Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Moms Wajib Tahu! Ini Dia 5 Manfaat Berdiskusi dengan Anak Sejak Dini Itu Penting!

Beri pengaruh positif!

Bobobox.co.id — Setiap orang wajib tahu jika setiap bayi memiliki kebiasaan berbeda satu sama lain. Untuk itu, ada manfaat berdiskusi dengan anak agar perkembangan anak semakin baik.

Proses diskusi ini sebenarnya bisa dilakukan sedini mungkin, bahkan sebelum si buah hati dapat berbicara dengan lancar. Ini demi memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang otak anak.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat berdiskusi dengan anak yang dimaksud? Yuk, simak ulasan lengkap yang sudah Bob rangkum pada artikel berikut ini!

Manfaat Berdiskusi dengan Anak Sejak Dini

1. Membuatnya Dapat Berpikir Mandiri

Manfaat berdiskusi dengan anak pertama adalah membuat anak bisa berpikir mandiri. Hal ini bisa terjadi karena adanya interaksi dari orang tua dan sang anak tentang berbagai hal.

Berpikir mandiri ini sangat dibutuhkan sang buah hati untuk bisa menyelesaikan setiap masalah yang ia temui tanpa bantuan orang lain. Artinya, si anak bisa lebih kuat dan tahan terhadap stres.

manfaat berdiskusi dengan anak jadi mandiri
sumber: pexels.com/@tatianasyrikova

2. Meningkatkan Skill Kognitif dan Pemecahan Masalah

Skill kecerdasan spasial dan kognitif sangat diperlukan saat anak mulai masuk sekolah. Tanpa mempunyai kedua skill yang mumpuni, mereka akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Tak hanya itu, mereka juga jadi kesulitan memecahkan masalah yang diberikan. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut justru akan menganggu proses belajar anak selama berada di sekolah.

Pada momen inilah, proses diskusi dibutuhkan untuk meningkatkan skill kognitif dan pemecahan masalah. Dengan adanya aktivitas saling bertanya, performa otak si kecil akan bekerja lebih baik.

orang tua sedang ngobrol dengan si kecil
sumber: pexels.com/@ketut-subiyanto

Baca Juga: Nggak Betah Dengan Keluarga? Kenali Dampak Orang Tua Toxic Dan Cara Menanganinya


3. Meningkatkan Kreativitas dan Kecerdasan Spasial

Disadari atau tidak, proses bertukar pikiran antara orang tua dan anak membutuhkan banyak sekali kreativitas dan imanjinasi. Tak jarang, kita harus memvisualisasi topik yang sedang dibahas.

Jika dilakukan secara rutin bersama sang buath hati, bukan tak mungkin ia memiliki kreativitas dan imajinasi yang lebih baik. Selain itu, bisa saja bakat terpendam anak diketahui lebih dini.

manfaat berdiskusi dengan anak meningkatkan skill kreativitas
sumber: pexels.com/@keira-burton

Baca Juga: Biar Hubungan Semakin Erat, Coba 7 Tips Quality Time Keluarga Ini


4. Meningkatkan Kemampuan Proses Informasi

Diskusi sangat erat kaitannya dengan kemampuan otak dalam menyaring dan memproses informasi yang masuk. Saat diskusi, otak anak secara langsung terlatih untuk mempercepat proses informasi.

Manfaat berdikusi dengan anak ini sebenarnya tidak akan terlalu terlihat saat anak berusia balita. Namun, saat ia sekolah, kemampuan ini akan telrihat jelas dan membuat anak bisa belajar tanpa kesulitan.

ibu dan buah hati sedang di dapur
sumber: pexels.com/@gustavo-fring

Baca Juga: Deg-Degan Dan Takut Canggung Saat Kumpul Keluarga Besar? Simak Tips-Tips Berikut Ini Agar Acara Jadi Seru!


5. Anak Merasa Dihargai

Manfaat berdiskusi dengan anak terakhir adalah anak lebih merasa dihargai. Pasalnya, anak mampu memberikan opini yang ia miliki kepada orang tuanya saat berdiskusi dan bertukar pikiran.

Dengan opini yang didengar tersebut, anak tidak akan merasa pendapatnya diabaikan. Selain itu, diskusi mampu memberikan perasaan bahwa sang buah hati merasa punya andil penting dalam keluarga.

manfaat berdiskusi dengan anak merasa dihargai
sumber: pexels.com/@ketut-subiyanto

Menginap saat Bosan di Rumah? Ya di Bobobox

Bila kamu mulai merasa bosan dan ingin menginap di akomodasi penginapan yang bisa memberi pengalaman yang berbeda, Bob punya rekomendasi untuk hal tersebut lho.

Rekomendasi dari Bob adalah untuk langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini termasuk akomodasi penginapan yang memadukan antara desain minimalis dan teknologi yang kekinian.

Maksudnya, saat berada di Bobobox, kamu akan disuguhi oleh desain interior hotel kapsul yang minimalis dengan fasilitas-fasilitas keren seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga koneksi WiFi yang bisa diandalkan.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like