Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Bersepeda secara Rutin bagi Pria dan Wanita

Tidak ada alasan lagi untuk tidak memulai bersepeda.

Bobobox.co.id — Tubuh manusia membutuhkan aktivitas fisik agar berfungsi secara normal dalam jangka waktu yang relatif lama. Salah satu aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan adalah bersepeda.

Olahraga satu ini sendiri sekarang sedang naik daun di berbagai kalangan. Tidak heran jika kamu melihat media sosialmu, banyak orang yang akhirnya melakukan olahraga ini karena banyak manfaat bersepeda yang bisa didapat.

Manfaat bersepeda sendiri bisa dirasakan baik oleh pria ataupun wanita. Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai olahraga satu ini. Walaupun terbilang telat, hal terpenting adalah kamu berusaha untuk berkeringat secara rutin.

Nah, jika kamu penasaran apa saja sih sebenarnya manfaat bersepeda secara tuin bagi pria dan wanita, berikut ini merupakan 10 manfaat yang bisa kamu dapat dari olahraga yang sedang populer saat ini.

Membantu dalam Mengatasi Obesitas

Sudah menjadi rahasia umum jika berolahraga secara teratur dapat mengurangi berat badan. Hal tersebut pun bisa didapat dari manfaat bersepeda. Bersepeda termasuk olahraga yang bisa membakar banyak kalori.

Bersepeda dengan durasi satu jam sendiri dapat membakar 400 hingga 1.000 kalori. Hal yang harus kamu perhatikan adalah angka tersebut sendiri akan bergantung pada intensitas dan beban kayuhan yang kamu gunakan pada sepeda.

Semakin lama durasi bersepeda, semakin berat kayuhannya. Hal tersebut secara otomatis memaksimalkan manfaat bersepeda untuk membantu bagi orang-orang yang memiliki masalah pada berat badannya.

manfaat bersepeda menjaga berat badan

Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Manfaat bersepeda lainnya bagi pria dan wanita adalah menjaga hingga meningkatkan kesehatan paru-paru. Manfaat bersepeda satu ini pun sudah dibuktikan dengan penelitian dari Kings College London dan Camden Council.

Penelitian yang dilakukan oleh Kings College London dan Camden Council sendiri memilih untuk memasang detektor polusi udara yang dipasang kepada pengemudi kendaraan pribadi, pengguna bus, pejalan kaki, dan pesepeda.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengendara sepeda memiliki kemungkinan untuk terkena polusi lebih kecil dibandingkan pengemudi kendaraan pribadi, pengguna bus, dan pejalan kaki.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Mental

Bagi kamu yang sedang merasa moodmu sedang berantakan, ada baiknya kamu mencoba untuk bersepeda minimal berkeliling tidak jauh dari rumah. Pasalnya, manfaat bersepeda berikutnya adalah meningkatkan kesehatan mental.

Kondisi hormon yang mudah berubah biasanya membuat banyak wanita seringkali mudah terkena stres, kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa bersepeda secara rutin.

Manfaat bersepeda ini sendiri akan sangat dianjurkan untuk dilakukan karena darah yang beredar menuju otak akan lebih lancar saat kamu lebih rajin dan rutin dalam melakukan olahraga seperti bersepeda.

Tidur menjadi Lebih Nyenyak

Tidur yang lelap menjadi idaman bagi banyak orang. Dengan tidur yang lelap, kamu bisa mendapatkan badan yang lebih segar keesokan harinya. Walaupun begitu, terkadang mendapatkan tidur yang lelap sulit untuk didapat.

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, ada baiknya jika kamu mulai mempertimbangkan untuk bersepeda secara rutin. Manfaat bersepeda ini sendiri nantinya akan membuatmu mendapatkan tidur nyenyak yang kamu idamkan.

Cobalah untuk bersepeda selama 20 hingga 30 menit setiap dua hari sekali di pagi hari saat matahari belum terbit. Jadwal bersepeda yang teratur tersebut bisa membantumu dalam menyingkirkan hormon kortisol yang menyebabkan insomnia.

Merawat Kondisi Sendi pada Tubuh

Seperti yang dikutip dari Everyday Health, perbedaan faktor biologis, genetika, dan hormon menjadikan wanita lebih rentan terkena arthritis tiga kali lipat dibandingkan pria. Arthritis sendiri merupakan gangguan pada sendi.

Gangguan ini sendiri pun akan semakin rentan untuk wanita jika wanita tersebut memiliki berat badan yang melebihi batas ideal atau obesitas. Cara untuk mengurangi risiko ini, kamu bisa melakukannya dengan bersepeda.

Bersepeda secara rutin akan mengurangi risiko tersebut terjadi kepada seorang wanita. Hal tersebut disebabkan karena bersepeda memiliki risiko yang lebih kecil pada persendian dibanding olahraga lainnya seperti lari atau jogging.

Membentuk Otot Kaki

Salah satu manfaat bersepeda secara rutin adalah terbentuknya otot kaki. Olahraga ini akan membentuk otot khususnya pada area paha belakang, paha depan, dan betis.

Manfaat dari terbentuknya otot kaki ini adalah kamu bisa membakar lebih banyak kalori bahkan saat kamu duduk. Jadi, tidak salah jika kamu melakukan olahraga ini secara rutin minimal di akhir pekan.

Kaki yang terlihat lebih kencang dan ramping bisa meningkatkan kepercayaan dirimu. Bahkan, banyak pria dan wanita yang bermimpi untuk memiliki kaki yang jenjang dan atletis.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak termasuk salah satu organ penting yang ada dalam tubuh. Dengan pentingnya peran otak, kamu tentunya memerlukan cara untuk menjaga hingga bahkan meningkatkan kemampuan otak agar tetap bekerja secara optimal.

Bersepeda menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan otak. Manfaat bersepeda ini sendiri dapat membuat aliran darah meningkat 28 persen dan hingga 70 persen di area tertentu.

Durasi yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah bersepeda selama 45 hingga 60 menit selama empat kali dalam seminggu. Hal tersebut pun nantinya membuat aliran darah tetap naik hingga 40 persen.

Mengurangi Nyeri saat Haid

Haid merupakan hal alamiah yang biasa dialami oleh para wanita. Biasanya, seorang wanita akan merasakan rasa nyeri pada tubuhnya saat mereka sedang mengalami haid pada bulan-bulan tertentu.

Untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh, bersepeda menjadi salah satu solusi tepat untuk dilakukan para wanita. Pasalnya, olahraga satu ini dipercaya sebagai olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi.

Saat kamu bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar. Lancarnya sirkulasi darah membuat oksigen dapat tersalurkan secara maksimal ke semua otot tubuh yang membuat risiko nyeri haid pun dapat berkurang.

Langsung Tidur Setelah Sahur? Lebih Baik Jangan Deh!

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Olahraga sudah dikenal sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita untuk menjaga daya tahan tubuh. Dari sekian banyak olahraga, kamu bisa memilih bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan secara rutin.

Seorang ahli mengatakan bahwa olahraga ringan seperti bersepeda dapat meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih. Hal tersebut memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat bersepeda lainnya memiliki peran yang krusial dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan bagian atas sehingga membuat risiko terkena penyakit pernapasan akan semakin berkurang.

5 Langkah Bersepeda Sehat yang Perlu Dilakukan oleh Para Pesepeda

Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Manfaat bersepeda terakhir yang sudah Bob rangkum adalah mengurangi risiko seseorang terkena berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa berkurang risikonya dengan bersepeda pun cukup banyak.

Mulai dari diabetes, gangguan jantung, hingga kanker menjadi beberapa penyakit yang mampu dicegah risikonya dengan bersepeca secara rutin. Hal tersebut terjadi karena olahraga satu ini mampu menjaga tubuh agar tetap bugar.

Tubuh yang bugar tentunya membuat risiko tertular berbagai penyakit semakin menurun. Dengan pandemi COVID-19 yang belum usai, pastinya kamu menginginkan tubuh yang bugar dan sehat untuk melewati masa-masa sulit ini.

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Kamu kesulitan mencari penginapan nyaman yang pas di dompet? Kamu tidak usah khawatir, karena ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau untuk kamu yang sedang liburan bujet.

Harga inap yang murah tidak membuat fasilitas yang ditawarkan pun murahan. Malahan, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas keren yang sudah disediakan oleh pihak Bobobox di setiap podnya.

Untuk informasi lebih lanjut soal pemesanan, unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini.

You might also like