Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Kafein Kopi Dalam Bekerja

Bagi para pekerja, khususnya para pekerja kera,  kopi sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bahkan, kopi sudah menjadi kebiasaan bagi para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih semangat.  Terutama di waktu lembur yang membutuhkan tenaga ekstra untuk tetap terjaga. Hal ini memang sudah di buktikan banyak orang bahwa kopi bisa membantu seseorang dalam bekerja. Dengan begitu, maka tak heran jika di kantor tersedia ruangan khusus untuk menyeduh kopi bagi para karyawan yang dilengkapi dengan alat-alat kopi bermerk. Ternyata menyeduh kopi secara rutin sangat bermanfaat bagi para pekerja. Hal inilah yang membuat kopi semakin banyak penikmatnya. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat kafein kopi dalam bekerja.

Sekilas Tentang Kafein

Manfaat Kafein Kopi Dalam Bekerja

Kebanyakan orang hanya suka menikmati tanpa mau tau fakta dibaliknya. seperti halnya saat menyeduh kopi. Di dalam kopi terkandung kafein. Lalu, bagaimana efek kafein terhadap neurotransmiter tubuh seseorang, dan bagaimana cara kerja kafein pada tubuh? Setidaknya terdapat dua klasifikasi, sebagaimana berikut.

  1. Kafein sangat berpengaruh terhadap produksi berbagai sistem saraf sehingga kondisi jiwa, energi fisik, dan kinerja semakin meningkat.
  2. Kafein ikut serta dalam mengatur keseimbangan berbagai sistem saraf dengan mekanisme tertentu. Hal inilah yang bisa memperbaiki emosi, meredakan sakit dan menekan nafsu makan.  Bahkan, kafein juga bisa melindungi otak dari kerusakan dan penyakit.

Manfaat Kafein Kopi Dalam Kerja

 

  • Meningkatkan Konsentrasi

Pekerjaan di kantor memang identik dengan pekerjaan yang sangat melelahkan otak. Sehingga agar pekerjaan bisa cepat selesai, maka dibutuhkan yang namanya konsentrasi yang cukup. Banyak berbagai faktor yang bisa membuat konsentrasi seseorang dalam bekerja menurun. Sebenarnya sangat mudah untuk meningkatkan konsentrasi yaitu dengan menyeduh secangkir kopi. Pekerja yang membutuhkan secangkir kopi untuk menuntaskan pekerjaannya yaitu pekerjaan yang melibatkan pikiran dalam bekerja seperti pengarang. Jadi, ketika konsentrasi Anda mulai menurun yang tidak sebanding dengan banyaknya pekerjaan, maka segeralah ambil secangkir kopi kesukaan Anda agar konsentrasi kembali menjadi baik.

  • Menahan Kantuk

Agar tetap terjaga dalam bekerja, tentunya stamina yang kuat sangat dibutuhkan. Kopi merupakan pilihan terbaik dalam menemani para pekerja. Mengapa harus kopi? karena kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membantu kita tetap terjaga dan mengurangi rasa kantuk. Mungkin, bagi sebagian orang yang belum terbiasa mengonsumsi kopi, setelah kafein masuk dalam tubuh kondisi tubuh akan terasa sangat lemah. Maka dari itu, mencari jenis kopi yang paling sesuai dengan tubuh juga diperlukan. Nah, agar lebih aman untuk kesehatan sangat disarankan untuk mengonsumsi kopi alami. Karena, kopi-kopi instan yang biasa di jual di pasaran berdampak kurang baik jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan kopi di dalam kopi instan sudah tidak murni lagi dan banyak dicampur dengan bahan lain.

  • Menjaga Stamina

Tubuh lemas memang tidak nyaman untuk dipandang. Apalagi kondisi seperti ini ketika bekerja, pastinya bisa-bisa membuat atasan Anda darah tinggi alias marah-marah. Nah, agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa menikmati secangkir kopi terlebih dahulu. Karena, kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa meningkatkan jumlah adrenalin dalam darah. Maka dari itu, menyeduh kopi sebelum kerja bisa membuat semangat lebih meningkat dan stamina akan tetap terjaga. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri ketika Anda telah minum kopi, bagaimana hasil kerjanya.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Biasanya bagian tubuh setelah bekerja akan terasa pegal-pegal atau bahkan sakit-sakit, apalagi bagi mereka yang bekerja di lapangan dengan mengandalkan kekuatan fisik. Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi kopi bisa mengurangi rasa sakit. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menyeduh dua gelas kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa sakit pada otot tubuh sebanyak 40 persen. Sehingga tidak heran jika para pekerja lapangan membutuhkan kopi dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan pekerja yang hanya duduk ketika bekerja.

  • Mengurangi Resiko Encok

Encok pada tubuh bisa disebabkan karena duduk terlalu lama atau bisa jadi dikarenakan pekerjaan fisik di lapangan yang terlalu berat. Ingin mengurangi risiko encok ketika bekerja? Anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah yaitu dengan menyeduh kopi setiap harinya. Hal ini telah dibuktikan dengan dilakukannya sebuah penelitian terhadap 50 ribu pria di dunia yang mengalami penyakit encok. Bagi pria yang mengonsumsi kopi, resiko pengurangan encok lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya.

Jadi bagaimana, tak ragu lagi kan untuk mengkonsumsi kopi untuk setiap harinya. Memang kini banyak sekali orang yang menganggap bahwa kopi adalah candu. Namun candu di kopi ini bukanlah candu yang negatif seperti yang dibayangkan. Namun, karena cita rasanya yang khas serta manfaatnya yang sangat besar inilah yang menjadikan kopi sebagai minuman candu.

Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Daya reaksi terhadap kafein kopi dipengaruhi oleh berat badan seseorang. Diibaratkan seperti orang dengan berat badan 45kg,  Efek secangkir kopi akan berbeda dengan orang yang memiliki berat badan 90kg. Efek kafein kopi akan bereaksi sekitar oleh sebagian orang 3 jam atau bahkan ada orang yang baru merasakan reaksinya sekitar 6 jam. Terlepas dari itu, manfaat pada kopi sangatlah besar bagi tubuh,. Adapun beriku ini manfaat kopi yang bisa didapatkan.

  • Efek pada Kognitif

Efek ini bisa semakin menajamkan logika, daya ingat, kefasihan verbal, konsentrasi, serta mampu meningkatkan persepsi terhadap keindahan.

  • Efek pada Afektif

Efek yang diberikan dari kopi ini bisa mengurangi emosi, melepaskan kebosanan, meningkatkan ketenangan serta bisa meningkatkan rasa percaya diri.

  • Efek pada Fisik

Efek kopi yang satu ini bisa meningkatkan kecepatan dalam bekerja, daya tahan, bisa meningkatkan energi, kekuatan, waktu reaksi, dan proses termogenesis atau pembakaran lemak sekaligus meningkatkan laju metabolisme.

  • Efek pada Terapeutik

Efek yang diberikan kopi yang terakhir yaitu bisa melindungi segala sel tubuh dari kerusakan jangka panjang yang bisa memberikan efek terapeutik yang menguntungkan. Tak terkecuali bisa meredakan nyeri dan melindungi paru-paru dari komplikasi akibat rokok serta kerusakan akibat stroke.

Demikian ulasan mengenai manfaat kafein kopi dalam bekerja. Setelah mengetahui manfaat dari kafein kopi, Anda bisa memulai meminum kopi agar hasil kerja menjadi lebih baik. semoga artikel ini bermanfaat.

 

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...