Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Kentang untuk Bayi. Baik Untuk Dijadikan MPASI, Lho!

Bobobox.co.id — Di samping rasanya enak dan mudah diolah, kentang kerap menjadi pilihan berkat satu alasan penting. Alasan tersebut adalah manfaat kentang untuk bayi khususnya soal urusan kesehatan.

Pasalnya, kentang terbutki kaya akan kandungan yang baik untuk tubuh bayi. Hal ini pula yang menjadikan tumbuhan jenis umbi-umbian ini layaknya untuk kamu jadikan sebagai menu MPASI untuk bayi.

Nah, daripada penasaran soal manfaat kentang untuk bayi, berikut adalah ulasan lengkap dari Bob yang wajib kamu simak.

Daftar Manfaat Kentang untuk Bayi

1. Sumber Energi yang Baik

Manfaat kentang untuk bayi pertama adalah sebagai sumber energi yang baik. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, jenis umbi-umbian ini terkenal akan kandungan karbohidrat kompleks.

Kandungan tersebut membuat kentang lebih sehat jika dibandingkan karbohidrat pada nasi. Alhasil, fungsi dari karbohidrat pada kentang mampu memberi energi yang dapat bertahan lama.

Selain itu, kentang pun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses pencernaannya oleh tubuh. Dengan begitu, manfaat kentang untuk bayi sendiri adalah memberikan bayi lebih banyak cadangan energi.

Oleh karena itu, bayi pun tidak mudah lemas berkat cadangan energi yang banyak tersebut. Sebagai orang tua, kentang ini bakal mendukung sang buah hati yang sedang senang aktif bergerak.

manfaat kentang untuk bayi sebagai sumber energi
Sumber energi via pexels.com/@pixabay

2. Baik untuk Pencernaan

Sang buah hati biasanya mengalami beberapa masalah pencernaan saat mereka berada pada masa MPASI. Untuk mengurangi risiko masalah kesehatan tersebut, kamu bisa memilih kentang.

Pasalnya, manfaat kentang untuk bayi lainnya adalah mampu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi. Kandungan serat yang tinggi bakal mengurangi risiko sembelit pada bayi.

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat kentang untuk bayi. Misalkan saja, kandungan serat pada umbi-umbian tersebut mampu menjaga berat badan dan kadar kolestrol dalam tubuh si kecil.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengolah kentang sebagai makanan MPASI. Manfaat yang tadi sudah disebutkan rasanya bakal membuatmu sebagai orang tua lebih tenang soal masalah pencernaan bayi.

manfaat kentang untuk bayi baik untuk pencernaan
Pencernaan via Getty Images/Jan Otto

3. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Demi menjaga si kecil agar tak mudah sakit, kamu perlu memberikan makanan yang mampu tingkatkan daya tahan tubuh. Dari sekian banyak makanan, kentang adalah salah satu yang recommended.

Kentang sendiri mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk sistem imun si kecil. Beberapa di antaranya antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, antioksidan, beta-karoten, fosfor, dan zat besi.

Kandungan-kandungan tersebut yang membuat manfaat kentang untuk bayi adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, rasanya tak salah untuk sang bayi mengonsumsi kentang secara rutin.

Sistem kekebalan tubuh bayi pun akan lebih kebal terhadap serangan kuman. Hal tersebut yang menjadikan bayi tak mudah sakit dan mampu berkembang optimal dengan mengonsumsi umbi satu ini.

manfaat kentang untuk bayi baik untuk daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh bayi via pexels.com/@j-carter-53083

Baca Juga: Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Kita


4. Jaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit sang buah hati pun perlu dijaga juga. Untuk membantu dalam menjaga kesehatan kulit sang buah hati, kamu sebagai orang tua bisa memanfaatkan kentang sebagai makanan si kecil.

Kentang sendiring mengandung vitamin C, pati, dan berbgai enzim yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut bekerja dengan terbuktif efektif untuk melawan kulit yang mati.

Bahkan, manfaat kentang untuk bayi tak hanya sekadar menjaga kesehatan kulit saja. Makanan berkarbohidrat tinggi ini pun mampu menyembuhkan bekas gigitan serangga dan membuat kulit tampak cerah.

Untuk menyembuhkan bekas gigitan serangga, caranya bukanlah dikonsumsi secara langsung. Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggosokan potongan kentang pad bagian bekas gigitan.

Baik untuk kulit bayi manfaat kentang untuk bayi
Kulit bayi via pexels.com/@pixabay

5. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat kentang untuk bayi berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium pada kentang yang dapat mengontrol tekanan darah si buah hati agar tetap stabil.

Alhasil, banyak khasiat lain yang bayi dapatkan saat mengonsumsi kentang secara rutin. Di samping terjaganya metabolisme tubuh, kalium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Bahkan, kalium pun mampu mengoptimalkan kerja fdungsi saraf tubuh si kecil.

manfaat kentang untuk bayi kontrol tekanan darah
Tekanan darah via unsplash.com/@mockupgraphics

6. Kurangi Risiko Infeksi

Di samping kandungan yang sudah Bob sebutkan, masih ada kandungan yang belum disebut. Kandungan tersebut adalah antosianin yang berfungsi layaknya antivirus yang menangkal infeksi.

Tak pelak manfaat kentang untuk bayi lainnya adalah mengurangi risiko infeksi. Zat kimia tersebut dapat membantu memerangi infeksi yang kerap kali menyebabkan penyakit seperti flu.

Bayi sakit via unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!


7. Baik untuk Organ-Organ Penting

Manfaat kentang untuk bayi terakhir adalah baik untuk orang-orang penting. Beberapa organ penting yang mendapatkan khasiat yang baik dari kentang adalah hati, jantung, dan juga tulang.

Dalam sebuah penelitian, kentang terbukti dalam menjaga fungsi hati agar tetap maksimal. Untuk dapatkan manfaat kentang yang optimal, ada baiknya jika dikonsumsi dengan kulitnya yang bersih sekaligus.

Di samping itu, kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc membantu dalam membentuk dan menjaga kekuatan tulang. Produksi dan pematangan kolagen pun semakin kuat berkat kandungan tersebut.

Untuk jantung, kentang pun mampu memberi khasiat yang baik untuk organ tersebut. Manfaat tersebut didapat berkat kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam kentang.

Organ jantung via lifestyle.okezone.com

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Coba Konsumsi Rutin Untuk Dapatkan 7 Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan Berikut Ini!


Cara Memilih dan Mengolah Kentang untuk MPASI

Agar mendapatkan manfaat kentang untuk bayi secara optimal, proses memasaknya pun perlu kamu perhatikan. Sebagai awalan, kamu bisa memberikan pure kentang bagi bayi berusia enam bulan.

Di samping itu, pilihan cara mengolah ini bisa kamu pertimbangkan baik-baik.

Dikukus

Kamu bisa mengukus atau merebusnya dalam bentuk pure kentang. Walaupun begitu, ada baiknya untuk tidak merebus kentang terlalu lama dan kombinasikan dengan wortel dan brokoli.

Dipanggang

Kamu pun bisa mengolah kentang dengan cara dipanggang. Cara satu ini terbukti dalam menjaga kandungan gizi yang terdapat pada kentang untuk tetap bertahan lama.

Agar lebih nikmati, bahan tambahan seperti keju, daging ayam, dan sayuran pun bisa menjadi pilihan menarik.

Kentang rebus via The Spruce/Diana Rattray

***

Itulah tadi 7 manfaat kentang untuk bayi yang perlu kamu ketahui.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Nyaman Bersama Anak di Bobobox

Mencari penginapan yang child-friendly bisa dibilang gampang-gampang susah. Masih jarang penginapan yang tak hanya cocok untuk sang orang tua tetapi juga nyaman dan aman untuk istirahat sang buah hati.

Jika kamu masih kebingungan, kamu bisa menginap di Bobobox sebagai tempat menginap. Fasilitas mumpuni yang ditawarkan bakal memberikan rasa nyaman bagi kamu dan juga si kecil untuk beristirahat.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like