Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menenangkan dan Menyegarkan, Berikut Manfaat Aromaterapi

Tingkatkan kualitas kesehatan kamu dengan mendapatkan manfaat aromaterapi.

Manfaat aromaterapi faktanya tidak hanya terbatas memberikan efek menenangkan tetapi juga memiliki segudang manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Terapat beragam jenis aromaterapi yang bisa kamu pilih dan masing-masing diantarnya memiliki manfaat aromaterapi yang berbeda dan unik. Aromaterapi ini bisa berbentuk minyak atsiri atau essential oils yang memiliki aroma tumbuhan, bunga, maupun rempah. Agar tak kebingungan memilih jenis dan manfaat aromaterapi sesuai yang kamu inginkan, yuk simak informasi berikut ini!

Mengenal Aromaterapi

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jenis dan manfaat aromaterapi, Bob akan menjelaskan apa itu sebenarnya aromaterapi. Aromaterapi pada dasarnya adalah sebuah terapi pemulihan dengan memanfaatkan minyak atsiri (essential oil) untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Tak heran jika sebagian orang menyebut aromaterapi sebagai  essential oil therapy.

Minyak atsiri atau essentiai oil ini dapat dibuat dengan bahan dasar tanaman herbal ataupun tanaman bunga. Beberapa bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi minyak aromaterapi pun beragam. Akar, kulit, dan helai mahkota bunga dapat diekstrak menjadi sebuah aromaterapi. Tentunya proses pembuatan minyak atsiri yang murni membutuhkan banyak bahan tanaman.

Bosan Saat WFH? Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Yuk!

Cara Kerja Minyak Atsiri dalam Aromaterapi

Seperti apakah minyak atsiri dalam aromaterapi bekerja dan memberi manfaat kepada manusia? Faktanya minyak aromaterapi dapat bekerja dengan cara mengaktifkan area reseptor bau di hidung. Reseptor ini kemudian akan mengirimkan sinyal melalui sistem saraf menuju otak.

Menurut para ahli aromaterapi akan membantu menghidupkan bagian-bagian pada otak terutama sistem limbik yang memengaruhi emosi dan juga bagian hipotalamus. Hipotalamus kemudian akan meresponsnya dengan memproduksi senyawa kimiawi otak seperti serotonin yang merupakan hormon kebahagian. Oleh karena itu mereka yang menghirup aromaterapi dapat merasa tenang dan bahagia. Berikut adalah beberapa jenis dan manfaat aromaterapi yang bisa kamu pilih:

1. Manfaat Aromaterapi Minyak Basil

Aromaterapi yang pertama akan Bob bahas adalah aromaterapi basil yang kerap kali digunakan untuk meningkatkan konsentrasi serta meredakan beberapa gejala depresi. Kamu juga dapat memanfaatkan minyak atsiri yang terbuat dari tanaman basil ini untuk meredakan sakit kepala dan migrain. Penting untuk diketahui dan digarisbawahi aromaterapi basil ini sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil.

2. Manfaat Aromaterapi Minyak Bergamot

Aromaterapi yang berbahan dasar bergamot dikenal memiliki manfaat untuk saluran kemih dan juga saluran pencernaan. Kamu juga bisa mengkombinasikan minyak bergamot dengan minyak eukaliptus untuk meredakan masalah kulit yang dipicu oleh stres maupun cacar air. Minyak bergamot juga seringkali ditemukan sebagai salah satu bahan dalam produk skincare karena dikenal ampuh untuk mengatasi masalah kulit

Manfaat Aromaterapi

3. Manfaat Aromaterapi Minyak Lavender

Jika kamu sedang mencari manfaat aromaterapi yang menenangkan dan dapat kamu gunakan untuk relaksasi maka kamu bisa mencoba aromaterapi lavender. Aromaterapi ini dikenal dapat mengatasi migrain dan sakit kepala dan juga membantu kamu agar dapat tidur lebih lelap. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat aromaterapi lavender sebagai antiseptik. Aromaterapi lavender dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan efek menenangkan dan melegakan saat dilanda stres maupun rasa lelah.

4. Manfaat Aromaterapi Minyak Melati

Minyak aromaterapi dari bahan dasar bunga melati pun tak kalah bermanfaat seperti salah satunya bunga melati. Aromaterapi ini populer karena kemampuannya sebagai afrodisiak atau zat yang mampu menaikkan gairah seksual. Minyak melati dipercaya dapat meningkatkan gelombang beta pada otak yang dikaitkan dengan ketajaman perhatian.

5. Manfaat Aromaterapi Minyak Tea Tree

Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan kandungan tea tree oil dalam dunia kecantikan. Minyak ini seringkali dicampurkan sebagai sampo dan produk perawatan kulit karena memiliki sifat antimikroba, antiseptik, dan disinfektan. Tak heran jika tea tree oil seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

6. Manfaat Aromaterapi Minyak Lemon

Minyak lemon dipercaya ampuh memperbaiki mood serta meringankan gejala stres dan depresi. Manfaat aromaterapi yang terbuat dari lemon ini dapat membantu melegakan, memberi semangat, menyegarkan serta meningkatkan mood kamu. Kamu bisa mengoleskan minyak lemon sebelum mulai beraktivitas agar merasa lebih semangat! Ini Dia 10 Minuman Sehat untuk Menjaga Kondisi Tubuhmu

7. Manfaat Aromaterapi Minyak Kayu Cendana

Mirip dengan minyak melati, minyak kayu cendana ini pun dipercaya memiliki sifat afrodisiak atau minyak yang mampu meningkatkan hasrat seksual.

8. Manfaat Aromaterapi Minyak Rosemary

Selain dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masak, rosemary pun dimanfaatkan sebagai salah satu bahan minyak aromaterapi yang mampu merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan daya ingat. Minyak ini pun dapat mencegah kejang otot serta mendukung sistem saraf dan sistem peredaran darah.

9. Manfaat Aromaterapi Minyak Geranium

Geranium merupakan salah satu jenis bunga yang bisa digunakan sebagi minyak aromaterapi untuk mengentaskan masalah kulit serta mengurangi stres. Kamu pun bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengusir nyamuk secara ampuh.

10. Manfaat Aromaterapi Minyak Cengkeh

Tak hanya dikenal sebagai rempah-rempah, minyak aromaterapi yang terbuat dari cengkeh ini diyakini memiliki manfaat aromaterapi sebagai analgesik topikal untuk pereda nyeri pada masalah gigi. Minyak cengkeh dikenal sebagai antispasmodik antiemetik yang dapat mencegah dan meredakan rasa mual, muntah, serta mencegah timbulnya gas di usus. Minyak cengkeh ini memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antioksidan

Gunakan Minyak Aromaterapi dengan Aman dan tepat

Untuk mendapatkan manfaat aromaterapi, penting bagi kamu untuk mencampurkan minyak aromaterapi ke dalam pelarut terlebih dahulu. Sebelum mengoleskannya ke kulit, Bob sarankan untuk melakukan test patch atau tes alergi terlebih dahulu  dengan cara mengoleskan sedikit campuran minyak atsiri dengan minyak pelarut ke bagian kulit. Beberapa bagian kulit yang bisa kamu coba diantaranya belakang telinga atau pergelangan tangan.

Dengan melakukan hal ini kamu dapat memastikan tidak ada reaksi alergi yang muncul saat menggunakan aromaterapi tersebut. Kamu dapat menggunakan aromaterapi dengan memasukkan campuran minyak esensial dan minyak pelarut ke dalam diffuser, botol semprot, maupun inhaler. Kamu juga bisa mencampurkan larutan minyak atsiri dan minyak pelarut ke dalam sabun mandi, body lotion, maupun digunakan sebagai campuran kompres hangat dan dingin.

Bobobox Pods Malioboro

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Ketenangan faktanya dapat berkontribusi terhadap kesehatan tubuh. Selain mendapatkan ketenangan dengan memanfaatkan aromaterapi kamu pun bisa mendapatkan ketenangan dengan melakukan liburan. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus. Kamu tak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang saja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like