Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu tahu nggak sih kalau manfaat kurma ada banyak? Nah, berikut beberapa di antaranya!

Kurma adalah buah yang paling sering dicari orang menjelang bulan Ramadan. Selain mengikuti sunah, ada banyak manfaat kurma yang bisa kamu rasakan. Kira-kira apa ya manfaat dari buah manis yang satu ini? Simak terus di sini ya.

Kandungan dan manfaat kurma

Meskipun terlihat serupa, kurma juga terdiri dari berbagai macam jenis. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah barhi, deglet noor, halawy, khadrawy, medjool, thoory, dan zahidi. Berikut adalah kandungan rata-rata pada satu biji buah kurma menurut FoodData Central:

  • Kalori: 20
  • Total lemak: 0,03 gram
  • Total karbohidrat: 5,33 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Gula: 4,5 gram
  • Protein: 0,17 gram
  • Vitamin B-6: 0,012 milligram
  • Zat besi: 0,07 milligram
  • Magnesium: 3 milligram
  • Potassium: 47 milligram

Manfaat kurma 1: membantu melancarkan pencernaan

manfaat kurma
Photo by Giorgio Trovato on Unsplash

Kurma dinilai memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol adalah mikrnoutrien yang biasa ditemukan di beberapa jenis sayuran. Kandungan polifenol ini dipercaya bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi membuat manfaat kurma untuk melancarkan pencernaan semakin nyata.

Menurut Kenneth Brown, seorang ahli gastroenterologi, cara kerja serat bagi pencernaan adalah dengan memadatkan feses dan menyimpan cairan. Oleh karena itu, buang air pun akan lebih mudah ketika kamu mengonsumsi makanan berserat.

Ia juga menambahkan bahwa bakteri yang ada dalam tubuh membantu mencerna serat tersebut dan menghasilkan zat yang baik bagi usus seperti asam lemak rantai pendek. Jika kamu mengalami sembelit atau diare, manfaat kurma yang kaya serat bisa membantu kamu melancarkannya.

Manfaat kurma 2: Membantu mencegah diabetes

manfaat kurma
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Banyak orang mengira karena kurma adalah buah yang manis, mengonsumsinya bisa berbaya bagi gula darah. Akan tetapi, kandungan gula yang ada pada kurma merupakan gula alami sehingga merupakan pengganti yang baik bagi gula putih.

Kamu bisa menggunakan kurma sebagai pengganti gula putih dengan cara membuatnya menjadi pasta. Caranya cukup mudah. Masukkan saja kurma dan air ke dalam blender. Saat menggunakan, pakai rasio 1:1. Jika kamu biasanya menggunakan satu sendok gula putih, ganti dengan satu sendok pasta kurma.

Seseorang yang memiliki diabetes juga tidak akan semata-mata mengalami kenaikan gula darah akibat mengonsumsi kurma.

Menurut sebuah jurnal penelitian, manfaaat kurma lain adalah kandungan indeks glikemiknya yang rendah sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan baik bagi penderita diabetes maupun bukan. Meski begitu, gula tetaplah gula sehingga kamupun perlu mengontrol asupannya.

Manfaat kurma 3: kaya akan antioksidan

manfaat kurma
Photo by Ella Olsson on Unsplash

Manfaat kurma berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Antioksidan menjaga sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas, yaitu senyawa tak stabil yang bisa mengakibatkan reaksi berbahaya bagi tubuh.

Jika dibandingkan dengan buah yang serupa seperti buah ara dan palem, kurma memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Berikut adalah manfaat kurma dan antioksidan yang dikandungnya:

  • Flavonoids: antioksidan yang satu ini dinilai mampu mengurangi pereadangan dan diteliti potensinya untuk menurunkan resiko penyakit diabetes, kanker, dan Alzheimer.
  • Carotenoids: selain flavonoid, ada juga carotenoids yang dinilai baik bagi kesehatan jantung. Antioksidan yang satu ini juga baik bagi panyakit mata.
  • Asam phenolic: yang terakhir adalah asam phenolic yang terkenal akan kandungan antiradangnya. Antioksidan yang satu ini juga dinilai bisa mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

Manfaat kurma 4: membuat otak lebih sehat

manfaat kurma
Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Peradangan pada otak bisa dipicu oleh protein bernama interleukin 6 (IL-6). Kadar protein ini jika diproduksi dengan tinggi di otak bisa menyebabkan Alzheimer.

Setidaknya beberapa penelitian sering mengaitkan dua hal tersebut. Nah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Neural Regeneration Research menunjukkan bahwa manfaat kurma salah satunya adalah menghambat produksi protein tersebut.

Manfaat kurma bagi otak tak hanya sampai di situ. Alzheimer adalah penyakit yang berkaitan erat dengan hilangnya ingatan.

Menurut sebuah penilitian yang diterbitkan di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyebutkan bahwa pola makan yang melibatkan manfaat kurma mampu meningkatkan ingatan, kemampuan belajar, dan mengurangi kandungan amyloid beta yaitu asam amino yang membentuk plak di otak penyebab Alzheimer.

Ketika penumpukan plak tersebut ditemukan di otak, aktivitasnya bisa mengganggu hubungan antara sel otak satu dengan yang lainnya di mana pada akhirnya dapat menyebabkan sel otak tersebut mati, yang juga merupakan penyebab dari demensia dan Alzheimer.

Manfaat kurma 5: baik bagi ibu hamil

manfaat kurma
Photo by Camylla Battani on Unsplash

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Obstetrics and Gynaecology menyebutkan bahwa manfaat kurma juga bisa dirasakn oleh ibu hamil.

Di penelitian tentang manfaat kurma itu dibahas bahwa vagina sang calon ibu mengalami pembukaan lebih lebar setelah mengonsumsi enam buah kurma dalam sehari selama empat minggu sebelum hari kelahiran bayi. Selain itu, waktu bersalinnya juga lebih cepat tujuh jam jika dibandingkan ibu hamil yang tidak mendapatkan manfaat kurma.

Rasakan manfaat kurma setiap hari

Memang biasanya buah yang satu ini paling populer dikonsumsi saat bulan Ramadan. Pasar swalayan dan rumah-rumah penuh dengan kurma. Sayangnya, setelah bulan penuh berkah tersebut berakhir, banyak orang tidak melanjutkan kebiasaan mengonsumsi kurma.

Padahal, manfaat kurma kan tidak hanya ada di bulan Ramadan saja. Setelah Lebaran pun, konsumsi kurma harus terus dibiasakan agar manfaat kurma bisa kamu peroleh setiap saat.

Mulai coba gaya hidup baru dan masukkan kurma ke dalam pola makananmu sehari-hari. Bisa sebagai sarapan atau cemilan. Yang penting, jangan biarkan manfaat kurma ini lewat begitu saja. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Kalau bicara soal kurma, pasti nggak lepas dari bulan Ramadan. Kalau bicara soal bulan Ramadan, pasti nggak jauh dari Lebaran. Nah, kalau sudah Lebaran kan pasti ada liburan.

Sayangnya, di saat wabah virus corona masih belum reda, kamu nggak bisa ke mana-mana dulu. Apalagi pulang ke kampung halaman. Tapi tenang, bukan berarti kamu nggak bisa liburan. Setelah lebaran, gimana kalau staycation aja di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Bisa banget. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.