Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Salah satunya adalah baik untuk merawat kesehatan mulut.

Bobobox.co.id — Saat mendengar buat lemon, seringkali yang ada di pikiranmu rasanya yang asam saat dicoba. Sehingga, tidak sedikit yang menghindari buah berwarna kuning ini.

Padahal, buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Biasanya, buah lemon ini dijadikan sebagai bahan untuk minuman. Minuman tersebut bisa hangat ataupun dingin.

Saat menjadi minuman hangat, ada baiknya untuk diminum di pagi hari. Sedangkan untuk minuman dingin, kamu bisa meminumnya di siang hari. Akan lebih nikmat dan segar jika ditambah dengan es.

Nah, berikut ini merupakan 10 manfaat buah lemon yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan dari buah tersebut. Beberapa manfaat bagi kesehatan bisa jadi tidak kamu ketahui sebelumnya.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan pencernaanmu. Jadi, jika kamu sedang mengalami gangguan pencernaan ataupun sembelit, mengonsumsi lemon menjadi hal yang patut dicoba.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cara yang tepat untuk mengonsumsi lemon adalah dengan dicampur dengan air panas. Waktu yang tepat untuk meminum air lemon hangat adalah di pagi hari setelah bangun tidur.

Kandungan dalam lemon bisa meningkatkan gerakan peristaltik dalam perut dan mencegah penumpukan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, lemon juga bertindak sebagai pemurni darah yang akan sangat baik untuk pencernaan.

melancarkan kesehatan pencernaan
via pinterest.com

Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapat adalah menjaga bahkan menurunkan berat badan. Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badanmu, lemon bisa menjadi jawaban yang kamu cari selama ini.

Kandungan asam sitrat yang tinggi pada buah lemon termasuk salah satu kandungan yang akan sangat berguna untuk membantu dalam usahamu untuk menurunkan berat badanmu.

Yang jelas, usahakanlah untuk mengonsumsi lemon secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak terlalu suka hanya dengan air lemon saja, kamu bisa menambahkan madu saat mengonsumsi air lemonnya.

Baik untuk Kulit

Manfaat lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah akan sangat baik untuk kulitmu. Teruntuk perempuan yang sedang mencoba mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah, informasi di bawah wajib kamu baca dengan saksama.

Kandungan yang dimiliki oleh lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Salah satunya adalah vitamin C yang mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit yang agak mengerut.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan lemon untuk kesehatan kulit adalah menjadikannya masker wajah. Campurkan sari lemon dengan madu dan gunakan secara rutin.

Memudarkan Bekas Jerawat

Tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit, lemon pun berguna untuk mengatasi jerawat yang timbul dan mengurangi gangguan komedo pada wajahmu.

Mengatasi jerawat beserta bekasnya akan sangat ampuh jika kamu menggunakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Nah, kedua kandungan tersebut akan sangat banyak ditemukan di buah lemon.

Caranya adalah bisa dengan diiris menjadi beberapa bagian yang kemudian kamu gosokkan ke bagian di mana jerawat itu timbul. Jika tidak, kamu pun bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa atau almon menggunakan kapas.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung menjadi manfaat lemon yang bisa jadi belum kamu ketahui sebelumnya. Kandungan vitamin C sendiri sangat berguna guna meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.

Pasalnya, jika kamu kekurangan vitamin C dalam darah, hal tersebut bisa meningkatkan risikomu untuk terkena penyakit yang cukup serius seperti stroke dan serangan jantung.

Tidak hanya vitamin C saja yang membuat lemon wajib kamu konsumsi secara rutin, kandungan lemon yakni hesperidin dan diosmin terbukti menurunkan kolestrok darah yang akan baik untuk kesehatan jantungmu nantinya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang banyak ditemui di buah lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu yang mungkin sudah menjadi rahasia umum adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatnya daya tahan tubuh sendiri berasal dari vitamin C yang ada pada lemon. Vitamin C ini memberikan antibodi tambahan. Sehingga, kamu pun menjadi lebih fit karena memiliki antibodi tambahan.

Sebenarnya tidak hanya kandungan vitamin C dari lemon saja yang baik untuk daya tahan tubuh. Ada juga fitonutrie yang membantu dalam melindungi tubuh terserang penyakit.

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah mencegah batu ginjal. Vitamin C yang tinggi serta asam sitrat yang banyak ditemukan di buah lemon menjadi penyebabnya.

Kedua kandungan tersebut diyakini dapat mencegah batu ginjal. Baik vitamin C dan asam sitrat membantumu dalam meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH pada urin.

Cara mengonsumsi lemon adalah dengan meminum setengah cangkir jus lemon setiap harinya.

Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi tubuh menjadi manfaat lemon lainnya yang berguna bagi kesehatanmu. Beberapa organ yang terbantu dari detoksifikasi ini adalah hati dan lambung.

Untuk hati, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon membantu hati agar bisa bekerja lebih efektif dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan untuk lambung, meminum air lemon setiap paginya di saat lambung kosong bisa membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi sebelum akhirnya melakukan kegiatan rutin sehari-hari.

Merawat Kesehatan Mulut

Manfaat lemon untuk kesehatan kedua terakhir adalah untuk merawat kesehatan mulut termasuk merawat gigi hingga membuat napasmu segar.

Lemon sendiri dianggap bisa merangsang air liur dan membantu mulut untuk tidak cepat kering. Mulut yang kering menjadi penyebab bau mulut karena adanya bakteri yang mengendap.

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi lemon adalah dengan berkumur dengan air lemon. Namun, perlu diingat jika terlalu banyak lemon akan merusak email gigi.

Mengatasi Dehidrasi

Terakhir, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari lemon adalah untuk mengatasi dehidrasi. Selain dengan meminum air mineral, kamu pun bisa mencoba untuk meminum lemon.

Namun, satu gelas jus lemon tersebut tidak boleh semuanya lemon. Campurkan sedikit perasan lemon ke dalam air mineral yang akan kamu minum.

Rasa segar yang akan kamu rasakan nantinya sendiri akan bermanfaat guna membantumu untuk meminum air mineral lebih banyak.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Sedang gelisah dalam mencari akomodasi penginapan yang nyaman untuk diinapi selama mewabahnya virus corona di Indonesia? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengunjungi Bobobox.

Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini setiap harinya melakukan penyeterilan terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di Bobobox guna mencegah virus corona.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi soal kebersihan mulai dari pod hingga beberapa ruangan lain seperti musala, pantri, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas-fasiltas yang belum disebutkan seperti lampu led, QR Code, pod yang luas, dan lainnya bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman selama di Bobobox.

Jika kamu sudah yakin, kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan pod. Jadi, tunggu apalagi? Yuk menginap di Bobobox.

suasana kamar bobobox