Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Bisa untuk menurunkan berat badan juga lho!

Selain menggugah selera, ternyata ada banyak lho manfaat makanan pedas untuk kesehatan. Kesukaan orang Indonesia pada makanan pedas sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Dari seluruh daerah di Nusantara, pasti ada satu atau dua menu makanan pedas. Begitu pula jajanan. Kamu juga pasti senang ngemil yang pedas-pedas. Nah, kita cari tahu yuk sama-sama apa saja manfaat makanan pedas untuk kesehatan.

Meningkatkan metabolisme tubuh

manfaat makanan pedas untuk kesehatan
Photo by emy on Unsplash

Metabolisme adalah proses kimia yang berlangsung terus menerus di dalam tubuh. Proses inilah yang membuat organ kamu berfungsi normal seperti untuk bernapas, memperbaiki sel dan mencerna makanan.

Proses ini membutuhkan energi namun setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang memiliki metabolisme rendah ada juga yang tinggi. Nah, manfaat makanan pedas untuk kesehatan yang pertama berfungsi untuk meningkatkan metabolisme.

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan ini bekerja melalui capsaicin yang ada di dalam cabai. Capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan cara membakar lebih banyak kalori baik saat istirahat maupun saat berolahraga. Hal ini berarti memungkinkan kamu untuk menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan: baik untuk kesehatan jantung

Penyakit yang menyebabkan kematian paling banyak di dunia adalah penyakit jantung. Salah satu penyebabnya adalah kolesterol tinggi.

Kondisi ini terjadi ketika zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah terlalu banyak. Hal ini disebabkan terutama oleh makanan berlemak, kurang gerak, kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol.

Nah, manfaat makan pedas untuk kesehatan berikutnya berpotensi untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Menurut sebuah artikel yang tayang di The University of Pennsylvania Health System, orang yang makan cabai merah terbukti memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah (LDL).

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan ini didukung oleh penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi paprika memiliki risiko 13 persen lebih rendah meninggal akibat akibat penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA: Tak Hanya Pedas Dan Sedap, Ini Dia Beragam Manfaat Cabai Jalapenos Untuk Kesehatan Tubuhmu!

Membantu pengobatan kanker

Menurut situs Healthline, capsaicin, komponen aktif yang ada dalam cabai, berpotensi memperlambat dan menghancurkan sel kanker sebagai manfaat makanan pedas untuk kesehatan.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan perkembangan sel-sel abnormal yang membelah tak terkendali dan memiliki kemampuan untuk menyusup dan menghancurkan jaringan tubuh normal.

Dalam kasus kanker paru, capsaicin bekerja dengan cara memperlambat metastasis, tempat sel kanker berkembang yang menyebarkan penyakit ke bagian lain dari tubuh dan membuatnya lebih sulit untuk diobati.

Selin itu, capsaicin mampu membunuh 80 persen kanker prostat dan membantu pengobatan kanker payudara, pankreas, dan kandung kemih.

Dikutip dari American Cancer Society, menurut perkiraan International Agency for Research on Cancer (IARC), pada tahun 2018 terdapat 17,0 juta kasus kanker baru dan 9,5 juta kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan: melawan peradangan

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan yaitu bisa mengurangi peradangan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu memerangi peradangan tingkat rendah di usus seperti peradangan yang dikaitkan dengan obesitas.

Meskipun capsaicin dapat menyebabkan peradangan neurogenic, capsaicin juga memiliki kemampuan analgesik dan anti-inflamasi. Bahkan, manfaat makanan pedas untuk kesehatan ini juga diaplikasikan pada krim oles untuk mengobati peradangan sendi.

Baik untuk bakteri di usus

Makanan pedas mungkin sangat dihindari jika kamu memiliki perut yang sensitif. Meskipun begitu, ada manfaat makanan pedas untuk kesehatan yang baik untuk mikrobioma di usus.

Mikrobioma adalah sekumpulan bakteri dan mikroba yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan aspek kesehatan lainnya. Capsaicin dapat merangsang flora usus yang sehat dan memiliki efek positif pada saluran pencernaan.

Selain itu, lidah dan perut memiliki hubungan yang unik. Ketika kamu makan makanan pedas, capsaicin menempel pada reseptor yang berkomunikasi dengan sel lain. Komunikasi tersebut menyebabkan saraf di lidah segera memberi tahu otak bahwa itu adalah panas.

Reseptor yang sama ditemukan di saluran pencernaan. Ketika capsaicin memasuki saluran pencernaan dan menempel pada reseptor, aktivitas tersebut menciptakan bahan kimia yang disebut anandamide.

Anandamide telah terbukti mengurangi peradangan di usus sebagai manfaat makanan pedas untuk kesehatan, yang dapat disebabkan oleh kondisi seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn.

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan: menekan nafsu makan

Makanan pedas sering dikatikan dengan bertambahnya nafsu makan. Padahal sebaliknya, manfaat makanan pedas untuk kesehatan justru dapat menurunkan nafsu makan. Hal ini berkaitan dengan teori yang mengungkapkan bahwa makanan pedas berperan dalam diet menurunkan berat badan.

Resep awet muda

Dikutip dari sitush Heatlhline, ada hubungan manfaat makanan pedas untuk kesehatan dengan umur panjang. Makan makanan pedas satu kali sehari selama seminggu bisa menurunkan tingkat kematian sebesar 14 persen.

Selain itu, ditambah manfaat makanan pedas untuk kesehatan lain untuk kesehatan di atas, umur panjang bukanlah hal yang tidak mungkin.

BACA JUGA: Penggemar Makanan Pedas? Intip 10 Makanan Terpedas Di Indonesia Ini! Berani Coba?

Jangan kebanyakan

manfaat makanan pedas untuk kesehatan
Photo by Peijia Li on Unsplash

Meskipun ada beragam manfaat makanan pedas untuk kesehatan, jangan makan terlalu banyak ya. Bila terlalu banyak, kamu bisa mengalami nyeri perut, maag, GERD, dan bahkan insomnia.

Selain itu, jangan hanya mengandalkan makanan pedas. Hanya karena ada manfaat makanan pedas untuk kesehatan, bukan berarti kamu bisa membeli saus sambal dalam jumlah banyak dan mengonsumsinya begitu saja.

Alih-alih, tambahkan bumbu pedas ke dalam tumis sayuran atau makanan lain. Jika kamu tidak makan makanan yang sehat dan seimbang, manfaat makanan pedas untuk kesehatan seperti meningkatkan metabolisme atau menurunkan kolesterol tida bisa kamu dapatkan.

Di samping itu, tidak semua makanan pedas memiliki manfaat yang sama. Bahan alami seperti cabai rawit utuh dan bubuk cabai kering adalah pilihan yang baik. Akan tetapi, banyak juga saus sambal kemasan yang tinggi garam yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jadi, baca label nutrisi terlebih dulu dan makan secukupnya supaya kamu bisa mendapatkan manfaat makanan pedas untuk kesehatan yang maksimal.

Cari hotel kapsul yang nyaman dan terjangkau? Bobobox jawabannya!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like