Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Fakta Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan: Sayuran Favorit Masyarakat Indonesia

Kaya akan mineral, serat dan vitamin

Kangkung bukanlah sayuran yang terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran hijau ini menjadi favorit banyak masyarakat mengingat olahannya bisa dijumpai di berbagai tempat mulai dari rumah, warung makan hingga restoran. Pengolahannya yang tidak ribet, rasanya yang nikmat, harganya yang terjankau serta mudahnya menjumpai kangkung di pasaran adalah segelintir alasan sayuran tersebut sangat digandrungi berbagai kalangan.

Selain itu, seperti banyak sayur hijau lainnya, kangkung juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Apa sajakah manfaat kangkung bagi kesehatan itu? Simak informasinya di bawah!

Kandungan Gizi Kangkung

@wadeeda via Freepik

Kangkung yang bernama Latin Ipomoea aquatica juga dikenal dengan nama water spinach (bayam air) atau swamp spinach (bayam rawa-rawa). Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Meski dikenal sebagai bayam air, kangkung sama sekali tidak ada hubungan dengan sayuran tersebut. Sayuran dengan batang berongga dan daun memanjang ini justru termasuk ke dalam famili convolvulaceae (morning glory) dan genus yang sama dengan ubi jalar (Ipomoea batatas).

Selain rasanya yang lezat, kangkung juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan sayuran hijau lainnya. Dari sayuran ini, kamu bisa mendapatkan karbohidrat, protein, serat, mineral, serta vitamin A, B dan C. Melansir Data Komposisi Pangan Indonesia, secara lebih rinci 100 gram kangkung segar mentah mengandung:

  • Air: 91 g
  • Energi: 28 Kal
  • Protein: 3,4 g
  • Lemak: 0,7 g
  • Karbohidrat: 3,9 g
  • Serat: 2 g
  • Abu: 1 g
  • Kalsium: 67 mg
  • Fosfor: 54 mg
  • Besi: 2,3 mg
  • Natrium: 65 mg
  • Kalium: 250,1 mg
  • Tembaga: 0,13 mg
  • Seng: 0,4 mg
  • Beta-Karoten: 2.868 mcg
  • Karoten Total: 5.542 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,07 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,36 mg
  • Niasin: 2 mg
  • Vitamin C: 17 mg

Baca Juga: Serba-Serbi Vitamin D: Sumber, Manfaat Vitamin D, Dan Bahayanya Bila Kekurangan

Dengan banyanya kandungan nutrisi tersebut, manfaat kangkung bagi kesehatan sudah tentu tidak diragukan lagi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Menurunkan Kolesterol

via Freepik

Salah satu manfaat kangkung bagi kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Kangkung sendiri merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol secara alami. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan menurunnya kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah.

Melancarkan Pencernan

Manfaat kangkung bagi kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kelancaran sistem pencernaan. Sebagaimana kamu tahu, konsumsi sayuran dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi. Kangkung adalah salah satu yang bisa kamu coba terutama karena kandungan serat serta vitaminnya yang tinggi.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, kangkung mengandung sekitar 91 gram air per 100 gramnya. Kandungan air yang tinggi tersebut menjadikan manfaat kangkung untuk kesehatan baik untuk organ ginjal. Air sendiri bisa digunakan untuk membantu ginjal bekerja secara optimal dan membantunya menyaring darah.

Pertumbuhan Rambut

Manfaat kangkung bagi kesehatan ternyata berlaku untuk kesehatan rambut. Hal ini berkenaan dengan kandungan vitamin B yang ada di dalam kangkung. Karena itu, jika kamu mengalami kerontokan atau masalah sejenisnya, kangkung bisa kamu jadikan pilihan untuk makanan rambut sehat. Vitamin B tersebut akan bekerja untuk menutrisi rambut hingga ke akarnya sehingga rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

@lwxlch via Unsplash

Sebagaimana kamu tahu, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan hal tersebut bisa kamu dapatkan dari kangkung dalam bentuk beta karoten. Beta karoten ini merupakan bahan baku alami untuk pembentukan vitamin A di dalam tubuh. Vitamin sendiri A berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan, meningkatkan produksi cairan untuk mencegah mata kering, serta sebagai komponen penting pembentuk rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk menjaga ketajaman penglihatan di tempat minim cahaya.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat kangkung bagi kesehatan juga berguna untuk menangkal radikal bebas lewat kandungan vitamin C serta antioksidan (seperti falvonoid, asam palmitat dan phytol). Vitamin C sendiri berperan dalam memperkuat sistem imun sementara antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan DNA, sel, jaringan hingga organ tubuh. Radikal bebas diketahui merupakan salah satu pemicu terjadinya berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker dan diabetes.

Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, kandungan vitamin C di dalam kangkung dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan kerusakan sel. Vitamin C bersama dengan vitamin A turut andil dalam mengaktivasi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi virus dan bateri.

Sistem imun tubuh yang lemah biasanya akan berisiko menyebabkan penyakit kronis seperti jantung, stroke dan infeksi virus atau bakteri. Selain vitamin C, manfaat kangkung bagi kesehatan juga didapatkan dari kandungan vitamin B-nya. Kangkung adalah sayuran yang kaya akan vitamin B yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperbaiki sel-sel agar dapat beregenerasi.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Dan Bahayanya Bila Kekurangan

Mencegah Kanker

Konsumsi kangkung bisa menjadi pilihan yang kamu tambahkan ke dalam menu sehat harian kamu. Kandungan vitamin, antioksidan serta mineral di dalamnya diyakini dapat membantu mencegah risiko terjadinya kanker.

Meningkatkan Nafsu Makan

via Unsplash

Jika kamu memiliki masalah dengan nafsu makan, kamu bisa mencoba kangkung untuk memicu keinginan makan kamu. Hilangnya nafsu makan biasanya disebabkan oleh kondisi asam lambung serta banyaknya gas. Manfaat kangkung untuk kesehatan dapat membantu menetralkan lambung dari gas dan asam sehingga kondisi perut bisa lebih nyaman.

Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat kangkung bagi kesehatan bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut didapat dari kandung kaliumnya yang berfungsi untuk mengatur dan menurunkan tekanan darah. Namun, kandungan kalium tersebut tidak begitu tinggi. Karenanya, kamu memerlukan tambahan kalium dari makanan lainnya seperti alpukat, bayam, pisang, kentang, dan ubi.

Mencegah Anemia

Manfaat kangkung bagi kesehatan juga berguna dalam mengatasi anemia. Kandungan zat besi serta fosfor di dalamnya berperan dalam merangsang produksi sel darah merah. Penderita anemia biasanya bermasalah dalam pembentukan sel darah merah tersebut karena kekurangan zat besi. Dengan menambahkan kangkung ke dalam menu makanan kamu, kamu bisa terhindar dari risiko anemia.

Baik untuk Otak

Kandungan vitamin B dan mineral di dalam kangkung berguna untuk menjaga kesehatan otak sehingga aktivitasnya tidak terganggu. Dengan demikian, konsumsi kangkung sangat baik untuk perkembangan otak anak serta dapat mencegah orang dewasa dari risiko menurunnya memori (dementia taua Alzheimer).

Manfaat untuk Kulit

Kandungan antioksidan di dalam kangkung juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan kulit. Zat tersebut akan melawan radikal bebas yang berisiko merusak sel kulit, contohnya terhadap paparan sinar matahari. Dengan konsumsi rutin, manfaat kangkung bagi kesehatan kulit akan terasa. Selain itu, kandungan vitamin A-nya juga dapat menutrisi dan melembapkan sehingga kulit terhindar dari jerawat, kerutan dan masalah lainnya.

Mencegah Dehidrasi

via Freepik

Kandungan kalium dan natrium pada sayuran kangkung sangat berguna dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Selain itu, kadar airnya pun tinggi hingga mencapai 90%. Karenanya, konsumsi kangkung dapat kamu manfaatkan untuk mencegah dehidrasi atau kehilangan banyak cairan.

Baca Juga: Jaga Kondisi Tubuhmu Dengan Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini

Tips Mengolah

Untuk mendapatkan manfaat kangkung bagi kesehatan, kamu perlu mengikuti tips berikut ini:

  • Cuci dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran, pestisida hingga ulat atau cacing yang menempel
  • Masak dalam suhu tinggi untuk membunuh kuman yang tersisa
  • Hindari konsumsi kangkung mentah karena batang berongga kangkung bisa mengandung cacing penyebab berbagai penyakit
  • Hindari konsumsi dan menghangatkan kangkung setelah lebih dari enam jam (berisiko menjadi nitrit dan karsinogen)

Selain memakan makanan sehat seperti seafood, menghindari stres juga perlu kamu lakukan agar kesehatan secara menyeluruh tetap terjaga. Di tengah padatnya aktivitas, kamu bisa meluangkan waktu untuk relaksasi dengan staycation di Bobobox. Hotel kapsul satu ini memang dirancang demi kenyemanan pengunjung dengan berbagai fasilitas yang bikin kamu betah.

Kamu bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga. Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna lampu yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati kamu, dari remang hingga terang. Selain itu, fitur satu ini juga bisa menambahkan nilai estetik di dalam pod sehingga kamu bisa mengubah suasana di dalam seperti studio foto dadakan.  Yuk unduh dulu aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like