Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kesehatan dan kecantikan adalah dua hal yang perlu dijaga, salah satu caranya adalah dengan bangun pagi

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Dari mulai mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah dengan bangun pagi.

Bagi sebagian orang bangun pagi adalah sebuah tantangan. Tidak mudah untuk membuka mata dan mulai beraktivitas. Terkadang terhalang oleh rasa malas dan banyak alasan lain.

Akan tetapi, bangun pagi justru memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Penasaran manfaat kesehatan dan kecantikan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari bangun pagi? Simak terus di sini ya!

Melawan radikal bebas

kesehatan
Photo by Wojciech Święch on Unsplash

Kamu pasti pernah mendengar yang namanya radikan bebas. Molekul yang bisa ditemukan di sekitar kamu itu disebut sebagai sumber berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, hingga Alzheimer. Radikal bebas juga bisa memengaruhi kesehatan kulit sehingga menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Salah satu zat yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan. Antioksidan adalah zat yang berperan sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas tersebut.

Pada umumnya, untuk melawan radikal bebas, tubuh kamu sudah diprogram untuk menghasilkan antioksidan. Akan tetapi, tubuh tidak selalu bisa memproduksi antioksidan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan asupan antioksidan yang bersumber dari luar seperti makanan sehat.

Selain makanan, kamu juga bisa memperoleh antioksidan dari luar seperti udara. Nah, pagi hari adalah saat yang tepat untuk menghirup antioksidan tersebut. Menurut dr. Zaidul Akbar, waktu subuh hingga terbit matahari adalah waktu yang terbaik untuk bereaktivitas.

Di rentang waktu tersebut udara memproduksi apa yang disebut dengan nitric oxide. Senyawa tersebut adalah salah satu antioksidan paling kuat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, usahakan untuk bangun saat subuh dan jangan tidur lagi setelahnya. Selain tidak kebagian antioksidan tersebut, tidur setelah subuh juga berbahaya untuk kesehatan jantung.

Memberikan lebih banyak energi

kesehatan
Photo by bruce mars on Unsplash

Cukup istirahat sama dengan energi yang lebih banyak. Jika kamu membiasakan bangun pagi dan tidur lebih cepat, kamu akan memiliki pola tidur dan kesehatan yang lebih baik sehingga membuat kamu merasa lebih bersemangat sepanjang hari.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan kamu lebih awal dan menyelesaikannya dengan segera. Kalau kamu sering tidur terlalu malam alias begadang, kondisi kesehatan kamu bisa terganggu.

Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Supaya Tidak Melakukan Panic Buying

Membantu mengontrol berat badan

kesehatan
Photo by Szabo Viktor on Unsplash

Bangun di pagi hari pasti ada hubungannya dengan pola tidur yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan untuk makan camilan di malam hari. Tentu saja makan camilan di malam hari tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Soalnya, berbeda dengan pagi hari, kamu tidak akan banyak beraktivitas sehingga perut tidak akan bisa mencerna makanan dengan baik dan akhirnya lemak akan menumpuk. Kenaikan berat badan pun sudah di depan mata.

Mengurangi resiko penuaan kulit

kesehatan
Photo by Amanda Dalbjörn on Unsplash

Di samping bisa berakibat buruk bagi kesehatan pencernaan, begadang juga membuat kulit terlihat lebih tua. Saat begadang, tubuh akan lebih banyak melepas hormon stres yang disebut juga dengan hormon kortisol. Hormon ini berbahaya bagi kesehatan kulit karena bersifat memecah kolagen pada kulit.

Padahal, kolagen merupakan protein yang bisa membuat kulit kamu lebih kencang dan elastis. Oleh karena itu, tidur lebih cepat dan bangun di pagi hari bisa mengurangi resiko kesehatan dan kecantikan tersebut.

Lebih banyak waktu untuk berolahraga

kesehatan
Photo by Form on Unsplash

Pagi hari adalah waktu yang sangat cocok untuk berolahraga. Udara masih segar dan matahari baru muncul. Dengan berolahraga, aktivitas fisik bisa mendorong sirkulasi darah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Salah satunya dalah karena keringat.

Berkeringat saat berolahraga dinilai bisa membuat kulit menjadi lebih bersih. Saat kamu berolahraga, kelenjar keringat akan mengeluarkan banyak keringat yang berasal dari pori-pori kulit. Seiring dengan keringat yang keluar dari pori-pori kulit, kotoran juga akan ikut keluar sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga bisa melancarkan sirkulasi oksigen di dalam darah. Sirkulasi yang lancar tersebut bisa membuat kulit nampak lebih cerah.

Peredaran darah yang lancar akan menyuplai oksigen dan nutrisi bagi kulit. Jika kulit menerima oksigen dan nutrisi yang cukup, kesehatan kulit akan jadi semakin terjaga. Kulit kamu akan lembap dan tampak lebih cerah dengan merata.

Etika Batuk Dan Bersin Di Tempat Umum Yang Baik Dan Benar

Memberikan waktu bagi tubuh untuk bersiap

kesehatan
Photo by alan KO on Unsplash

Penelitian menunjukkan bahwa sleep inertia, keadaan ketika kamu tiba-tiba terbangun dari fase tidur, bisa bertahan selama dua hingga empat jam. Jika kamu bangun pukul delapan dan harus pergi bekerja pukul sembilan, kemungkinan besar kamu tidak akan berada dalam kondisi siap bekerja.

Dengan bangun lebih pagi, kamu memberikan tubuh kamu kesempatan untuk bersiap-siap untuk beraktivitas penuh. Hal ini penting bagi kesehatan kamu karena jika kamu membiarkan kondisi ini terus menerus, kamu akan mengandalkan kafein dari kopi atau minuman berenergi untuk tetap terjaga dan itu sangat tidak baik bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan mental

kesehatan
Photo by Lesly Juarez on Unsplash

Sebuah penelitian menunjukkan jika wanita yang bangun lebih pagi bisa terhindar dari kesehatan yang buruk seperti terkena depresi, kecemasan berlebih, dan kelainan lain jika dibandingkan dengan wanita yang bangun lebih lama.

Hal ini dikarenakan kualitas tidur yang baik bersifat restoratif sehingga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan bangun di pagi hari, kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah terganggu atau frustasi.

Isolasi Mandiri Tetap Seru Dengan 5 Trik Berlibur Di Rumah Ini!

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di film-film masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Mudah kan?

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!