealnya suhu air hangat yang kamu gunakan tidak lebih tinggi dari 44 derajat celsius. Penting juga bagi kamu untik tidak mandi terlalu lama bila menggunakan suhu tersebut dan cukup lakukan selama 5 – 10 menit saja. Berikut adalah beberapa manfaat mandi air panas yang perlu diketahui.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat mandi air hangat yang pertama adalah dapat membantu melancarkan peredaran darah. bKamu bisa melakukan mandi air hangat ini di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil sambil berdiri selama lima menit. Dengan cara ini akan membantu memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

2. Melemaskan Otot-otot yang Tegang, Kaku, dan Nyeri

Kamu mungkin pernah merasa rileks setelah mandi air panas. Hal ini wajar terjadi karena mandi air panas dapat membantu melemaskan otot yang kaku. Saat mandi dengan menggunakan air panas kamu bisa coba menggerak-gerakkan anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku. Selain itu pijat ringan tubuh di bawah pancuran air panas selama kira-kira 10 menit.

3. Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

Selain membantu melemaskan otot yang kaku, mandi air panas juga dapat membantu kamu yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia. Jika kamu memiliki gangguan tidur tertentu kamu bisa mencoba untuk mandi air panas sebelum tidur yang akan membantu kamu merasa lebih tenang dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

4. Mengurangi Stres dan Cemas

Manfaat mandi air panas yang terakhir adalah mampu membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like