Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan secara Alami

Siap mengonsumsi daun kelor secara rutin?

Bobobox.co.id — Tanaman di sekitar kita seringkali dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk berbagai macam tujuan. Salah satu tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah daun kelor.

Manfaat daun kelor sendiri sudah lama banyak diketahui oleh orang banyak. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pun termasuk salah satu yang mengajurkan tanaman tersebut untuk dikonsumsi.

Pasalnya, manfaat daun kelor terkenal bisa untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Wajar saja jika Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan daun kelor untuk dikonsumsi khususnya oleh anak-anak dan bayi.

Nah, jika kamu penasaran dengan apa saja sih sebenarnya manfaat daun kelor untuk kesehatan secara alami, berikut ini merupakan 10 manfaat yang bisa didapat dari jenis tanaman yang disebut sebagai miracle tree ini.

Manfaat Daun Kelor untuk Menyehatkan Mata

Manfaat daun kelor yang pertama adalah baik untuk kesehatan mata. Banyak dari kita yang lebih mengetahui bahwa makanan seperti wortel, tomat, dan pepaya sebagai makanan yang bisa menyehatkan mata.

Padahal, daun kelor mampu memberikan manfaat yang sama seperti halnya makanan yang Bob tadi sebutkan. Daun kelor memiliki kandungan yang dapat mengurangi timbulnya gangguan penglihatan yang mungkin kamu derita.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan vitamin A dalam daun kelor. Manfaat daun kelor pun baik untuk mengurangi risiko mata plus, minus, silinder, ataupun katarak.

Memperlambat Penuaan

Banyak orang merasa khawatir dengan penampilannya. Tidak heran jika saat kerutan muncul pada wajah, hal tersebut menjadi masalah yang serius karena membuat banyak orang akhirnya menjadi minder dengan penampilannya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi daun kelor yang telah dihaluskan. Kamu bisa membuat daun kelor tersebut sebagai masker wajah yang digunakan selama beberapa menit setiap minggunya.

Hasilnya pun cukup ampuh untuk menghaluskan kulitmu lho. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan hormon sitokinin yang cukup banyak terkandung pada daun kelor seperti zeatin dan dihyrozeatins.

Menyehatkan Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung, ada baiknya kamu mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor lainnya bagi kesehatan tubuh secara alami adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan kalsium dan serat yang terdapat pada daun kelor memiliki andil besar dalam menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tidak hanya itu, manfaat daun kelor pada kesehatan pencernaan pun berkaitan erat dengan fungsi daun kelor itu sendiri.

Sudah umum diketahui bahwa fungsi daun kelor adalah sebagai anti inflamasi. Jika dikonsumsi secara rutin, pencernaanmu akan jauh lebih baik dan gejala penyakit pada pencernaan seperti mag pun akan teratasi secara signifikan.

manfaat daun kelor pencernaan

Menurunkan Kolesterol

Kolestrol tinggi menjadi salah satu musuh berbahaya untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kolestrol tinggi relatif identik dengan berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Banyak cara bisa kamu tempuh untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuhmu. Salah satunya adalah mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor ini sendiri sudah teruji lewat berbagai penelitian.

Menurut sebuah penelitian, kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karenanya, saat mengonsumsi daun kelor, kamu pun serasa mengonsumsi almon untuk efek penurunan kolestrol.

via klinicapp.com

Kaya akan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang berperan aktif dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. Semakin tinggi tingkat radikal bebas dalam tubuh, maka semakin meningkat pula risiko beberapa penyakit.

Nyatanya, daun kelor sendiri terkenal sebagai salah satu tanaman yang kaya akan antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan yang terdapat pada daun kelor antara lain quercetin dan asam klorogenik.

Klaim bahwa daun kelor kaya akan antioksidan pun bukan isapan jempol belaka. Sebuah studi menemukan bahwa menggunakan satu setengah sendok teh bubuk daun kelor setiap hari meningkatkan kadar antioksidan darah.

Baik untuk Ibu Menyusui

Manfaat daun kelor selanjutnya ini rasanya akan benar-benar bagi seorang yang sedang dalam masa menyusui anaknya yang masih bayi. Daun kelor menjadi salah satu bahan makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Ibu menyusui sendiri membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Daun kelor yang mengandung protein, zat besi, dan vitamin C rasanya sangat dianjurkan untuk secara rutin dikonsumsi.

Selain itu, daun kelor mengandung unsur flavonoid yang manfaatnya akan sangat baik untuk ibu menyusui. Mengonsumsi flavonoid dan protein akan memberikan hasil signifikan bagi Air Susu Ibu (ASI) yang lebih banyak dan berkualitas.

via alodokter.com

Memiliki Manfaat sebagai Obat Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang hampir semua orang berharap tidak terjangkit penyakit tersebut. Pasalnya, kanker sendiri mampu menggerogoti kemampuan banyak organ tubuh sehingga tidak bekerja optimal.

Cara yang bisa kamu lakukan agar risiko terjangkit penyakit tersebut menurun adalah mengonsumsi daun kelor. Banyak orang mungkin memengernyitkan dahi saat mengetahui bahwa manfaat daun kelor bisa sedahsyat ini.

Hal tersebut pun dibukti melalui penelitian yang diterbitkan di Jurnal Oncology Letters. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa ekstrak daun kelor yang dilarutkan dalam air bisa mengobati kanker secara alami.

Memperbaiki Mood

Situasi di masa pandemi COVID-19 ini memang membuat banyak orang mengalami masalah psikis. Hal tersebut terbilang wajar mengingat banyak hal yang berubah seperti tidak boleh keluar rumah selama berbulan membuat mood rusak.

Tahukah kamu jika kamu bisa memperbaiki moodmu dengan mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor ini didasari atas kandungan vitamin C dan E yang tinggi yang bisa kamu dapat saat mengonsumsi daun kelor.

Kedua vitamin tersebut memiliki manfaat dalam meningkatkan dopamin dan serotonin. Serotonin sendiri merupakan hormon yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.

Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan respon alami jika tubuh mengalami infeksi atau cedera. Peradangan ini pun adalah mekanisme perlindungan yang penting namun akan menjadi masalah jika berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi peradangan yang dialami. Salah satunya adalah dengan bantuan daun kelor. Manfaat daun kelor ini pun sudah dipublikasikan melalui sebuah jurnal.

Jurnal tersebut menyatakan bahwa daun kelor mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis secara signifikan. Hal tersebut dibantu oleh isothiocyanate  yang merupakan senyawa anti-inflamasi.

via kataeb.org

Mencegah Keracunan Arsenik

Manfaat daun kelor terakhir adalah mencegah keracunan arsenik. Pencemaran arsenik pada makanan dan air menjadi salah satu masalah yang belum kunjung usai di berbagai belahan dunia.

Paparan arsenik yang tinggi dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan seiring berjalannya waktu. Oleh karenanya, kamu pun diminta untuk waspada soal ini. Cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi daun kelor.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan fakta bahwa daun kelor dapat mencegah beberapa efek toksisitas arsenik. Walaupun hasilnya menjanjikan bagi kesehatan, hal tersebut belum diketahui apakah akan efektif atau tidak bagi manusia.

via kafekepo.com

Menginap dengan Nyaman? Datang aja Lansung ke Bobobox

Kesulitan mencari penginapan yang nyaman untuk diinapi? Tidak perlu khawatir karena ada Bobobox yang menawarkan kenyamanan yang kamu butuhkan selama menginap.

Tidak percaya? Unduh saja aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk merasakan langsung kenyamanan menginap di Bobobox.

You might also like