Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!

Cocok bagi yang sedang diet!

Bobobox.co.id — Buah kelapa khususnya air kelapa muda memang sering dimanfaat untuk menyegarkan tubuh. Namun, manfaat kelapa untuk kesehatan sebenarnya tak hanya untuk menyegarkan saja, lho!

Banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dari buah kelapa. Kebanyakan manfaat kelapa untuk kesehatan bisa kamu dapat dari air kelapa muda dan daging dalam buah kelapa.

Nah, kira-kira apa sajakah manfaat kelapa untuk kesehatan lainnya? Simak ulasan singkat mengenai manfaat kelapa tersebut berikut ini. Bagi yang sedang diet, ada baiknya simak salah satu poin di bawah ini ya!

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kelapa untuk kesehatan pertama adalah menjaga kesehatan pencernaanmu. Serat dalam daging buah kelapa inilah yang mampu menjaga kesehatan pencernaan khususnya melancarkan buang air besar.

Senyawa medium-chain triglyceride dalam daging buah kelapa yang berperan aktif dalam menguatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Keberadaan bakteri ini penting untuk melindungi pencernaan.

Selain itu, minyak atau lemak dalam daging buah kelapa pun ikut andil juga. Kandungan tersebut membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K serta mencegah pertumbuhan jamur yang jadi penyebab infeksi.

manfaat kelapa untuk kesehatan
via dtmclinic.ie

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh di pandemi seperti sekarang ini menjadi hal mutlak yang wajib kamu jaga. Ada beragam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah kelapa. Manfaat kelapa untuk kesehatan ini terjadi karena adanya senyawa mangan dan antioksidan yang ada dalam kelapa.

Tak hanya itu, senyawa MCT dalam daging buah kelapa tak hanya baik untuk pencernaan. Senyawa tersebut mampu berperan penting sebagai antijamur, antivirus, dan menjadi penghalang tumbuhnya tumor.

@mary-taylor via pexels.com

BACA JUGA: Kenali Jenis-Jenis Beri Yang Dapat Dikonsumsi, Menyegarkan Dan Kaya Akan Manfaat Kesehatan Berikut Ini

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kelapa untuk kesehatan berikutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Manfaat kelapa untuk kesehatan ini sendiri sebenarnya membutuhkan penelitian lebih lanjut agar benar-benar akurat.

Buah kelapa mengandung karbohidrat yang relatif rendah namun tinggi serat dan lemak. Oleh karenanya, buah kelapa disinyalir dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang.

Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah kelapa pun memiliki peranan lainnya. Dengan membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan resistensi insulin, kandungan tersebut membantu mengatur gula darah.

@wdnet via pexels.com

Mengontrol Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Beragam cara bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap prima dalam bekerja.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kelapa. Pasalnya, lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Tak hanya itu saja peran dari daging buah kelapa. Daging buah kelapa sendiri memiliki rantai lemak yang pendek. Hal ini mengakibatkan saat mengonsumsi daging buah kelapa, kadar kolestrol tak akan naik.

via corehealthandspine.com

Baik untuk Kesehatan Kulit

Sedang mengalami gatal pada kulit? Atau tangan kering berhari-hari? Cobalah untuk menggunakan minyak kelapa. Dengan minyak kelapa tersebut, gangguan kulitmu tersebut bakal sembuh secara berkala.

Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk merawat kulit. Sifat emolien pada minyak kelapa membantu dalam menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit.

Senyawa aktif yang terdapat pada minyak kelapa mampu meredakan efek peradangan dan nyeri akibat alergi. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan.

@speckfechta via unsplash.com

BACA JUGA: Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu

Cocok untuk Diet

Sedang dalam proses penurunan berat badan? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi buah kelapa. Pasalnya, manfaat kelapa untuk kesehatan lainnya adalah membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut terjadi karena senyawa MCT dan serat dalam daging buah kelapa. Keduanya mampu membuatmu merasa kenyang jauh lebih lama. Dengan begitu, kamu pun jadi tidak ingin makan terlalu banyak.

Tak hanya itu, kelapa sendiri mengandung kalori, lemak, dan gula yang rendah. Kandungan inilah yang membantu juga dalam proses penurunan berat badan sebagai manfaat kelapa untuk kesehatan lainnya.

via drkulick.com

Mengatasi Rambut Rontok

Biasanya, saat menghadapi rambut rontok. lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang kerap kali digunakan. Padahal, kamu pun bisa menggunakan santan kelapa untuk mengatasi masalahmu tersebut.

Manfaat kelapa untuk kesehatan tersebut bisa didapat dengan menjadikan santan kelapa sebagai masker merawat rambut. Kandungan yang terdapat pada santan kelapa inilah yang baik untuk rambut.

Kandung dalam santan kelapa bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala, memperkuat akar rambut, mengurangi rambut rontok, dan masih banyak lainnya. Bahannya tinggal kamu oles secara merata.

@skitterphoto via pexels.com

BACA JUGA: Rambut Sudah Mulai Tidak Sehat? Ini Dia 7 Tips Mengatasi Rambut Rontok Terbaik Patut Dicoba


Menambah Energi

Merasa kurang berenergi saat berolahraga? Ada baiknya jika kamu mencoba mengonsumsi air kelapa. Manfaat kelapa untuk kesehatan berikutnya memang diperuntukkan bagi kamu yang suka berolahraga.

Air kelapa sendiri mampu meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid. Dengan meningkatnya kinerja hormon kelanjar tiroid ini, tubuhmu pun akan terasa lebih berenergi lagi untuk berolahraga.

Dengan manfaatnya, kamu bisa membawa bekal air kelapa saat berolahraga. Misalkan saja, dengan menyediakan air kelapa dalam tumbler yang biasa kamu bawa saat berolahraga seperti bersepeda.

@olly via pexels.com

Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Mengalami keracunan makanan atau diare? Dibanding menggunakan obat berbahan kimia, tak ada salahnya untuk mengobati masalah yang sedang kamu alami tersebut dengan kelapa.

Air kelapa muda merupakan penangkal racun yang kuat dan akan melawan reaksi obat. Secara alami, kandungan elektrolit dalam jumlah banyak ini yang mampu mempercepat pemulihan diare.

Selain itu, berbagai kandungan zat lainnya dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi. Proses ini akan membuang racun dalam saluran pencernaan yang diakibatkan oleh keracunan makanan.

@karolina-grabowska via pexels.com

Mengatasi Dehidrasi

Manfaat kelapa untuk kesehatan terakhir adalah mengatasi dehidrasi. Mengatasi dehidrasi di sini tak hanya memulihkan dehidrasi saja melainkan mampu mengisi kembali elektrolit yang hilang sehabis olahraga.

Air kelapa muda merupakan salah satu sumber elektrolit. Kandungan elektrolit yang mudah menyerap dalam tubuh inilah yang berperan penting dalam tubuh termasuk menjaga keseimbang cairan.

Dengan manfaat kelapa untuk kesehatan ini, tak heran jika salah satu minuman olahraga menggunakan bahan dasar air kelapa. Hal tersebut didasarkan oleh mineral yang terbukti dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

via bestmarathontrainingplan.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Sedang bosan di rumah dan ingin mencari tempat untuk work from home yang nyaman dengan harga terjangkau? Jika iya, Bobobox adalah tempat yang kamu cari selama ini.

Selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan fasilitas-fasilitas penunjang yang siap membantu dalam bekerja. Tidak hanya soal bekerja saja, pengalaman menginap yang akan didapat pun pastinya tetap terjamin.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like