Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tingkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohanimu dengan Crystal Healing

Memanfaatkan sifat penyembuhan dalam batu kristal

Jika kamu tengah mencari terapi penyembuhan diri, manfaat crystal healing bisa banget kamu coba. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kemanjuran terapi tersebut, crystal healing sendiri cukup populer dan diklaim telah memberikan manfaat baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

Lantas, apa sih manfaat crystal healing ini? Yuk intip informasinya bersama Bob!

Apa Itu Crystal Healing

@farreal via Unsplash

Sebelum mengenal apa saja manfaat crystal healing, ketahui dulu yuk apa sebenarnya crystal healing itu. Crystal healing ini merupakan sejenis pengobatan alternatif yang memanfaatkan sifat penyembuhan yang dipercaya terkandung dalam batuan kristal. Bebatuan kristal tersebut diyakini memiliki pola energi yang stabil dan tidak berubah-ubah serta dapat mengeluarkan getaran positif, menenangkan dan membangkitkan semangat.

Selain itu, batu kristal juga disebut-sebut memliki frekuensi yang dapat terhubung dengan sistem energi di dalam tubuh atau chakra. Batu-batu itu memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan aliran energi kemudian membantu menyingkirkan sumbatan di dalam tubuh dan memulihkan sirkulasi aliran alami energi.

Batu kristal itu biasanya akan ditempatkan pada titik-titik tertentu untuk menyerap energi positif dan mengeluarkan energi negatif. Dengan penggunaan yang tepat, batu kristal dapat membantu kamu mendapatkan keseimbangan jiwa dan raga, ketenangan pikiran serta tubuh yang lebih sehat.

Crystal healing termasuk jenis pengobatan kuno yang sudah digunakan selama berabad-abad untuk membantu menangani berbagai macam penyakit. Kabarnya, crystal healing ini sudah dipraktikkan sejak zaman Mesir Kuno untuk penyembuhan dan perlindungan, misal untuk mengusir roh jahat di dalam tubuh. Selain Mesir, kristal juga digunakan dalam pengobatan India dan China serta Yunani dan Roma kuno sebagai bentuk perlindungan saat perang dan juga pengobatan.


BACA JUGA:

Mengenali Forest Bathing, Pengobatan Alternatif Alami Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Cara Kerja Crystal Healing

@amandavickcreativevia Unsplash

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, manfaat crystal healing ini belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan penyakit. Kristal sendiri dianggap sebagai media bagi manusia untuk bisa merasakan energi dan frekuensi tinggi. Kristal memiliki struktur padat yang terdiri dari struktur simetris berlapis-lapis. Struktur tersebut biasanya terdiri dari satu jenis mineral.

Kandungan mineral tersebut berpadu dengan struktur kristal memungkinkan kristal untuk membawa frekuensi energi yang lebih tinggi. Sementara itu, penyakit tidak disebabkan oleh energi negatif atau panjang gelombang.

Meski begitu, manfaat crystal healing masih bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental dengan adanya kekuatan sugesti. Hal ini serupa dengan bagaimana kamu memiliki keyakinan akan doa atau pikiran yang positif.

Maka dari itu, crystal healing ini tidak bisa kamu jadikan sebagai pengganti pengobatan oleh dokter. Crystal healing ini sebaiknya kamu gunakan sebagai tambahan untuk rutinitas kesehatan kamu seperti halnya kamu menambahkan makanan sehat dan olahraga rutin untuk menunjang kesehatan fisik dan mental kamu.

Manfaat crystal healing sendiri memang dimaksudkan untuk menenangkan, memulihkan serta memperbarui diri. Hal ini diperoleh dari sifat batu yang dapat menyerap energi dari alam seperti matahari, bulan, panas bumi, laut dan lainnya yang memiliki energi penyembuhan alami.

Energi tersebut kemudian dapat dipancarkan dan dengan sifatnya yang stabil mampu memulihkan kembali energi sehingga tubuh kembali sehat. Hal tersebut akan berjalan efektif jika kamu memiliki keinginan yang kuat serta saluran energi yang terbuka dan mudah diarahkan untuk memperbaiki jiwa dan raga.

Praktik untuk mendapatkan manfaat crystal healing juga terbilang sederhana. Salah satunya adalah dengan mengenakan batu tersebut pada tubuh misal sebagai aksesori seperti gelang dan kalung.

Manfaat crystal healing juga bisa kamu dapatkan dengan membawa batu tersebut, menggunakannya sebagai dekorasi (misal di dalam di kamar tidur atau tempat bekerja), menggenggamnya saat meditasi,  atau dengan mendapatkan treatment lewat seorang terapis kristal. Terapis kristal biasanya mengetahui jenis batu apa yang sesuai untuk merangsang tujuh chakra atau titik energi di sekitar tubuh. Tujuh chkara tersebut terdiri dari chakra utama, jantung, seks, ajna, tenggorok, solar plexus dan mahkota.


BACA JUGA:

Lelah Setelah Hari Yang Panjang? Coba Beristirahat Sambil Merasakan Manfaat Lilin Aroma Terapi


Manfaat Crystal Healing

@danicostelo via Unsplash

Crystal healing dipercaya memiliki manfaat seperti:

  • Meningkatkan ketenangan, fokus dan kepositifan
  • Meningkatkan imun dan sebagai pereda nyeri
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Menghilangkan racun dari tubuh
  • Memaksimalkan fungsi organ
  • Mengurangi rasa cemas
  • Meringankan stres dan depresi

Manfaat crystal healing biasanya disesuaikan dengan jenis batu yang kamu gunakan. Karena itu, jika ingin melakukan terapi secara pribadi, kamu perlu memilih batu yang tepat sesuai dengan masalah yang kamu hadapi. Berikut ini adalah beberapa manfaat crystal healing berdasarkan jenis batu yang digunakan untuk terapi tersebut.


BACA JUGA:

Rekomendasi Buku Self-Healing Untuk Membantu Memulihkan Hati


Clear Quartz

Clear quartz dipercaya dapat memperkuat energi di dalam tubuh, menjaga sistem imun serta menyeimbangkan segala sesuatu di dalam tubuh kamu. Selain itu, batu bening ini juga kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Rose Quartz

Rose quartz dianggap mampu memulihkan rasa percaya diri serta memberikan kenyamanan dan ketenangan saat kamu dilanda kesedihan. Tak hanya itu, batu merah muda ini juga kerap dijadikan lambang cinta dan  digunakan untuk memperat kedekatan dengan orang tercinta. Batu satu ini juga dianggap dapat mengganti kenegatifan dengan energi cinta. Dengan begitu, penggunanya dapat terbuka untuk memberi maaf dan kepercayaan.

Amethyst

Amethyst dipercaya dapat membantu mencegah insomnia dan terhindar dari mimpi buruk. Batu ini juga dianggap dapat menghilangkan stres, melancarkan sirkulasi darah dan membersihkannya, meredakan sakit kepala serta bermanfaat untuk masalah usus dan pencernaan. Selain itu, amethyst ini juga dianggap dapat menghubungkan seseorang dengan kebijaksanaan, kerendahan hati dan ketulusan serta menghalau kenegatifan dan meredakan rasa sedih.

Content Pixie via Unsplash
Jade (Giok)

Jade sudah sering digunakan untuk membersihkan diri. Kamu bisa menggunakannya langsung pada tubuh misal dalam bentuk Yu Ling Roller atau saat meditasi. Hal ini disebut-sebut dapat membantu menyingkirkan racun dalam tubuh dengan merangsang sistem filtrasi.

Citrine

Citirine merupakan batu berwarna kuning yang melambangkan kegembiraan dan antusiasme penggunanya. Karena itu, batu satu ini juga bisa digunakan untuk menemani kamu saat sedang merasa sedih. Selain itu, citrine juga dapat merangsang kinerja otak, meningkatkan rasa percaya diri dan keoptimisan, serta meningkatkan kreativitas dan konsentrasi.

Turmalin Hitam

Batu satu ini terkenal dapat melepaskan stres dari tubuh dan lingkungan sekitar dengan menghalangi energi negatif untuk memasuki tubuh atau ruangan sekitar kamu. Karenanya, kamu bisa menempatkan batu satu ini di depan pintu, di meja atau di setiap sudut ruangan sebagai bentuk perlindungan dari energi negatif.

Akuamarin

Batu satu ini dapat kamu gunakan sebagai kalung sehingga dapat meningkatkan energi pada chakra tenggorokan. Selain itu, akuamari juga bisa membantuk meningkatkan kreativitas dan sangat baik bagi kamu dalam menghadapi obrolan yang sulit.

Turquoise

Batu turquoise kerap kali digunakan untuk melindungi diri dari polusi dan pengaruh luar dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Batu satu ini juga bersifat antiinflamasi dan memiliki efek detoksifikasi sehingga sangat cocok bagi kamu yang tinggal di perkotaan. Selain itu, turquoise juga dapat membantu menstabilkan perubahan mood. Karenanya, batu satu ini terkenal dapat meredakan rasa takut dan kelelahan dalam situasi yang menakutkan.

Staycation? Bobobox Saja!

Butuh tempat staycation untuk melepaskan diri dari penat dan segala tekanan yang mendera diri? Ke Bobobox yuk! Tempatnya nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan dilengkapi dengan fitur-fitur menarik.

Salah satunya adalah fitur moodlamp yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah warna lampu di dalam pod sesuai dengan suasana hati dan kenyamanan kamu, baik untuk tidur, berfoto, membaca buku atau menonton. Ingin tahu lebih jauh? Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store dan rasakan pengalaman menginap yang lain dari yang lain!

You might also like