Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 5 Manfaat Baik Kencur untuk Kesehatan!

Manfaat baik kencur untuk kesehatan ini nggak hanya untuk fisik lho, tapi juga mental

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan kencur sebagai bumbu masak atau jamu. Di samping rasanya yang khas, kencur juga berkhasiat untuk tubuh. Yuk simak manfaat baik kencur untuk kesehatan berikut ini.

Kandungan kencur

Sebelum membahas tentang manfaat baik kencur untuk kesehatan, yuk kenali dulu zat-zat yang umum ditemukan dalam kencur.

  • Pati
  • Mineral
  • Sineol
  • Asam metil kanil dan penta dekaan
  • Asam sinamat
  • Etil ester
  • Borneol
  • Kamphene
  • Paraeumarin
  • Asam anisat
  • Alkaloid
  • Gom

Meningkatkan nafsu makan

manfaat baik kencur untuk kesehatan

Ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh dan memproduksi gas dalam perut. Alhasil, perut jadi kembung dan terasa kenyang. Nah, kencur memiliki kandungan karminatif di dalamnya.

Fungsinya adalah mengurangi produksi gas dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat baik kencur untuk kesehatan bisa membantu kamu meningkatkan nafsu makan. Tidak hanya karena kandungan karminatif tapi juga aroma dan rasanya yang menggugah selera.

Manfaat baik kencur untuk kesehatan: meredakan batuk

manfaat baik kencur untuk kesehatan
Photo by Brittany Colette on Unsplash

Salah satu kandungan yang terdapat pada kencur adalah sineol. Menurut situs Medical News Today, sineol dapat membantu memecah lendir dan mengurangi peradangan.

Oleh karena itu, salah satu manfaat baik kencur untuk kesehatan adalah sebagai pereda batuk. Kamu bisa membuat ramuan tradisional yaitu menyeduh parutan kencur dan garam dengan air hangat.

Mencegah karies gigi

manfaat baik kencur untuk kesehatan
Photo by Marek Studzinski on Unsplash

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri Lactobacillus acidophilus yang terlalu banyak di dalam tubuh. Jika dibiarkan terus menumpuk, bakteri tersebut bisa menimbulkan karies gigi.

Nah, manfaat baik kencur untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah kerusakan tersebut. Hal ini dikarenakan kencur memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat perkembangan bakteri.

Manfaat baik kencur untuk kesehatan: meredakan stres

manfaat baik kencur untuk kesehatan
Photo by Ethan Sykes on Unsplash

Manfaat baik kencur untuk kesehatan tidak hanya terhadap fisik. Kencur juga ternyata baik untuk kesehatan mental. Soalnya, kencur mengandung antidperesan alami yang memberikan efek sedatif terhadap sistem saraf pusat.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi kencur untuk meredakan stres. Manfaat ini bisa kamu ambil baik dari akar atau daunnya. Kamu cukup mengekstrak kencur dan membuatnya menjadi minuman.

Menurunkan tekanan darah

manfaat baik kencur untuk kesehatan
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik dinilai dapat mengurangi tekanan darah. Senyawa-senyawa tersebut juga bisa kamu temukan di dalam kencur. Ini adalah manfaat baik kencur untuk kesehatan lain. Oleh karena itu, jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, kamu bisa mengonsumsi kencur sebagai obat alami.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Selain dengan mengonsumsi kencur, kamu juga bisa meredakan stres dengan liburan. Salah satunya adalah dengan staycation di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like