Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Kopi Hitam Murni Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuhmu

Namun, dalam takaran yang tak berlebihan, ya

Bobobox.co.id — Kopi hitam adalah minuman yang kerap dikonsumsi saat mengerjakan deadline karena mampu untuk menahan kantuk. Namun, di samping itu, ada beberapa manfaat kopi hitam lainnya bagi kesehatan.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dari manfaat kopi hitam yang Bob bahas ini. Untuk dapatkan manfaat kopi hitam ini, kamu tidak boleh menambahkan pemanis seperti gula baik gula cair ataupun gula pasir.

Penasaran manfaat apa saja yang diberikan oleh kopi hitam tanpa tambahan gula? Berikut adalah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minuman tersebut.

Berikut adalah Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan

1. Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat kopi hitam tanpa gula pertama bagi kesehatan adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tak hanya mengurangi risiko, minum kopi hitam tanpa gula tersebut dapat melindungi dari penyakit berbahaya tersebut.

Hal tersebut bisa terjadi berkat berbagai kandungan yang ada dalam secangkir kopi hitam. Berbagai kandungan tersebut adalah vitamin B-2 dan B-3, magnesium potassium, dan asam klorogenat yang ada dalam kafein.

Khususnya kafein, kandungan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dengan menurunnya risiko diabetes tipe 2, risiko penyakit berbahaya lain seperti stroke pun akan berkurang juga.

Risiko diabetes berkurang manfaat kopi hitam
Risiko diabetes berkurang via pexels.com/@wdnet

2. Cegah Risiko Kanker

Di samping diabetes, kanker merupakan salah satu penyakit mematikan sekaligus berbahaya yang sangat perlu dihindari. Dari berbagai cara yang bisa dilakukan, kamu bisa mencoba untuk meminum kopi hitam.

Pasalnya, manfaat kopi hitam adalah dapat mencegah beberapa kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi yang terkandung dalam kopi hitam tanpa gula meningkatkan daya tubuh dan meminimalisir poten sel kanker.

Namun, ada yang perlu diperhatikan untuk dapatkan manfaat kopi hitam ini. Salah satunya adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Konsumsilah kopi hitam tanpa gula ini saat kadar kortisol sedang rendah.

Cegah risiko kanker manfaat kopi hitam
Cegah risiko kanker via pexels.com/@padrinan

3. Bantu Turunkan Berat Badan

Naik berat badan setelah terlalu lama work from home? Aktif bergerak merupakan salah satu yang bisa dilakukan. Namun, untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa untuk coba mengonsumsi kopi hitam tanpa gula.

Kafein dalam kopi memberikan manfaat yang baik bagi kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Manfaat kopi hitam satu ini sendiri bisa terjadi karen kafein dapat membantu membakar lemak tubuh.

Cara kerja kafein adalah merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal pada tubuh untuk memecah sel lemak. Untuk itu, ada baiknya cobalah untuk mengonsumsi kopi hitam untuk tingkatkan juga metabolisme tubuh.

Bantu turunkan berat badan manfaat kopi hitam
Bantu turunkan berat badan via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini Yang Aman Di Perut


4. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengonsumsi kopi hitam dapat menignkatkan metabolisme seorang. Dengan penumpukan lemak yang dapat tercegah, hal tersebut pun membuat risiko penyakit jantung berkurang.

Berkurangnya risiko jantung tersebut bisa didapat dengan konsumsi kopi hitam secara teratur. Dengan risiko yang berkurang tersebut, kesehatan jantung pun bakal mendapatkan manfaat kopi hitam.

Kesehatan jantung yang terjaga ini tentunya baik untuk kesehatan secara umum. Dengan jantung yang sehat, risiko terjangkitnya berbagai penyakit kardiovaskular lainnya seperti stroke pun akan berkurang juga.

Tingkatkan kesehatan jantung manfaat kopi hitam
Tingkatkan kesehatan jantung via Peter Dazeley | Getty Images

5. Tingkatkan Daya Ingat

Memiliki masalah soal lupa banyak hal termasuk hal-hal penting? Cobalah mulai untuk mengonsumsi kopi. Namun, jenis kopi yang direkomendasikan untuk tingkatkan daya ingat adalah kopi hitam tanpa tambaha gula.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat kopi hitam adalah meningkatkan daya ingat. Pada penelitian tersebut, orang yang setiap hari meminum kopi tanpa gula memiliki hasil ingat yang lebih baik.

Hal tersebut berkat kandungan kafein dalam kopi. Di samping mampu membuatmu lebih waspada, manfaat kopi hitam adalah dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang.

Tingkatkan daya ingat manfaat kopi hitam
Tingkatkan daya ingat via pexels.com/@burst

6. Cegah Penurunan Fungsi Otak

Manfaat kopi hitam lainnya masih berhubungan dengan otak. Di samping manfaatnya untuk meningkatkan daya ingat, mengonsumsi kopi hitam bermanfaat untuk meningkatkan dan mencegah penurun fungsi otak.

Lagi-lagi kafein berperan penting dalam memberikan manfaat kopi hitam untuk tubuh. Kafein yang bersifat stimultan mampu meningkatkan fungsi otak karena segera terserap ke alirah darah dan bergerak ke otak.

Alhasil, meminum kopi hitam dapat meningkatkan fungsi otak seperti kewaspadaan, fokus, serta kemampuan merespons sesuatu. Meningkatnya fungsi otak ini tentunya bakal mencegah menurunkan fungsi otak.

Cegah penurunan fungsi otak manfaat kopi hitam
Cegah penurunan fungsi otak via pexels.com/@mart-production

Baca Juga: Hati-Hati Dengan Hati! Kenali Tips Jaga Kesehatan Hati Wajib Dilakukan Dari Sekarang!


7. Cegah Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang kerap dipandang sebelah mata. Padahal, masalah kesehatan tersebut terbukti dapat menurunkan kualitas hidup orang yang mengalami depresi.

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang disarankan untuk dilakukan. Salah satunya adalah meminum kopi hitam. Manfaat kopi hitam ini sendiri didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena depresi 20 persen lebih rendah. Hal tersebut berkat kandungan antidepresan pada kopi hitam.

Hindari depresi manfaat kopi hitam
Hindari depresi via pexels.com/@olly

8. Turunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Lagi-lagi manfaat kopi hitam berkaitan dengan orang yang terbilang vital bagi manusia, otak. Selain dua manfaat kopi hitam tanpa gula yang sudah disebutkan, ada satu lagi manfaat yang belum Bob bahas.

Manfaat tersebut adalah menurunkan risiko penyakit alzheimer dan parkinson. Pasalnya, kafein dalam kopi hitam dapat membantu membersihkan tubuh dari beta amiloid yang di mana mengurangi risiko Alzheimer.

Hal tersebut pun berlaku bagi orang tua. Bagi orang tua berusia di atas 65 tahun, minum kopi hitam bersamaan dengan menjaga pola makan sehat dan rajin olahraga adalah cara untuk kurangi risiko kedua penyakit tersebut.

Turunkan risiko alzheimer manfaat kopi hitam
Turunkan risiko alzheimer SIphotography/Depositphotos

9. Bantu Bersihkan Saluran Pencernaan

Seperti yang kamu ketahui, minuman diuretik adalah minuman yang mampu jumlah air dan garam yang dikeluarkan dari tubuh sebagai urin. Selain berbagai jenis teh, kopi adalah salah satu minuman diuretik alami.

Manfaat yang bisa didapat dari minuman diuretik adalah membantu bersihkan saluran pencernaan. Hal tersebut berkat seringnya buang air kecil yang memungkinkan bakteri dan racun sering dikeluarkan dari tubuh.

Manfaat kopi hitam ini pun membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar lagi. Selain itu, dengan pencernaan yang sehat tadi, tubuh pun akan jauh lebih sehat apalagi dengan manfaat kopi hitam lainnya.

Pencernaan manfaat kopi hitam
Pencernaan via Jan-Otto | Getty Images

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Dengan Daki Membandel, Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Daki Alami


10. Menjaga Organ Hati

Manfaat kopi hitam tanpa gula terakhir adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan hati. Sama seperti halnya jantung, hati merupakan salah satu orang yang menjalankan peran vital pada tubuh.

Kesehatan hati begitu penting karena kemampuannya untuk menghancurkan racun dalam darah hingga membantu proses pencernaan. Saking pentingnya, banyak penyakit yang rentan juga menyerang hati.

Beberapa di antaranya hepatitis, fatty liver, dan sirosis. Dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula, risiko penyakit seperti sirosis menjangkit pada seseorang berkurang bahkan hingga 80 persen.

Organ hati manfaat kopi hitam
Organ hati via Ben-Schonewille | Getty Images/iStockphoto

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Kenyamanan adalah faktor penting dalam memilih sebuah penginapan. Pasalnya, kenyamanan bakal memengaruhi kualitas tidur dalam mengisi kembali energi yang habis setelah bekerja seharian.

Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang mampu memberi kenyamanan yang kamu butuhkan. Fasilitas mumpuni yang ada bakal menjamin kualitas tidur mumpuni yang bakal kamu dapatkan.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like