Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Essential Oil dan Kombinasinya yang Unik!

Manfaat essential oil berikut ini bikin kondisi kesehatan kamu meningkat!

Manfaat essential oil berikut ini memiliki banyak kemampuan yang dapat meringankan gejala penyakit dan menyembuhkannya. Minyak esensial atau essential oil menurut banyak pakar kesehatan dapat mencegah datangnya penyakit dan menyembuhkannya dengan lebih efisien dan cepat. Faktanya terdapat beberapa jenis essential oil di dunia.

Selain manfaatnya yang beragam, wanginya yang menenagkan juga membuat essential oil ini banyak digemari dan dijadikan untuk pengganti parfum ruangan. Kamu pun bisa memilih menggunakan essential oil sesuai dengan keinginan dan suasana hati dan tentunya dengan manfaat yang berbeda-beda. Jika bingung mau menggunakan yang mana, Bob telah menyiapkan beberapa referensi nih yang bisa kamu coba. Simak manfaat essential oil selengkapnya di sini!

1. Manfaat Essential Oil untuk Sakit Flu

Manfaat essential oil yang pertama adalah kemampuanya daam meredakan sakit flu. Beberapa jenis essential oil yang bisa kamu gunakan untuk keluhan ini di antaranya adalahessential oil seperti eucalyptus, cengkeh, dan rosemary. Kamu bisa mengombinasikan beberapa essential oil tersebut di telapak tangan dan hirup dalam-dalam beberapa kali dalam sehari. Cara ini juga dapat membantu kamu mencegah terkena flu saat cuaca sedang tidak menentu atau saat merasa tidak enak badan.

2. Manfaat Essential Oil untuk Heartburn

Manfaat essential oil selanjutnya adaah untuk mengatasi heartbutn atau sebuh kondisi ketika makanan yang kamu cerna naik lagi ke saluran pencernaan atas atau refluks. Kondisi ini faktanya bisa diringankan dengan meneteskan essential oil lemon ke air dan meminumnya untuk mengurangi rasa panas di tenggorokan dengan segera.


Baca Juga: Ini Dia 10 Aroma Essential Oil Paling Favorit dan Manfaatnya


3. Manfaat Essential Oil untuk Sakit perut

Manfaat essential oil berikutnya dapat kamu gunakan untuk mengatasi sakit perut. Essential oil ini meliputi essential oil jahe, dan adas manis (anis). Kedua essential oil ini memiliki efek menenangkan dan antiinflamasi. Kamu bisa menggunakannya dengan mengoles sekaligus memijat perut sesuai arah jarum jam untuk mengurangi ketidaknyamanan.

4. Manfaat Essential Oil untuk Mengatasi Tegang dan Stres

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat essential oil untuk mengatasi tegang dan stres terutama setelah bekerja seharian dan terjebak macet di perjalanan. Manfaat essential oil untuk tegang dan stres ini bisa kamu dapatkan dari essential oil lavender. Kamu bisa mencoba menteskan essential oil lavender ini pada bantal. Manfaat essential oil lavender ini akan bekerja melalui aromanya yang menenangkan akan menghilangkan stres.

Berdasarkan penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine, banyak yang telah menunjukkan bahwa aroma essential oil lavender maupun kombinasi essential oil lainnya dapat bekerja berdampingan dengan terapi tradisional untuk mengatasi kecemasan dan stres.

5. Manfaat Essential Oil untuk Atasi Sakit Kepala dan Migrain

Pada tahun 90-an, dua penelitian kecil menemukan bahwa mengoleskan campuran minyak peppermint dan etanol pada dahi dan pelipis peserta dapat meredakan sakit kepala. Studi terbaru juga mengamati berkurangnya sakit kepala setelah mengoleskan essential oil peppermint dan lavender ke kulit.

Terlebih lagi, mengoleskan campuran minyak chamomile dan minyak wijen ke pelipis telah disarankan dapat mengobati sakit kepala dan migrain. Ini adalah obat sakit kepala Persia tradisional. Namun, diperlukan lebih banyak studi berkualitas tinggi untuk membuktikannya.

6. Manfaat Essential Oil untuk Antibiotik dan Antimikroba

Munculnya bakteri yang kebal antibiotik telah membuat para ilmuwan perlu mencari senyawa lain yang dapat melawan infeksi bakteri. Salah satu studi telah menyelidiki essential oil, seperti peppermint dan minyak pohon teh, yang secara ekstensif memberikan efek antimikroba. Namun, meskipun hasil studi tabung reaksi ini menarik, hasil tersebut tidak serta merta mencerminkan efek minyak ini dalam tubuh.

7. Manfaat Essential Oil untuk Mengurangi Peradangan

Manfaat essential oil yang terakhir akan Bob bahas adalah untuk mengurangi peradangan. Manfaatessential oil ini telah dibuktikan oleh hasil dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa essential oil memiliki efek anti-inflamasi. Salah satu penelitian pada tikus menemukan bahwa dengan menggunakan kombinasi minyak esensial thyme dan oregano faktanya dapat membantu menginduksi remisi kolitis.

@jcomp via Freepik

Selain itu dua penelitian pada tikus dengan menggunakan minyak jintan dan rosemary juga menemukan hasil yang serupa. Meskipun demikian masih sangat sedikit penelitian pada manusia yang meneliti efek minyak ini pada penyakit inflamasi. Oleh karena itu, efektivitas dan keamanannya belum benar-benar terbukti secara klinis.

Namun tidak salahnya bagi kamu untuk mencoba menggunakan beberapa jenis essential di atas ini untuk mengurangi peradangan yang mungkin kamu tengah rasakan. Semoga informasi mengenai manfaat essential oil ini membantu kamu agar kamu tetap sehat selalu!


Baca Juga: Essential Oils 101: Panduan Essential Oil Terbaik yang Dibutuhkan Kulit Agar Selalu Glowing


Tips Memilih Essential Oil Berkualitas untuk Manfaat Essential Oil Maksimal

Saat kamu ingin mendapatkan manfaat essential oil secara maksimal maka kamu harus memastikan bahwa kamu memilih dan menggunakan essential oil yang berkualitas. Essential oil yang berkualitas tak selalu memiliki harga yang mahal. Hal yang perlu kamu perhatikan dengan seksama adalah kualitas produk. Sebaiknya hindari essential oil yang menambahkan pewangi di dalamnya. Kamu juga bisa pilihessential oil yang dikemas dalam botol kaca berwarna coklat atau biru yang berfungsi untuk melindungi kualitasnya terutama dari sinar matahari.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like