Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Pedas dan Sedap, Ini Dia Beragam Manfaat Cabai Jalapenos untuk Kesehatan Tubuhmu!

Banyak manfaat yang tak akan kamu duga!

Bobobox.co.id — Cabai merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai penambah rasa pedas dalam sebuah makanan. Bahkan, cabai kerap jadi primadona untuk makanan tertentu.

Banyak jenis cabai bisa dipilih di pasaran berdasarkan tingkat kepedasannya. Salah satu yang paling pedas adalah cabai jalapenos. Cabai khas Meksiko ini terkenal akan rasanya yang sangat pedas dan mengingit.

Namun, siapa sangka jika cabai ini tak hanya memberikan kenikmatan duniawi saja. Kesehatan tubuh pun bisa mendapatkan manfaat dari cabai yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kebanyakan cabai.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan 10 manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat optimal, konsumsi secara rutin, ya!

Ini Dia Beragam Manfaat Cabai Jalapenos untuk Kesehatan

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan pertama adalah membantu turunkan berat badan. Untuk itu, bagi kamu yang sedang dalam program diet, jenis cabai ini cocok untuk kamu konsumsi.

Penurunan berat badan ini sendiri terbantu oleh meningkatnya proses metabolisme, pembakaran lemak, serta berkurangnya nafsu makan. Cabai jalapenos berperan penting untuk ketiganya.

Tak mengherankan mengingat jalapenos mengandung kandungan capsaicin dan capsaicinoid. Namun, konsumsi cabai ini harus dilakukan secara rutin agar berat badanmu agar turun dari waktu ke waktu.

Manfaat Cabai Jalapenos untuk kesehatan berat badan
Turunkan berat badan via pexels.com/@pixabay

2. Membunuh Sel Kanker

Manfaat cabai jalapenos berikutnya adalah mampu membunuh sel kanker. Kandungan capsaicin pada jalapenos inilah yang menjadi elemen penting dalam memerangi serta membunuh sel kanker.

Pasalnya, kandungan tersebut memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Kekuatan yang dimiliki kandungan tersebut mampu membunuh lebih dari 40 jenis sel kanker tanpa merusak sel normal dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan tersebut mampu melawan kanker dengan mencegah kanker menyebar ke area lain dalam tubuh. Walaupun begitu, untuk yang satu ini, masih harus dikaji lebih lanjut, ya!

Manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan Membunuh Sel Kanker
Membunuh Sel Kanker via pexels.com/@padrinan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Kesehatan jantung wajib dijaga khususnya di zaman yang menawarkan makanan tak sehat dan tak baik yang menghambat kinerja jantung.

Mengonsumsi cabai jalapenos adalah pilihan yang bisa kamu ambil. Kandungan capsaicin lagi-lagi memiliki peran vital. Ia dapat menurunkan kadar kolestrol dan juga tekanan darah tinggi.

Seperti yang sudah kamu ketahui, keduanya adalah dua ‘musuh’ utama jantung. Memakan lima gram cabai ini pun terbukti membantu menstabilkan gula darah dan mencegah lonjakan besar setelah makan.

Manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan Kesehatan Jantung
Kesehatan Jantung via edan.su

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan


4. Perangi Infeksi

Memerangi infeksi merupakan manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan lainnya. Senyawa yang ditemukan dalam jenis cabai khas Meksiko ini mampu memperlambat pertumbuhan bakteri dan ragi bawaan makanan.

Tak hanya itu, ekstrak cabai ini pun memiliki manfaat kesehatan berkaitan dengan infeksi. Mulai menghentikan bakteri kolera hingga mengurangi dampak penyakit yang diluarkan melalui makanan.

Senyawa yang memiliki bekerja keras untuk memerangi infeksi tersebut adalah capsaicin. Senyawa ini pun disinyalir mampu mencegah infeksi lainnya seperti radang tenggorokan dan klamidia.

Perangi Infeksi via medicalnewstoday.com

5. Melawan Radikal Bebas Berlebih

Tak hanya mampu memerangi infeksi, cabai jalapenos pun dipercaya mampu melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas sendiri adalah molekul yang tidak teroksidasi menyebabkan terbentuk molekul baru yang dapat merusak sel tubuh.

Dalam kapasistas normal, radikal bebas memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, saat kapasitasnya berlebih, radikal bebas ini justru berpotensi merapuhkan mekanisme kerja organ dalam tubuh.

Manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan ini dibantu dengan kandungan vitamin C. Sifat antioksidan baik dalam vitamin C bermanfaat untuk melawan radikal bebas serta mengurangi risiko berbagai penyakit.

Radikal bebas via mitrahusadapringsewu.com

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan benteng terakhir untuk menangkal berbagai penyakit menyerang tubuh. Dengan pentingnya daya tahan tubuh, menjaganya agar tetap prima menjadi suatu kewajiban.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi buah-buahan. Namun, siapa sangka jika cabai jalapenos pun bisa menjadi salah satu cabai untuk dikonsumsi yang berkhasiat baik bagi daya tahan tubuh.

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang mampu menjaga daya tahan tubuh karena berperan dalam produksi sel darah putih. Nah, kamu bisa mendapatkan vitamin C ini dari cabai asal Meksiko ini.

Menjaga Daya Tahan Tubuh via pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

7. Penghilang Rasa Sakit Alami

Sering merasa nyeri pada beberapa bagian tubuh? Mengonsumsi cabai jalapenos bisa jadi jawabannya. Pasalnya, cabai ini dipercaya mampu menghilangkan rasa sakit yang kamu alami secara alami.

Kandungan capsaicin pada cabai asal Meksiko ini efektif bila digunakan secara eksternal. Cabai ini mampu menjadi penenang untuk tubuh karena memblokir sementara reseptor rasa sakit.

Awalnya, kamu akan merasakan sensasi terbakar lalu diikuti oleh rasa mati. Namun, setelah itu, rasa sakit tersebut pun akan hilang. Akan tetapi, cabai ini tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Penghilang nyeri via pexels.com/@karolina-grabowska

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Tawar Panas Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui


8. Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan salah satu penyakit luka pada lambung yang menyebabkan keluhan sakit maag. Nah, beberapa faktor seperti bakteri H. pylori dan asam lambung tinggi bisa jadi penyebabnya.

Nah, untuk mencegah tukak lambung, kamu bisa mengonsumsi cabai jalapenos. Kandungan capsaicin dalam cabai tersebut mampu melindungi perut dari pengembangan tukak lambung.

Bahkan, capsaicin pun dipercaya mampu mencegah peradangan lambung. Walaupun begitu, jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan yang justru membuat kondisimu jadi lebih parah.

Mencegah Peradangan Lambung via pexels.com/@olly

9. Mengobati Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit di mana adanya peradangan pada dinding sinus. Demam, hidung tersumbat, mata bengkak, dan nyeri pada kepala biasanya menjadi salah satu gejala yang timbul.

Nah, untuk mengatasi demam dan nyeri pada kepala, cabai jalapenos bisa jadi solusinya. Dengan takaran seimbang, cabai pedas ini mampu mencegah kedua gejala tersebut dengan cukup baik.

Cara kerja dari manfaat cabai jalapenos ini adalah dengan membersihkan lendir secara merata. Tak hanya itu, cabai ini pun mampu mengurangi bakteri yang ditimbulkan dari penyakit sinusitis tersebut.

Sinusitis via lifepack.id

10. Kesehatan Mata Terjaga

Manfaat cabai jalapenos untuk kesehatan terakhir di daftar ini adalah baik untuk kesehatan mata. Manfaat dari cabai ini relatif jarang diketahui padahal bisa jadi alternatif pilihan jika cara lain tak efektif.

Kandungan dalam cabai yang terkenal sangat pedas inilah yang berpengaruh pada kesehatan mata. Di samping itu, cabai tersebut memiliki manfaat penting dalam perkembangan sel baru.

Hal tersebut terjadi karena kandungan seperti vitamin A, follat, mangan, vitamin B6, capsaicin, serta vitamin C. Jadi, rasanya tak perlu lagi untuk ragu mengonsumsi cabai ini secara rutin.

Manfaat cabai jalapenos untuk Kesehatan Mata Terjaga
Kesehatan Mata Terjaga via unsplash.com/@amandadalbjorn

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Jawabannya

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam memesan sebuah penginapan. Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang terdepan dalam menyediakan keduanya.

Penasaran ingin mencoba kenyamanan dan keamanan yang Bob maksud? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan podnya.

Bobobox Pods Malioboro

You might also like