@orami

Tidak Hanya Membantu Orang Lain, Ini Manfaat Kesehatan Donor Darah

Manfaat kesehatan donor darah berikut ini penting diketahui oleh kita semua terutama yang masih ragu untuk mulai mendonorkan darah. Darah memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia seperti kemampuannya dalam mengangkut dan mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Selain itu darah memiliki banyak fungsi penting lainnya seperti mengangkut sari-sari makanan dari usus ke jaringan tubuh, mengatur dan mengontrol temperatur tubuh, hingga mengatur distribusi hormon. Lalu kira-kira apakah yang terjadi saat seseorangan kekurangan darah? Saat tubuh manusia kekurangan darah maka hal ini akan menggangu sistem kerja organ di tubuh yang dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu sangat penting agar stok darah tetap tersedia.

Manfaat Kesehatan Donor Darah

Manfaat Kesehatan Donor Darah

@sewcream via Freepik

Untuk menyelamatkan banyak jiwa yang membutuhkan darah, kita yang memiliki tubuh yang sehat dapat melakukan donor darah. Berdasarkan info dari  Palang Merah Amerika, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan donor darah tersebut dibutuhkan setiap dua detik. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan donor darah yang bisa kamu dapatkan:

1. Manfaat Kesehatan Donor Darah: Mendeteksi Penyakit Serius

Saat kamu akan mendonorkan darah tentunya kamu akan melakukan prosedur screening kesehatan salah satunya melalui pemferiksaan darah. Dengan melakukan pemeriksaan darah maka kamu bisa mendeteksi berbagai kemungkinan penyakit serius. Beberapa penyakit ini bisa meliputi HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Peeriksaan darah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah.

2. Manfaat Kesehatan Donor Darah: Meningkatkan Produksi Sel Darah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Kamu mungkin selama ini merasa ragu untuk melakukan donor darah karena khawatir tubuh menjadi lemas karena kekurangan darah.

Faktanya saat kamu  melakukan donor darah maka sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Proses ini tidak terjadi secara langsung dan akan memakan waktu beberapa minggu.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Penyakit Sirosis Hati, Penyebab, Gejala dan Penanganannya

3. Manfaat Kesehatan Donor Darah: Panjang Umur

Manfaat Kesehatan Donor Darah

Manfaat donor darah bagi kesehatan berikutnya adalah dapat memperpanjang usia. Berdasarkan banyak penelitian, berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Umur orang yang gemar menolong dan tak mementingkan diri sendiri dapat memiliki usia yang lebih panjang sekitar empat tahun karena hatinya yang bahagia.

Dilansir dari penelitian Mental Health Foundation, donor darah dapat menjaga kesehatan emosi seseorang. Dalam kata lain membantu orang lain seperti mendonorkan darah dapat mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif.

4. Manfaat Kesehatan Donor Darah: Menjaga Kesehatan Jantung

Saat kamu mendonorkan darah maka kamu dapat memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Selain itu donor darah juga dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, dan stroke. Bagi kamu yang memiliki masalah kekurangan zat besi, donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

5. Manfaat Kesehatan Donor Darah: Menjaga Kesehatan Mental

Terakhir mendonorkan darah dapat menjaga kesehatan mental. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa donor darah dapat membuat panjang umur. Hal ini bisa terjadi karena kesehatan mentall pendonor yang meningkat mengingat donor darah pada dasarnya adalah tindakan yang mulia. Setiap tetesan darah yang kamu sumbangkan akan begitu berharga bagi orang yang membutuhkan dan hal ini bisa menyelamatkan jiwa orang lain.

Saat kamu sadar akan betapa pentingnya mendonorkan darah maka kamu pun akhirnya merasa termotivasi untuk hidup lebih sehat dan senang membantu orang lain.

Dengan begitu kamu pun mungkin bisa terinspirasi untuk ingin berkontribusi lebih banyak terhadap sesama dan membuat kondisi mental kamu menjadi lebih baik. Ada banyak sekali manfaat kesehatan fisik maupun mental yang bisa kamu dapatkan dari mendonorkan darah.

Jika kamu tertarik untuk mendonorkan darah kamu bisa melakukannya secara rutin di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit terdekat. Setelah kamu mendonorkan darah maka darah akan segera dikirim ke laboratorium untuk menjalani berbagai tes yang berbeda. Jika ditemukan gangguan dalam darah, maka kamu akan segera dikabari oleh petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Tidak Semua Bisa Jadi Pendonor

@mamikos

Perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Sebelum mendonor darah, pendonor darah harus  melewati berbagai prosedur dan memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratannya diantaranya adalah pendonor minimal harus berusia 17 tahun dan maksimal 70 tahun.

Pendonor juga harus memiliki berat badannya minimal 45 kg, dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Perlu ditekankan pula bahwa terdapat beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya seperti berikut ini:

  • Mengidap diabetes
  • Mengidap kanker
  • Tidak diizinkan dokter untuk menyumbangkan darah terkait kondisi kesehatan tertentu
  • Mengidap epilepsi atau sering kejang-kejang
  • Mengidap penyakit menular, seperti sifilis, hepatitis B/C, hingga HIV
  • Memiliki gangguan perdarahan, seperti hemofilia
  • Pernah menjadi pecandu narkoba atau minuman keras

Baca Juga: Hari PMI (Palang Merah Internasional)

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox aplikasi

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles