Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Males Gerak Saat Kerja di Kantor, Bahaya Diabetes Mengintai Kamu

Males gerak memang enak, tapi jangan sampai mager merusak tubuh kamu ya!

Males gerak atau mager saat kerja di kantor memang sudah menjadi kebiasaan. Bekerja di depan laptop seharian, jarang gerak, sambil ditemani kudapan dan Brown Sugar Milk Tea with Boba di hadapan kamu. Tentu sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Tapi, tahukah kamu dengan kebiasaan tersebut ada bahaya yang mengintai kesehatan kamu? Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi glukosa yang tidak diimbangi dengan ruang gerak cukup bisa membuat tubuhmu rentan terkena diabetes.

Bukan hal aneh juga kalau melihat hal tersebut menjadi salah satu pemicu diabetes. Pasalnya, diabetes pun kini menjadi penyakit berbahaya yang paling saring ditemukan dari semua kalangan. Apalagi untuk usia produktif, jadi kebiasaan di kantor menjadi faktor utama pemicu diabetes bukan hal baru. Salah satu alasannya adalah ruang gerak kamu yang sedikti saat di kantor. Kok bisa ya? Nih, Bob kasih tahu kenapa males gerak kamu di kantor bisa memicu penyakit mematikan ini.

Sekilas Mengenai Diabetes

Diabetes (pixabay.com)

Diabetes terjadi ditandai dengan kadar glukosa yang tinggi. Penumpukan glukosa bisa terjadi karena glukosa pada tubuh tidak terserap dengan baik dan akhirnya menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Sebenarnya, jika glukosa pada tubuh terserap degnan baik, zat tersebut menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Hanya saja dalam kasus penyakit diabetes, sel dalam tubuh tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi. Faktor ini disebabkan para penderita penyakit tersebut memiliki pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Karena pada dasarnya, pankreas ini seharusnya memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Diabetes secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kasus yang terjadi pada diabetes tipe 1 ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini berdampak meningkatnya kadar glukosa darah yang mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah. Berbeda dengan diabetes tipe 2, pada jenis ini, diabetes dipicu oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga hasil dari insulin tidak dapat difungsikan dengan baik. Sekitar 90 hingga 95% penderita diabetes di dunia mederita diabetes tipe 2.

Malas Gerak, Salah Satu Dari Pemicu Diabetes

Selain faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab utama dari semakin banyaknya penderita diabetes. Aktifitas yang padat membuat sebagian besar orang malas untuk bergerak. Faktor lainnya karena setiap orang terbiasa mengonsumsi makanan manis yang dapat mengakibatkan meningginya kadar gula darah. Sering mengonsumsi makanan atau kudapan manis tersebut tidak diimbangi dengan ruang gerak yang banyak atau olahraga.

Dengan mengonsumsi makanan manis yang tidak diimbangi dengan banyak bergerak dapat menjadi pemicu terganggunya produksi insulin. Hal tersebut disebabkan karena dengan mengonsumsi makanan manis ataupun makanan tinggi kalori dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat yang selanjutnya membuat pankreas kewalahan dalam memproduksi insulin demi mengimbangi tingginya kadar gula darah. Hal ini membuat pankreas lebih rentan mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi seperti itu, maka produksi insulin akan terganggu dan mengakibatkan tingginya kadar gula darah yang menyebabkan diabetes.

Mencegah Resiko Diabetes Untuk Si Malas Gerak saat Kerja

Olahraga atau banyak gerak sebagai pencegahan diabetes (pixabay.com)

Jadi, untuk terhindar dari hal tersebut, mulai saat ini kamu bisa lakukan gerakan kecil saat kerja di kantor. Minimal kamu bisa jalan-jalan berkeliling saat istirahat makan siang. Kamu juga mulai sekarang bisa bergerak sendiri tanpa mengandalkan orang lain saat kerja. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas tangga di kantor agar tubuh bergerak, membeli makan siang dengan jalan kaki, dan masih banyak upaya lain supaya kamu tetap bisa bergerak, walaupun saat kerja ruang gerakmu sedikit.

Ternyata dari kurangnya ruang gerak di kantor bisa jadi pemicu utama diabetes ya. Jadi, masih mau mager dambil ngemil di kantor? Yuk setidaknya lebih sering bergerak di kantor! Semoga infonya bermanfaat ya! Untuk kamu yang butuh penginapan nyaman, unik, dan hemat. Kamu bisa coba menginap di hotel Bobobox. Unduh aplikasinya untuk pemesanan yang lebih mudah. Aplikasinya pun sudah tersedia untuk apple store dan playstore lho! Yuk, Bob tunggu di Bobobox!

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.