Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Manfaat Kimchi Korea, Makanan Wajib Korea yang Segar!

Yuk dapatkan manfaat kimchi Korea berikut ini!

Manfaat kimchi Korea berikut ini akan kamu dapatkan saat memasukkan kimchi ke dalam menu asupan harian kamu. Bicara tentang menu masakan Korea memang tidak akan ada habisnya. Namun jika bicara salah satu menu makanan Korea yang wajib kamu cicipi baik saat liburan ke Korea atau saat kamu mengunjungi restoran Korea di Indonesia adalah dengan mencicipi kimchi. Kimchi menjadi salah satu menu yang seringkali dikonsumsi masyarakat Korea.

Selain rasanya yang segar dan nikmat, faktanya terdapat serangkaian manfaat kimchi Korea yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya. Kimchi merupakan salah satu menu side dish yang bisa kamu nikmati bersamaan dengan menu makanan lainnya. Rasanya didominasi oleh rasa asam yang segar, asin, sedikit manis, bahkan pedas. Umumnya kimchi dibuat dari sayuran yang melalui proses fermentasi. Sayuran yang digunakan adalah sawi putih ataupun lobak.

Proses fermentasi dilakukan secara alami menggunakan bantuan garam, cuka, bawang putih, cabai dan rempah-rempah lainnya. Pantas saja rasa kimchi ini terasa unik di lidah karena menggunakan berbagai rempah yang membuat citarasa kimchi semakin kuat. Selain dimakan dengan lauk pauk lainnya, kimchi pun tetap terasa nikmat bahkan jika ditemani dengan nasi putih hangat saja.

Tak perlu jauh-jauh ke Korea, saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan restoran Korea yang menjual kimchi baik secara offline maupun online. Sebuah studi menunjukkan bawa orang dengan riwayat prediabetes yang mengonsumsi kimchi secara rutin selama delapan minggu mengalami peningkatan kualitas kesehatan. Ia mengalami penurunan resistensi insulin, tekanan darah, dan berat badan. Wah menarik ya! Yuk simak manfaat kimchi Korea lainnya berikut ini!

manfaat kimchi korea

1. Manfaat Kimchi Korea: Mengandung Bakteri dan Probiotik yang Sehat

Manfaat kimchi Korea yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan tubuh kamu secara keseleruhan karena kandungan bakteri dan probiotiknya yang baik bagi tubuh. Bakter-bakteri baik ini muncul setelah mengalami proses fermentasi seperti halnya proses fermentasi pada yoghurt. Bakteri sehat ini bernama lactobacilli yang salah satunya dapat membantu proses pencernaan tubuh. Probiotik ini pun dapat membantu melawan segala infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

2. Manfaat Kimchi Korea: Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat kimchi Korea selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol terutama bagi para penderita tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan bawang putih dalam kimchi seperti allicin dan selenium dapat menurunkan kolesterol dan juga mengurangi atau mencegah stroke.

3. Manfaat Kimchi Korea: Meningkatkan Kesehatan dan Penglihatan

Takut kesehatan mata menurun karena sering main gadget? Yuk jaga kesehaan penglihatan kamu salah satunya dengan mengonsumsi kimchi! Faktanya manfaat kimchi Korea ini salah satunya dapat menjaga kesehatan mata kamu karena kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin A. Antioksidan ini kemudian berfungsi memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari efek berbahaya dari oksigen radikal bebas.

4. Manfaat Kimchi Korea: Membuat Kulit Bercahaya dan Rambut Berkilau

Siapa yang ingin memiliki kulit yang bercahaya dan rambut yang berkilau seperti halnya artis dan aktor Korea? Kamu juga bisa mendapatkan kondisi kulit dan rambut seperti mereka dengan rutin mengonsumsi kimchi, lho. Kimchi memiliki kandungan selenium yang dapat menjaga kulit dan rambut tetap sehat sekaligus mencegah keriput dalam jangka panjang.

5. Manfaat Kimchi Korea: Mencegah Kanker Lambung

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan kimchi juga diyakini mampu mencegah kanker lambung. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Miri Kim dari Departemen Nutrisi Makanan di Universitas Nasional Chungnam. Ia mengungkapkan bahwa kol dan lobak pada kimchi mengandung bio-kimia seperti isosianat dan sulfida. Kedua zat ini diyakini ampuh untuk mendetoksifikasi logam berat yang ditemukan di hati, usus kecil dan ginjal. Zat-zat ini pun dapat dapat mencegah kanker lambung.

6. Manfaat Kimchi Korea: Memperlambat Proses Penuaan

Selain menggunakan skincare, orang Korea faktanya mengandalkan manfaat kimchi Korea untuk memperlambat proses penuaan. Faktanya setelah kimchi melalui proses fermentasi kimchi akan menghasilkan kadar antioksidan yang berlimpah. Antioksidan inilah yang kemudian dapat mengurangi tingkat penuaan kulit. Kapan lagi bisa awet muda sekaligus makan makanan yang enak?

7. Manfaat Kimchi Korea: Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kimchi Korea selanjutnya merupakan kabar baik bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Faktanya setiap 150 gram kimchi hanya mengandung 40 kalori saja! Selain kalorinya yang rendah, kimchi pun dapat membantu metabolisme karbohidrat pada tubuh kamu yang akan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

8. Manfaat Kimchi Korea: Mencegah Terjadinya Tukak Lambung

Kamu tak perlu ragu mengonsumsi kimchi karena memiliki riwayat tukak lambung. Faktanya tukak lambung yang mungkin kamu miliki dapat mereda dengan manfaat kimchi Korea yang satu ini. Kimchi faktanya mengandung mensenteroides leuconostoc yang menghasilkan dekstrin. Dekstrin merupakan zat yang penting untuk menghentikan pertumbuhan H. pylori di tubuh salah satunya untuk meredakan tukak lambung.

9. Manfaat Kimchi Korea: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kimchi Korea yang terakhir adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Berdasarkan penelitian yang dlakukan oleh Profesor Rina Yu dari Departemen Makanan dan Gizi di Universitas Ulsan kimchi dapat membuat sel-sel kekebalan menjadi lebih aktif. Hal ini kemudian akan membuat antibodi tubuh menjadi lebih berlimpah. Masih ragukah kamu akan manfaat kimchi Korea? Kini tak ada lagi alasan bagi kamu untuk ragu mengonsumsi kimchi Korea!

Maraton Drakor Seru? Di Bobobox Aja!

Menikmati serial drama kesukaan sambil makan kimchi dijamin akan membuat waktu menonton lebih menyenangkan! Bicara tentang tempat nyaman untuk nonton drama Korea, kamu bisa coba pengalaman nonton drama korea sambil menginap di Bobobox. Setiap pod dilengkapi tempat tidur yang besar dan empuk. Teknologi dalam pod pun sudah terintegrasi dengan ponsel. Jadi, kamu bisa mengatur pencahayaan atau mengunci pintu pod lewat ponselmu.

Praktis deh! Tersedia juga Bluetooth speaker supaya kamu bisa mendengar musik kesukaanmu. Soal kebersihan, jangan khawatir! Semua pod dibersihkan dan didisinfeksi mengikuti protokol yang ketat. Jadi, kamu bisa berlibur dengan tenang, aman, dan nyaman! Soal fasilitas, Bobobox menyediakan pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Mau nonton drakor di communal space sambil ngemil pun bisa kok!

Ada juga vending machine di lobi supaya kamu nggak perlu meninggalkan hotel untuk membeli minuman. Oh, ya! Bob hampir lupa! Di Bobobox, banyak spot yang cantik buat berfoto, lho! Lumayan ‘kan buat nambah-nambah koleksi foto Instagram kamu! Nah, sebelum menginap, unduh dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu.

Eits! Tenang! Aplikasi ini gratis kok untuk platform iOS dan Android. Lewat aplikasi Bobobox, kamu nggak hanya bisa melakukan reservasi pod, tetapi juga menerima beragam promosi menarik. Jadi, yuk download aplikasi Bobobox ke ponselmu dan maraton drakor bareng Bob!

You might also like