Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Mengenyangkan, Ini Dia Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Kentangnya haruslah kentang rebus!

Bobobox.co.id — Kentang lebih dikenal sebagai sumber karbohidrat tinggi pengganti nasi. Hal tersebut tentu cukup masuk akal mengingat kentang mengandung karbohidrat yang hampir menyamai karbohidrat pada nasi.

Namun, tak hanya mengenyangkan, kentang pun memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan. Manfaat kentang bagi kesehatan sendiri bervariasi mulai dari kesehatan jantung, pencernaan, hingga kulit.

Walaupun begitu, kamu harus memerhatikan satu hal penting terkait kentang ini. Kentang yang menyehatkan ini adalah kentang rebus bukanlah kentang yang sudah diolah menjadi french fries dan sejenisnya.

Nah, penasaran apa saja manfaat kentang bagi kesehatan tubuh? Berikut ini merupakan ulasan singkat mengenai manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yang Bob rangkum dari berbagai sumber.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang bagi kesehatan pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Berbagai kandungan yang terdapat dalam kentanglah yang menjadikan salah satu sumber kesehatan baik dikonsumsi untuk fungsi jantung.

Misalkan saja, kentang termasuk salah satu karbohidrat rendah kolestrol. Oleh karenanya, manfaat kentang yang baik untuk kesehatan jantung akan cocok bagi kamu yang mengindap penyakit jantung.

Tak hanya itu, kandungan lainnya pun turut serta dalam menjaga kesehatan jantung. Karotenoid untuk menjaga fungsi jantung agar tetap baik serta Vitamin C yang membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung.

Selain kentang, sumber karbohidrat yang baik untuk jantung adalah jagung. Pelajari manfaat jagung untuk kesehatan di artikel berikut ini ya!


Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Sebagai Karbohidrat Sehat Untuk Tubuh!


manfaat kentang bagi kesehatan
via corehealthandspine.com

Mencegah Kanker

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semboyan tersebut tentunya harus kita tanamn dalam diri. Pasalnya, alangkah baiknya jika kita menjaga kesehatan tubuh dari ancaman virus yang menjadi sumber penyakit.

Salah satu penyakit mematikan adalah kanker. Untuk itu, kamu perlu sedini untuk mencegahnya. Cara yang relatif mudah untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi kentang yang berfungsi untuk mencegah kanker.

Manfaat kentang bagi kesehatan ini dipengaruhi oleh kandungan asam folfat, quercetin, dan vitamin C. Ketiganya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyebab kanker karena membuh sel kanker sejak dini.

@padrinan via pexels.com

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat kentang bagi kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B6 dalam kentang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf khususnya sel dan saraf otak.

Pasalnya, vitamin B6 dapat membantu menciptakan bahan kimia otak seperti dopamin, serotonin, dan noreprinefrin. Ketiga bahan kimia tersebut yang berkhasiat dalam menyehatkan saraf otak.

Tak hanya menyehatkan otak saja, ketiga bahan tersebut pun mampu membantumu dalam mengatasi depresi atau stres. Manfaat kentang bagi kesehatan lainnya adalah mampu membantumu lebih fokus lagi.

SciePro via shutterstock.com

Baik untuk Pencernaan

Sistem pencernaan tentu wajib kamu jaga kesehatannya. Salah cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kentang rebus. Pasalnya, manfaat kentang bagi kesehatan sendiri baik untuk pencernaan, lho!

Kandungan pati resistan dalam kentang ternyata memiliki manfaat untuk pencernaan. Saat masuk ke dalam usus besar, pati resisten ini akan menjadi sumber makanan untuk bakteri baik dalam perut.

Asam lemak rantai pendek inilah yang nantinya bermanfaat juga untuk kesehatan pencernaan. Beberapa di antaranya antara lain mengurangi risiko peradangan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Tidak hanya kentang, tahu kah kamu kalau nasi merah juga sangat baik untuk pencernaanmu? Simak faktanya di artikel berikut ini ya!


Baca Juga: 7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya Untuk Diet Lho!


via dtmclinic.ie

Mengatur Kadar Gula Darah

Kandungan gula darah yang berlebih bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Pasalnya, jika kandungan gula darahmu cukup tinggi, adanya peningkatkan risiko di mana kamu terserang penyakit diabetes.

Kandungan pati resisten dalam kentang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan saja. Kandungan tersebut terbukti secara klinis mampu membantu tubub dalam mengendalikan gula dalam darah.

Oleh karenanya, tak heran jika kentang kerap direkomendasikan untuk dimakan bagi para penderita diabetes. Manfaat kentang bagi kesehatan ini tentunya bisa juga ditujukan untuk pencegahan gula darah naik.

@wdnet via pexels.com

Cocok untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kamu tentu sudah familiar dengan masker kentang yang biasa digunakan di bagian wajah. Nah, manfaat kentang bagi kesehatan lainnya ini berkaitan erat dalam rangka menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat kentang bagi kesehatan kulit wajah tersebut disebabkan oleh vitamin yang terkandung dalam kentang. Kandungan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, kentang pun mengandung zat anti radang dan niacin. Kedua zat ini sendiri berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini yang akan melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari.

@chris-howard-229664 via pexels.com

Membantu untuk Diet

Mengalami kenaikan berat badan selama work from home? Sedang berusaha untuk mengurangi sedikit demi sedikit berat badanmu? Bob sarankan untuk mengonsumsi kentang rebus mulai dari sekarang.

Kamu tentu mengenal kentang sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Nah, kentang pun sangat direkomendasi bagi yang sedang berada dalam program diet karena kalori dan lemaknya yang rendah.

Namun, kentang yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kentang rebus. Selain mengonsumsi kentang rebus, kamu pun wajib untuk menghindari makanan berminyak dan melakukan olahraga secara teratur.

via drkulick.com

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mencegah tekanan darah tinggi adalah salah satu manfaat kentang bagi kesehatan yang tak kalah penting. Kentang sendiri terkenal sebagai salah satu sumber kalium yang baik selain buah pisang.

Kalium sendiri merupakan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cara kerja dari kalium ini nantinya akan merangsang pembeluh darah untuk melebarkan ukurannya yang memperlancar aliran darah.

Selain itu, kentang pun mengandung kandung lainnya seperti kalsium, magnesium, dan natrium. Kandungan tersebut mampu menjaga tekanan darah agar tetap berada pada batas normal.

via familymedicinedearborn.com

Baik untuk Tulang

Manfaat kentang bagi kesehatan lainnya adalah kandungannya yang baik untuk tulang. Kentang sendiri memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor yang relatif tinggi.

Kandungan tersebut yang mampu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Namun, kamu perlu mencatat satu hal penting yang berkaitan dengan kandungan yang tadi telah disebutkan.

Catatan tersebut adalah kamu tak boleh mengonsumsi fosfor berlebih dan kalsium yang kurang. Pasalnya, hal tersebut justru dapat mengurangi kepadatan tulang yang malah memicu risiko osteoporosis.

via homeremedyhacks.com

Mengobati Masalah Kulit

Manfaat kentang bagi kesehatan terakhir adalah mengobati masalah kulit. Jadi, kentang sendiri tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah saja tetapi juga mengobati masalah-masalah kulit.

Banyak masalah kulit yang bisa diobati dengan menggunakan kentang. Beberapa di antaranya adalah mengatasi tangan kering, mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit keriput, dan mencerahkan kantung mata.

Kandungan zat antiradang dan niacin pada kentang yang berfungsi untuk mengobati masalah kulit ini. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memberikan manfaat kesehatan tersebut.

Untuk melengkapi asupan nutrisi dalam tubuhmu, Bob juga merekomendasikan kamu untuk mencoba beragam rempah-rempah asli Indonesia yang tentunya sangat menyehatkan. Yuk kita simak daftarnya di artikel berikut ini!


Baca Juga: 7 Rempah Asli Indonesia Ini Bermanfaat Baik Untuk Tubuhmu, Lho!


@catscoming via pexels.com

Bingung Memilih Hotel Kapsul untuk Liburanmu? Langsung saja Datang ke Bobobox

Hotel kapsul menjadi salah satu tren yang sudah mulai banyak bermunculan. Salah satunya di Indonesia. Dari sekian banyak hotel kapsul yang ada, Bobobox menjadi hotel kapsul yang Bob rekomendasikan.

Fasilitas yang wah tidak membuat harga yang ditawarkan setinggi langit. Justru, harga inap di Bobobox akan bersahabat dengan kantongmu. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox Pods Juanda

You might also like