Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selain Menghibur, Inilah 5 Manfaat Belajar Main Musik yang Bisa Dirasakan

Instrumen apa nih yang mau kamu pelajari?

Baik sebagai hobi atau pekerjaan, bermain musik adalah hal yang menyenangkan. Apa lagi jika kamu mengetahui manfaat belajar main musik. Bukan hanya sekadar hiburan lho. Mau tahu apa saja manfaat belajar main musik? Simak terus di sini ya!

Manfaat belajar main musik: membangun ketekunan dan disiplin

manfaat belajar main musik
Photo by Jacek Dylag on Unsplash

Menguasai alat musik bukanlah hal yang mudah. Kamu membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk bisa, setidaknya, memainkan satu alat musik dengan lancar.

Kamu harus membiasakan otot, melatih pendengaran, dan membiasakan banyak hal saat belajar bermain alat musik. Paling tidak, kamu membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk benar-benar menguasai satu alat musik.

Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan. Justru, jangka waktu yang lama tersebut merupakan salah satu manfaat belajar main musik. Dengan menyadari bahwa kamu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ketekunan dan kesabaran akan terbentuk dalam proses pembelajaran.

Kamu juga harus menjalani sesi latihan yang panjang untuk menyempurnakan permainanmu. Tentu saja manfaat belajar main musik ini berguna tidak hanya dalam konteks musik. Ketekunan dan kesabaran yang kamu pelajari bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik secara sadar atau pun tidak.

BACA JUGA: Alat-Alat Yang Kamu Butuhkan Untuk Mulai Membuat Musik Di Rumah

Manfaat belajar main musik: melatih koordinasi

manfaat belajar main musik
Photo by Elijah M. Henderson on Unsplash

Musik adalah harmoni dan untuk menciptakan sebuah harmoni, kamu memerlukan koordinasi yang baik dari semua panca indera. Oleh karena itu, melatih koordinasi merupakan salah satu manfaat belajar main musik.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling dominan saat kamu belajar bermain musik. Baik itu belajar gitar, piano, drum, atau terompet, tangan menjadi perantara antara nada yang ada di dalam kepala dan yang dikeluarkan oleh instrumen.

Selain itu, kebanyakan alat musik juga mengharuskan kamu menggerakan tangan kiri dan kanan dengan pola yang berbeda. Saat bermain gitar misalnya, tangan kanan digunakan untuk memetik dan tangan kiri untuk menekan papan gitar.

Jika tidak dengan koordinasi yang baik, gitar tidak akan berbunyi dengan baik. Bermain piano pun demikian. Tangan kiri berfungsi sebagai penekan akord dan tangan kanan untuk membunyikan melodi.

Akan tetapi, saat kamu belajar bermain musik, telinga, mata, dan bahkan perasaan ikut terlibat di dalamnya. Itulah mengapa belajar main musik juga melibatkan latihan pendengaran dan membaca not balok. Kombinasi dari semua elemen inilah yang pada akhirnya menghasilkan harmoni yang indah untuk didengar.

Namun, hasil yang didapatkan pun sepadan dengan kesulitannya. Manfaat belajar main musik bisa kamu dapatkan seiring waktu dan latihan. Meingkatkan keterampilan koordinasi nantinya akan berguna tak hanya dalam konteks musik namun juga banyak hal.

Manfaat belajar main musik: meningkatkan kemampuan otak

manfaat belajar main musik
Photo by Hannah Busing on Unsplash

Manfaat belajar main musik berikutnya yaitu meningkatkan kemampuan otak. Mempelajari instrumen mapu membuat belajar lebih efektif. Sebuah penelitian yang melibatkan 40 mahasiswa yang mengikuti program musik menunjukkan bahwa mereka mampu merespon suara lebih baik saat belajar.

Manfaat belajar main musik juga juga dikaitkan dengan peningkatan keterampilan bahasa dan perkembangan otak secara keseluruhan. Musik mampu merangsang bagian otak dan meningkatkan kemampuan memori pasien Alzheimer dan demensia.

Musik juga dapat digunakan untuk membantu menyimpan informasi dan meningkatkan kemampuan belajar. Hal ini dikarenakan suara dapat membantu memfokuskan perhatian, membangkitkan emosi, dan merangsang gambaran visual.

BACA JUGA: Pernah Dengar, Tapi Apa? Inilah 7 Musik Klasik Paling Ikonik Yang Sering Diputar!

Manfaat belajar main musik: mengembangkan keterampilan sosial

manfaat belajar main musik
Photo by Hans Vivek on Unsplash

Manfaat belajar main musik juga memiliki dampak pada kemampuan sosial. Bermain musik dengan orang lain seperti dalam band atau paduan suara merupakan sarana untuk belajar bekerja sama sebagai sebuah tim. Selain itu, manfaat belajar main musik dalam konteks sosial adalah mengembangkan rasa empati.

Musik telah terbukti mengaktifkan banyak area pada otak, termasuk sirkuit yang membantu manuisa memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Para peneliti menemukan bahwa ketika bermain musik bersama, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan emosi orang lain.

Selain itu, musik juga merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan rasa memiliki. Manfaat belajar main musik ini dapat meningkatkan rasa aman dan tanggung jawab terhadap sebuah kelompok.

Ketika kamu mengetahui bahwa seseorang menyukai musik yang kamu sukai, kamu akan pandangan yang lebih baik terhadap orang tersebut. Hal ini membuat seolah-olah preferensi musik memiliki makna yang lebih dalam daripada sekadar hiburan.

Selera musik juga sering dikaitkan dengan nilai-nilai tertentu yang dianut oleh seseorang. Melalui asumsi manfaat belajar main musik tersebut, hubungan antara musik dan nilai memengaruhi seberapa besar kamu akan menyukai seseorang berdasarkan selera musik mereka.

Manfaat belajar main musi: meningkatkan kreativitas

manfaat belajar main musik
Photo by Soundtrap on Unsplash

Musik memiliki hubungan yang unik dengan manusia. Musik bisa membuat kamu senang, sedih, atau bahkan menginspirasi. Hal ini terjadi karena manfaat belajar main musik adalah salah satu kegiatan paling kreatif yang membuat otak terus dalam keadaan mengalir.

Manfaat belajar main musik dapat memicu otak kamu untuk bekerja dengan cara yang baru dan berbeda. Jika kamu belum pernah memainkan alat musik sama sekali, kegiatan ini akan menjadi seperti bahasa baru yang asing. Kondisi ini menempatkan kamu dalam keadaan pembelajar awal, di mana semua yang kamu pelajari adalah hal baru.

Pada awalnya, musik yang kamu mainkan akan terdengar aneh. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan meningkatkan kemampuan kreativitas otak dan dapat menerapkan keterampilan baru ini ke kegiatan-kegiatan lain.

BACA JUGA: Warnai Playlist Chill 2021 Kamu Dengan 5 Genre Musik Yang Bikin Harimu Jadi Lebih Tenang!

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat belajar main musik. Enggak sia-sia Bob latihan terus dari kecil. Kamu juga jangan menyerah ya.

Kalau kamu sedang atau baru mau belajar main alat musik, ingat-ingat manfaat belajar main musik di atas supaya tetap semangat. Nantinya, kamu akan merasakan manfat belajar main musik lain seiring berjalannya waktu. Jadi, terus belajar dan jangan menyerah ya!

Penasaran sama hotel kapsul yang anti mainstream? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like