Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Untuk Melembabkan Ruangan, Ini Dia Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan Tubuhmu

Dengan penggunaan tepat, manfaat bisa kamu dapat

Humidifier dikenal sebagai alat untuk menjaga kelembapan udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Dengan memberikan kelembapan pada ruangan lewat humidifier, suasana pun akan terasa lebih nyaman. Namun, penggunaan humidifier ternyata tidak sampai di situ saja. Alat satu ini diklaim memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan lho, tentu dengan penggunaan yang tepat! Apa saja manfaat humidifier untuk kesehatan itu? Yuk intip informasinya bersama Bob!

Ketahui Dulu Sebelum Mencoba

via Freepik

Udara yang terlalu kering dan terlalu lembap dapat berpengaruh pada kesehatan serta kondisi rumah kamu. Udara kering sendiri dapat menyebabkan:

  • Mata kering
  • Sakit tenggorokan
  • Saluran hidung kering
  • Mimisan
  • Pilek dan flu semakin parah
  • Kulit dan bibir pecah-pecah
  • Kulit kering dan gatal
  • Asma dan gejala alergi semakin parah

Sementara itu, kelembapan yang terlalu tinggi bisa memicu pertmbuhan jamur, lumut, bakteri hingga tungau. Pertumbuhan bakteri dan jamur ini dapat memicu infeksi saluran pernapasan apalagi bagi kamu yang menderita asma atau gangguan pernapasan lainnya. Hal tersebut juga berisiko merusak struktur bangunan rumah kamu.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), idealnya, kelembapan udara di dalam ruangan berada di antara 30-50 persen. Agar manfaat humidifier untuk kesehatan dapat kamu peroleh, sebaiknya pastikan kadar kelembapan berada di angka yang tepat. Untuk itu, kamu perlu mengecek kelembapan dengan hygrometer agar kelembapan tetap terjaga. Jenis humidifier tertentu biasanya sudah dilengkapi dengan hygrometer yang terlihat seperti termometer.

Meredakan Flu dan Pilek

Lingkungan yang kering dapat memperparah gejala flu dan pilek seperti batuk, bersin dan hidung mampet. Karena itu, manfaat humidifier untuk kesehatan akan sangat kamu perlukan untuk meredakan gejala serta mempercepat kesembuhan. Penggunaan humidifier juga dapat membantu melumasi saluran hidung yang akan membuat kamu lebih mudah bernapas.

Selain itu, dengan menjaga udara agar tidak terlalu kering, kamu dan keluarga juga bisa terhindar dari penyakit tersebut. Pasalnya, virus flu biasanya akan bertahan lama dan mudah menyebar saat kelembapan udara rendah. Pada tingkat kelembapan 43% ke atas, kemampuan penyebaran virus biasanya akan berkurang, antara 14-22%. Sementara itu, pada tingkat kurang dari 23%, kemampuan penyebaran bisa mencapai 70-77%.

Baca Juga: Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pembersih Udara Di Rumah

Melindungi Tenggorokan

Kurangnya kelembapan di dalam ruangan dapat berpengaruh pada kesehatan tenggorokan kamu. Kadar kelembapan yang rendah bisa membuat pita suara kering dan terasa gatal. Jika gejala berlangsung lama, tenggorokan pun akan meradang dan suara menjadi serak. Mengingat fungsinya untuk meningkatkan kelembapan, di saat seperti itu manfaat humidifier untuk kesehatan akan kamu perlukan. Kelembapan yang tepat akan membantu melumasi dan menenangkan tenggorkan kamu yang sakit yang kemudian meminimalkan kemungkinan peradangan pada batang tenggorok dan kotak suara.

Meredakan Mampet

via Freepik

Udara kering juga dapat menyebabkan lendir atau ingus kering dan mengental lalu berakibat penyumbatan saluran hidung. Hal ini biasanya akan berujung pada hidung mampet, sakit tenggorokan dan nyeri sinus. Manfaat humidifier untuk kesehatan akan bekerja di sini. Alat tersebut menambahkan kelembapan ke area sekitar yang kemudian akan membantu memecah lendir dan mencegahnya menjadi kering. Karena itu, saat kamu bersin atau batuk, lendir akan lebih mudah dikeluarkan.

Meredakan Sinus

Rendahnya kelembapan udara dapat membuat sinus mengering. Hal ini, dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam hidung, tekanan pada rongga sinus, sakit kepala hingga mimisan. Dengan penggunaan humidifier, mimisan dapat dicegah, tekanan pada sinus akan mereda, dan kamu juga bisa bernapas lega karena udara yang lembap akan membantu memecah lendir.

Menjaga Kesehatan Silia

Penggunaan humidifier juga dapat membantu menjaga silia di dalam hidung tetap sehat dan efektif. Silia sendiri merupakan bulu hidung yang sangat halus dan berfungsi sebagai penyaring udara. Saat kamu bernapas, silia dan lendir akan menangkap sejumlah polutan yang bertebaran di udara seperti debu, jamur, bulu hewan, dan lainnya. Saat udara yang kamu hirup kering, silia tidak mampu melakukan fungsinya dengan efektif.

Melembapkan Kulit dan Bibir

via Freepik

Udara yang kering, misalnya saat kamu terlalu lama di dalam ruangan ber-AC dapat menyebabkan berbagai gejala tidak menyenangkan pada kulit. Pengunaan AC ini meski memberi kesejukan namun dalam menurunkan kadar kelembapan udara. Akibatnya, kulit bisa terasa kencang, kering, gatal, mengelupas dan bahkan mudah mengeriput. Kondisi tersebut juga dapat membuat bibir mudah mengering dan lama-lama akan mengalami pecah-pecah.

Nah, di sinilah manfaat humidifier untuk kesehatan bisa kamu gunakan. Masalah kulit dan bibir kering mungkin bisa diatasi dengan penggunaan lotion dan lip balm, namun keduanya tidak akan cukup untuk menghidrasi kulit. Sementara itu, humidifier dapat membantu meningkatkan kadar kelembapan yang tepat di udara sehingga bisa diserap oleh kulit secara menyeluruh. Selain terhidrasi, gatal-gatal pun akan berkurang dan kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Tingkatkan Kesehatan Jasmani Dan Rohanimu Dengan Crystal Healing

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Sama halnya seperti kulit tubuh, kulit kepala juga bisa kering dan iritasi saat kekurangan kelembapan di udara. Kulit kepala biasanya akan gatal hingga berketombe. Tidak hanya itu, rambut kamu pun bisa saja terdampak udara kering tersebut. Pasalnya, kolagen yang menjadi protein pertumbuhan rambut mebutuhkan tingkat kelembapan tertentu. Saat terpapar udara kering, rambut rentan kering dan rapuh.

Mengurangi Risiko Iritasi Mata

Saat udara kering, debu dan partikel asing dapat bertebaran dengan cepat dan hal ini bisa menimbulkan iritasi pada mata. Manfaat humidifier untuk kesehatan akan sangat berguna karena dengan meningkatnya kelembapan, penyebaran debu dan partikel pun akan terhambat dan mata kamu akan terjauh dari pemicu iritasi.

Meredakan Kebiasaan Mengorok

via Freepik

Manfaat humidifier untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk meringankan kebiasaan mengorok. Mengorok sendiri disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan yang kemudian menyebabkan tenggorokan mebengkak dan hidung terseumbat. Saat ini terjadi, aliran udara melalui hidung menjadi terhambat. Hal ini kemudian menyebabkan kamu bernapas melalui mulut dan terjadilah suara mengorok. Dengan tingkat kelembapan optimal, kondisi kering tersebut dapat mereda dan suara dengkuran berkurang.

Meredakan Asma dan Gejala Alergi

Asma dan gejala alergi juga dapat diredakan lewat penggunaan humidifier yang akan membantu menenangkan jaringan di dalam hidung dan tenggorokan. Gejala-gejala tersebut bisa meliputit enggorokan kering dan gatal, hidung meler, batuk, mimisan, dan penyumbatan sinus.

Namun, perlu diingat, terlalu banyak kelembapan dapat menyebabkan pertumbuhan tungau dan jamur. Karena itu, orang-orang dengan alergi di dalam rumah harus sering-sering membersihkan humidifier dan mengawasinya agar tidak melebihi 50%.

Baca Juga: Mengenal Potpourri, Pengharum Ruangan Alami Yang Kamu Bisa Buat Sendiri, Lho!

Cara Membersihkan Humidifier

Humidifier yang kotor akan menjadi sarang bagi bakteri dan jamur. Karena itu, memberishkan alat satu ini adalah sebuah keharusan. Berikut ini adalah cara-caranya:

  • Gunakan air distilasi (bebas logam dan mineral) dibandingkan air keran (mengandung mineral yang memicu pertumbuhan bakteri)
  • Ganti air setidaknya satu hari sekali
  • Gunakan hydrogen peroksida 3% untuk membersihkan humidifier untuk menghilangkan mineral di dalam tangki (jangan lupa bilas tangkinya agar bahan kimia tidak menyebar ke udara)
  • Ganti filter sesuai rekomendasi pabrikan atau lebih sering jika alat kotor
  • Bersihkan dan kosongkan humidifier sebelum menyimpannya di dalam lemari

Selain memperoleh manfaat humidifier untuk kesehatan, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk me time untuk mengusir penat. Dengan berbagai fitur canggihnya, Bobobox siap menjadi akomodasi andalan kamu untuk me time yang nyaman, dengan harga terjangkau dan tentunya tanpa gangguan. Tertarik? Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like