Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nggak Hanya Enak, Inilah 7 Manfaat Cokelat yang Kamu Bisa Nikmati!

Manfaat cokelat yang kamu mungkin belum ketahui!

Manis dan lezat. Duh! Siapa sih yang bisa tahan godaan makanan yang satu ini? Cokelat bukan sekadar jajanan anak-anak saja. Makanan yang satu ini juga bisa kamu sulap menjadi beragam kudapan dan dessert yang menggoda. Menurut Wahana Interfood, cokelat sudah dikonsumsi sejak 2.000 tahun yang lalu oleh suku Indian Maya. Biji cokelat digiling untuk dijadikan minuman. Bahkan, cokelat pun sempat dijadikan mata uang!

Seperti halnya kedai kopi yang menjamur di mana-mana, dulu kedai cokelat pun sangat populer! Menurut History, di akhir tahun 1500an, cokelat jadi minuman populer di Spanyol. Negara ini pun mulai mengimpor cokelat di tahun 1585. Pada akhirnya, cokelat jadi produk yang melejit di Eropa. Akibat permintaan cokelat yang meledak, perkebunan-perkebunan cokelat pun mulai bermunculan.

manfaat cokelat
Credit: MoldyVintage Photo (Pexels)

Baca Juga: Ini Dia 9 Coklat Termahal di Dunia, Cuma Bisa Dinikmati Segelintir Orang!


Sekarang, cokelat bisa kita dapatkan dengan mudah dalam beragam bentuk. Yang paling praktis sih memang bubuk hot chocolate, cokelat batangan, dan praline. Cokelat juga jadi primadona pada perayaan-perayaan tertentu, terutama Hari Valentine. Namun, cokelat nggak hanya enak, lho! Masih ada beragam manfaat cokelat yang kamu belum ketahui! Apa saja manfaat cokelat yang bisa kamu rasakan? Berikut pembahasannya!

1. Memperbaiki Mood

Manfaat cokelat yang pertama mungkin sudah pernah kamu dengar. Ya, cokelat bisa memperbaiki suasana hatimu, dan ini terbukti secara ilmiah. Menurut Viveve, cokelat mengandung asam amino yang disebut triptofan. Nah, otak kita menggunakan triptofan untuk menghasilkan serotonin yang dapat meningkatkan rasa bahagia. Kadar serotonin ini juga meningkat mengikuti persentase cokelat, lho!

Credit: Ketut Subiyanto (Pexels)

Nggak hanya itu! Cokelat yang kamu nikmati juga membantu otak memproduksi endorfin. Biasanya, endorfin dihasilkan saat kita berolahraga. Nah, hormon ini membantu menurunkan tingkat stres dan membuat kita merasa lebih segar dan ceria. Jadi, kalau mood mulai jelek, segera ambil chocolate bar kesukaanmu dan rasakan manfaatnya untuk suasana hati kamu!

2. Baik untuk Kulit

Kamu pasti nggak asing dengan masker cokelat. Ya, salah satu manfaat cokelat memang berkaitan dengan kulit. Cokelat, menurut Healthline, mengandung zat bioaktif bernama flavanol. Nah, zat ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan cahaya matahari. Wih! Tentunya kita nggak mau dong kulit sampai rusak karena cahaya UVA dan UVB.

manfaat cokelat
Credit: Ron Lach (Pexels)

Kandungan flavanol dalam cokelat juga melancarkan sirkulasi darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan kulit. Selain itu, zat ini juga membantu menghidrasi kulit. Jadi, kulit kita nggak mudah kering. Meskipun demikian, kamu tetap perlu melakukan perawatan kulit yang baik dan nggak hanya bergantung pada cokelat. Dan juga, jangan lupa pakai sunscreen setiap hari, ya!


Baca Juga: Punya Kulit Gampang Bermasalah? Ikuti 7 Tips Perawatan Kulit Sensitif Ini!


3. Meningkatkan Brain Power

Yang berikutnya, manfaat cokelat yang kamu bisa rasakan adalah peningkatan daya otak. Jadi, cokelat nggak hanya melancarkan aliran darah ke kulit. Menurut Be Brain Fit, kandungan dalam cokelat membantu meningkatkan peredaran darah ke otak. Walhasil, daya ingat, rentang perhatian, dan kemampuan menyelesaikan masalah pun menjadi lebih baik.

Credit: Artem Podrez (Pexels)

Kandungan flavonoid dalam cokelat juga memberikan manfaat tersebut, baik orang tua maupun anak-anak. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu dosis cokelat yang kaya akan flavanol mendorong peningkatan yang signifikan pada aliran darah di otak. Selain itu, konsumsi 2-3 cangkir cokelat panas membantu melancarkan aliran darah ke otak selama 2-3 jam. Cocok buat kamu yang sibuk kerja!

4. Rambut Makin Sehat

Kamu mungkin nggak asing dengan hair mask cokelat. Ya, ini karena manfaat cokelat pun bisa terasa pada rambut kita! Menurut Times of India, cokelat, terutama dark chocolate kaya akan proantosianidin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut. Kandungan mineral pada cokelat juga membantu meningkatkan volume rambut dan melancarkan peredaran darah ke kulit kepala.

manfaat cokelat
Credit: KoolShooters (Pexels)

Ingin lebih memaksimalkan manfaat cokelat untuk rambutmu? Kamu bisa buat sendiri hair mask cokelat, lho! Campurkan cokelat hitam tanpa pemanis dengan madu dan yoghurt. Ratakan masker pada rambut dan diamkan selama setengah jam sebelum dibilas. Dengan masker ini, bye-bye rambut kusam dan welcome rambut sehat dan berkilau ala model iklan sampo!


Baca Juga: Coba 7 Resep Masker Rambut Alami Ini untuk Dapatkan Pesona Rambut ala Duta Sampo!


5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat cokelat yang berikutnya nggak kalah penting. Seperti kita tahu, risiko penyakit jantung bisa terjadi kepada siapa pun. Nah, cokelat ternyata membantu meningkatkan kesehatan jantung. Menurut Hopkins Medicine, kandungan antioksidan dalam cokelat terbukti menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penggumpalan darah, dan melancarkan sirkulasi darah ke jantung.

Credit: mentatdgt (Pexels)

Karena manfaat tersebut, risiko stroke dan penyakit jantung koroner pun bisa dikurangi. Namun, mengonsumsi cokelat aja nggak cukup untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu juga harus mengikuti gaya hidup yang lebih baik, rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat juga. Setidaknya, cokelat bisa membantu menjaga kesehatan jantungmu dari dalam, ya.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Cokelat identik sebagai jajanan manis yang bikin gemuk. Namun, manfaat cokelat yang satu ini terdengar berkebalikan. Kok bisa? Jadi, menurut Every Day Health, cokelat hitam memperbaiki metabolisme glukosa dalam tubuh. Flavonoid dalam cokelat mengurangi tekanan oksidatif yang memicu resistensi insulin. Nah, perbaikan sensitivitas tubuh terhadap insulin membuat resistensi tersebut dapat menurun.

manfaat cokelat
Credit: Budgeron Bach (Pexels)

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan kaitan konsumsi cokelat dengan risiko diabetes. Orang yang jarang mengonsumsi cokelat ternyata memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami diabetes dibandingkan mereka yang mengonsumsi cokelat setidaknya seminggu sekali. Ah! Jadi, cokelat tetap aman dan justru bisa mencegah diabetes, selama kamu mengonsumsinya dalam kadar yang sehat, ya!


Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Coba Kenali dan Ikuti 5 Contoh Konsumsi Superfood Ini!


7. Performa Atletik Makin Unggul

Buat kamu yang suka berolahraga, manfaat cokelat yang satu ini pas banget. Pasalnya, cokelat membantu memperbaiki atau meningkatkan performa atletikmu. Menurut Medical News Today, cokelat hitam membantu meningkatkan ketersediaan oksigen saat kamu melakukan latihan kebugaran. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pesepeda yang mengonsumsi cokelat hitam menggunakan lebih sedikit oksigen.

Credit: Allan Mas (Pexels)

Menurut para ilmuwan, efek ini muncul karena kandungan flavonol yang membantu pengeluaran nitrogen monoksida pada tubuh. Hmm… Buat kamu yang rajin olahraga atau ingin melakukan latihan berat, coba deh konsumsi cokelat hitam sebelumnya. Siapa tahu performa atletikmu jadi lebih baik. Kamu pun bisa menjangkau jarak yang lebih jauh dan nggak mudah kelelahan!

Sudah Nikmati Manfaat Cokelat Hari Ini?

Meskipun memiliki beragam manfaat, cokelat nggak boleh kamu konsumsi sembarangan. Kamu tetap harus mengonsumsinya dalam kadar atau jumlah yang sehat. Salah-salah, konsumsi cokelat bisa berdampak pada kenaikan berat badan atau memicu masalah lain. Jadi, makan cokelat tentunya boleh dan aman, selama dalam jumlah yang terbatas pula!

Nah, kalau soal healing atau penyegaran pikiran, kamu bisa percayakan sama Bobobox! Hotel kapsul yang satu ini beda dari yang lain. Setiap pod punya interior yang luas dan keren. Ada adjustable lighting dan air conditioner system yang bikin kamu tetap nyaman saat beristirahat atau bersantai. Apalagi, fasilitas umum yang tersedia juga akan menunjang kebutuhan kamu selama menginap.

Kamu bisa pilih earth pod atau sky pod sesuai keinginanmu! Nginap bareng si kecil? Di Bobobox, satu pod bisa mengakomodasi dua orang dewasa dan satu anak-anak. Jadi, tetap bisa liburan seru bareng anak! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Dapatkan beragam promo seru khusus kamu dari aplikasi Bobobox secara langsung!

You might also like