Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Boleh Diremehkan! 10 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuhmu

Sesuaikan dengan berat badanmu, ya!

Bobobox.co.id — Saat memilih minuman, kebanyakan orang akan memilih minuman berperasa dibandingkan air putih. Padahal, air putih sendiri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhmu setiap harinya.

Tak mengherankan jika kamu seringkali mendengar saran untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. Hal tersebut sendiri ditujukan guna memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan tercukupinya asupan cairan, manfaat air putih pun bisa didapat. Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui salah satu manfaatnya yakni untuk menghilangkan dahaga. Namun, tak banyak yang tahu manfaat lainnya.

Oleh karena itu, Bob akan membagikan ulasan mengenai 10 manfaat air putih untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Setelah mengetahui manfaat air putih ini, jangan lagi meremehkan air putih lagi, ya!

Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Manfaat air putih untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan sendi dan otot. Sebenarnya, tak hanya dapat menjaga saja, konsumsi air putih secara rutin mampu meningkatan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot.

Kebaikan minum air putih ini sendiri membuat otot tidak kaku dan tubuh pun tidak akan merasa lelah lebih cepat saat beraktivitas. Hal ini tentu akan baik bagi kamu yang kerap merasa mudah lelah.

Di samping itu, manfaat air putih ini terjadi karena sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Kekurangan cairan membuat tulang rawan tersebut kehilangan kemampuan untuk menjadi bantalan sendi.

manfaat air putih untuk kesehatan otot
Kesehatan otot dan sendi via pexels.com/@samerdaboul

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, tentu tak asing dengan saran untuk memperbanyak konsumsi air putih. Pasalnya, manfaat air putih untuk kesehatan lainnya berhubungan dengan berat badan.

Manfaat air putih untuk diet ini terjadi karena mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme. Hal inilah yang mempermudah tubuh dalam membakar lemak dan juga membuang kotoran melalui keringat, urin, dan tinja.

Di samping itu, manfaat minum air putih hangat sebelum makan dipercaya memberikan efek kenyang. Dengan begitu, porsi makanmu akan menjadi lebih sedikit sehingga berat badan tetap terkontrol bahkan menurun.

Berat badan turun via pexels.com/@pixabay

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat air putih untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Salah satu masalah yang kerapkali muncul soal kulit adalah kulit kering dan kusam. Nah, penyebab masalah kulit tersebut adalah kurangnya cairan tubuh.

Sebagian besar jaringan tubuh terdiri dari air termasuk sel kulit. Oleh karenanya, saat kekurangan cairan tubuh, proses fisiologis tubuhmu akan terganggu. Kulit pun nantinya akan terlihat kusam dan kering.

Untuk itu, kebaikan minum air putih untuk kulit ini wajib dijaga. Dengan manfaat air putih untuk kecantikan ini, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

Menjaga kesehatan kulit via unsplash.com/@speckfechta

Meningkatkan Stamina

Sering mudah merasa lelah setelah beraktivitas seharian? Bisa saja masalah yang menderamu tersebut datang akibat kekurangan asupan air putih yang seharusnya kamu penuhi setiap harinya untuk menjaga dehidrasi.

Sumber energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas tak hanya berasal dari makanan. Air putih yang dikonsumsi secara cukup dapat membantu tubuh untuk tidak mudah lelah selama beraktivitas seharian.

Manfaat air putih untuk kesehatan ini akan memberikanmu stamina berlebih saat dikonsumsi saat perut kosong. Namun, jangan lupa juga untuk seimbangkan dengan pola makan dan olahraga teratur, ya!

Stamina meningkat via pexels.com/@olly

Berperan Penting untuk Otak

Manfaat air putih untuk kesehatan lainnya adalah berperan penting untuk otak. Kekurangan cairan tubuh akan menggangu fungsi otak untuk bekerja secara optimal. Oleh karenanya, kamu pun akan sulit berkonsentrasi.

Dengan kesulitan berkonsentrasi, aktivitas dan produktivitasmu tentu akan terganggu sepanjang hari. Untuk itu, kebaikan minum air putih ini tentu harus dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi air putih.

Saat kamu secara rutin mengonsumsi air putih, fungsi otak pun akan kembali bekerja secara optimal. Hal tersebut tentu akan membuatmu bisa kembali fokus dan berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas.

Menjaga kesehatan otak via unsplash.com/@averey

Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba secara rutin mengonsumsi air putih. Sakit kepala yang kamu derita bisa saja terjadi akibat kekurangan asupan cairan pada tubuh.

Untuk itu, mencegah dan mengatasi sakit kepala adalah manfaat air putih untuk kesehatan lainnya. Pada sebuah studi, air putih dipercaya mampu mengurangi sakit kepala pada orang-orang yang sedang dehidrasi.

Selain itu, studi lain pun semakin memperkuat argumen dari manfaat minum air putih hangat ini. Studi tersebut menyebutkan bahwa air putih bisa mengurangi intensitas dan durasi dari sakit kepala.

Sakit kepala via pexels.com/@olly

Menjaga Tekanan Darah

Bagian terbesar dari darah dalam tubuh adalah air. Fakta tersebut memberikan gambaran bahwa adanya keterikatan antara pemenuhan cairan tubuh dengan tekanan darah. Hal ini akhirnya berkaitan dengan manfaat air putih.

Manfaat air putih untuk kesehatan lainnya adalah mampu menjaga tekanan darah. Kurangnya cairan tubuh berdampak pada darah akan lebih kental dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Tak hanya itu, jika kamu terus-terusan tak mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh, tekanan darah bisa saja turun. Untuk itu, tetap rutin mengonsumsi air putih agar dapat menjaga tekanan darahmu tetap normal.

Tekanan darah stabil via unsplash.com/@mockupgraphics

Mencegah Batu Ginjal

Setiap orang tentu tidak akan menderita penyakit seperti batu ginjal. Batu ginjal sendiri terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat yang kelarutannya rendah seperti kalsium dan juga oksalat.

Nah, kamu tak perlu khawatir karena cara mencegahnya relatif mudah. Kamu cukup memenuhi asupan air putih yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya agar konsentrasi bahan tersebut tidak tinggi di urine.

Manfaat air putih untuk kesehatan ini terjadi karena asupan cairan dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urin. Selain itu, asupan cairan ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal via aruplab.com

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Di samping manfaat minum air putih hangat untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, manfaat lainnya yang ditawarkan oleh air putih adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular untuk datang.

Bagi kamu yang belum tahu, penyakit kardiovaskular terdiri dari beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung. Penyakit-penyakit ini termasuk penyakit paling mematikan.

Untuk mencegahnya datang, mengonsumsi air putih secara rutin adalah salah satu caranya. Air putih dapat mencegah dehidrasi yang bisa menggangu fungsi organ tubuh serta memberikan relaksasi pada pembuluh darah.

Penyakit kardiovaskular via pexels.com/@freestocks

Membantu Kesehatan Pencernaan

Manfaat air putih untuk kesehatan terakhir dari Bob adalah menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya mampu menjaga kesehatan pencernaan, kebaikan minum air putih ini mampu melancarkan pencernaan.

Manfaat minum air putih sebelum tidur ini membantu pencernaan dalam penyerapan vitamin serta nutrisi dari makanan. Makanan berserat yang dikonsumsi tak ada artinya jika tidak dibantu oleh air putih.

Oleh karenanya, sangatlah disarankan untuk mengonsumsi manfaat minum air putih sebelum tidur. Hal ini demi menjaga pencernaanmu dari gangguan kesehatan pada pencernaan seperti konstipasi dan juga sembelit.

Kesehatan pencernaan via dtmclinic.ie

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

You might also like