Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Manfaat Donor Darah terhadap Kesehatan. Yuk Donor Darah!

Inilah 9 manfaat donor darah terhadap kesehatan!

Manfaat donor darah selain dapat menyelamatkan nyawa orang lain ternyata juga memberi manfaat kesehatan pada sang pendonor. Donor darah dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tujuan utama diberlakukannya kegiatan donor darah adalah untuk dapat membantu orang yang sedang membutuhkan darah. Faktanya kebutuhan darah di Indonesia masih belum terpenuhi oleh jumlah kantong darah yang didapatkan dari kegiatan donor darah.

Kurangnya ketersediaan darah ini salah satunya disebabkan karena rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Darah adalah salah satu komponen terpenting di dalam tubuh manusia. Faktanya saat seseorang mendonorkan darahnya, kantong darah tersebut dapat menyelamatkan tiga nyawa sekaligus.Lalu apa sajakah manfaat donor darah dapat dirasakan oleh pendonor darah. Berikut adalah 9 manfaat donor darah diantaranya.

@orami

1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat donor darah yang pertama adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Manfaat donor darah berikut ini dapat dirasakan jika donor darah dilakukan secara rutin agar dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Donor darah diyakini dapat membantu menurunkan kekentalan darah dalam tubuh.

Faktanya semakin kental darah yang mengalir di dalam tubuh maka gesekan antara darah dan pembuluh darah akan semakin tinggi. Gesekan anatar darah dan pembuluh darah tersebut kemudian dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah. Rusaknya sel-sel dinding pembuluh darah kemudian berkontribusi terhadap meningkatnya risiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah.

2. Manfaat Donor Darah: Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah terdapat juga manfaat donor darah lainnya. Berdasarkan fakta di atas, manfaat donor darah adalah menurunkan kekentalan darah. Menurunnya kekentalan pada darah ini tidak hanya mengurangi gesekan antara darah dengan pembuluh darah tapi juga membantu menurunkan kolesterol. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Faktanya kadar kolesterol yang meningkat pada tubuh dapat membuat sumbatan di area peredaran darah.

3. Manfaat Donor Darah: Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat donor darah yang lainnya adalah dapat mengurangi kadar zat besi berlebih dalam tubuh. Kadar zat besi dalam darah berlebih ini dianggap menjadi salah satu penyebab peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Banyaknya radikal bebas dalam tubuh menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu donor darah secara rutin dapat menghindari pendonor darah dari risiko kanker.

4. Manfaat Donor Darah: Merawat Kesehatan Organ Hati

Kelebihan zat besi tak hanya berkontribusi pada meningkatnya radikal bebas dalam tubuh tapi juga menganggu gangguan kesehatan lainnya. Organ hati menjadi salah satu organ yang dapat terganggu fungsinya saat tubuh mengandung kadar zat besi secara berleihan. Zat besi yang berlebih ini faktanya dapat memicu beberapa penyakit pada tubuh salah satunya adalah penyakit hepatitis C. Berdasarkan fakta ini maka disimpulkan manfaat donor darah dapat merawat kesehatan organ hati.

@mamikos

5. Manfaat Donor Darah: Menurunkan Berat Badan

Jika kamu mendapatkan informasi mengenai donor darah dapat membuat kamu menjadi gemuk, Bob pastikan bahwa informasi itu salah besar! Sebaliknya, manfaat donor darah lainnya adalah mampu menurunkan berat badan, lho. Hal ini dikarenakan donor darah mampu membakar sekitar 650 kalori saat memberikan 450 ml darah.

Perlu diingat untuk tidak menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan kamu ya. Kamu tetap harus menerapkan pola hidup yang sehat disertai dengan olahraga secara teratur. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan asupan makanan kamu.

6. Manfaat Donor Darah: Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat donor darah yang dapat kamu rasakan adalah meningkatnya kemampuan tubuh dalam hal penyembuhan luka. Donor darah dapat membantu meningkatkan enyembuhan luka dikarenakan adanya penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan tubuh saat mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah. Kondisi ini kemudian membuat penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

7. Manfaat Donor Darah: Membuat Pikiran Lebih Bahagia

Selain manfaat donor terhadap kesehatan tubuh secara fisik, faktanya donor darah pun dapat membuat kamu menjadi lebih bahagia, lho. Tentu kamu akan merasa bahagia saat kamu mampu menolong sesama melalui donor darah. Sebarapa sering donor darah dapat dilakukan? Donor darah dapat kamu lakukan secara rutin maksimal 5 kali dalam 2 tahun. Pria dapat mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dan wanita dapat mendonorkan darahnya setiap 4 bulan sekali.

Sebelum dan setelah kamu melakukan donor darah dianjurkan untuk menjaga makanan dengan mencukupi asupan cairan dan zat besi. Sebelum melakukan donor darah jangan lupa juga untuk tidur cukup dan ada baiknya menghindari donor darah saat haid. Untuk memastikan kesiapan tubuh kamu sebelum melakukan donor darah kamu juga dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan kamu kepada petugas PMI.

manfaat donor darah
@woop.id

8. Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Psikologis

Menjadi seseorang yang dapat berkontribusi terhadap masyarakat dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat tentu akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang rutin menjadi pendonor darah dapat merasakan tubuhnya lebih berenergi dan menjadi lebih bugar. Fakta bahwa donor darah dapat membantu kehidupan orang lain membuat pendonor darah berkontribusi dengan melakukan sebuah tindakan terpuji.

Mengetahui donor darah dapat membantu jiwa banyak orang dapat menghilangkan stres pendonor darah. Hal ini pun berkontribusi decara positif terhadap kesehatan psikologis pendonor darah yaitu merasa lebih baik secara mental atau lebih baik daripada sebelumnya.

Setiap darah yang kamu sumbangkan akan dibagi menjadi berbagai komponen sesuai dengan kebutuhan pasien. Setiap komponen tersebut kemudian dapat digunakan oleh penerima yang berbeda untuk berbagai keperluan. Berkat jiwa sosial kamu, kamu dapat menyelamatkan jiwa orang lain!

9. Manfaat Donor Darah: Mendeteksi Penyakit Serius

Biasanya sebelum melakukan donor darah kamu akan melwati beberapa pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Pemeriksaan kesehatan ini melingkupi pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu, kamu juga akan menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan juga malaria.

Pelaksanaan rangkaian tes ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit saat melakukan transfusi darah. Dengan menjalani serangkaian pemeriksaan ini kamu pun sekaligus dapat mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Selain mendeteksi penyakit melalui donor darah tidak ada salahnya bagi kamu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengevaluasi apakah ada hal yang bermasalah dengan tubuh kamu.

Pemeriksaan kesehatan ini penting dilakukan agar kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, menghidrasi tubuh dengan baik, berolahraga, dan beristirahat dengan cukup. Untuk menunjang kebugaran tubuh kamu bisa coba pengalaman menginap di Bobobox untuk mendapatkan kualitas beristirahat yang baik. Unduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul pilihan kamu!

bobo
travelingyuk.com

You might also like