Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

#MUDA, UNGGUL, BERKARYA: Makna dibalik Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-74

Apakah euforia kemerdekaan sudah terasa olehmu? Apakah kamu sudah mulai melihat gapura yang dihias sedemikian rupa, jalanan yang semarak dengan warna-warni umbul-umbul, dan bendera merah putih yang berkibar disetiap sudut jalan? Jika sudah, itu karena Hari Ulang Tahun Republik Indonesia sudah di depan mata.

Tinggal hitungan hari, Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-74. Hari Kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu dirayakan oleh masyarakat di seluruh pelosok nusantara. Biasanya, selain menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dan peringatan proklamasi, Hari Kemerdekaan juga dimeriahkan oleh karnaval budaya dan perlombaan tradisional khas 17-an.

Sebut saja perlombaan seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tali tambang, balap karung, dan masih banyak lagi. Yang pasti, setiap perlombaan selalu terlaksana secara meriah, seru, dan bisa menjadi momen untuk mempersatukan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.

Tetapi, dibalik ‘Agustusan’ yang kita rayakan setiap tahun, kamu selalu penasaran nggak sih dengan makna kemerdekaan yang tersembunyi di dalamnya? Apakah perjuangannya harus sama dengan perjuangan yang harus dibayar oleh para pahlawan saat mengusir para penjajah? Tentu tidak, bukan? Perjuangan masyarakat Indonesia saat ini sudah bergeser tidak lagi bertaruh nyawa dan berperang sampai titik darah penghabisan, tetapi untuk menjaga agar makna kemerdekaan yang telah didapat terpelihara dengan baik.

Nah, penasaran kan apa saja nilai-nilai kemerdekaan yang bisa kamu resapi? Tagline dari Bobobox spesial Hari Kemerdekaan #Muda, Unggul, Berkarya ini cukup mewakili makna kemerdekaan bagi masing-masing individu, lho!

#Muda: memiliki semangat yang tinggi dan pantang penyerah

Ingatkah kamu dengan kalimat ini: “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”. Itulah salah satu ungkapan fenomenal yang pernah dilontarkan oleh Presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno.

Apakah kamu pernah berpikir, tanpa peran dari pemuda, masih mungkinkah Indonesia merdeka? Jika masa pra-kemerdekaan tidak ada para pemuda yang mendesak Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk segera merumuskan Teks Proklamasi, sudahkah kita terbebas dari penjajah dan menikmati kemerdekaan seperti saat ini?

Peran pemuda memang begitu kuat dalam memajukan sebuah bangsa. Itu karena semangat daya juangnya yang tinggi dalam meraih mimpi dan sifat pantang menyerah yang melekat dalam dirinya. Sehingga tidak heran, jika banyak orang yang telah sukses meraih mimpi di usia yang muda.

Muda di sini juga tidak selalu berkaitan dengan usia, lho! Berapapun usiamu, jika kamu memiliki semangat yang tinggi untuk menggapai mimpi dan tak pernah pantang menyerah, maka kamu juga berjiwa muda! Jadi, tetap semangat mengarungi mimpi ya, teman!

#Unggul: berorientasi terhadap kemajuan

Tagline Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju. Pemerintah mempunyai visi untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia agar memiliki daya saing bahkan pada level global sekalipun. Tidak jauh berbeda nih, jika diaplikasikan pada level individu, unggul bisa diartikan sebagai sifat yang selalu berorientasi terhadap kemajuan. Kemerdekaan yang didapat tidak ada artinya jika mindset individunya tidak mau maju.

Salah satu karakteristik individu yang selalu berorientasi terhadap kemajuan adalah kompetitif. Berjiwa kompetitif merupakan hal yang baik karena selalu memiliki motivasi untuk berusaha lebih baik daripada yang lain. Namun, perlu diingat juga bahwa jiwa kompetitif yang kamu bangun, harus masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan, ya!

#Berkarya: bebas berkarya

Makna kemerdekaan yang paling penting bagi individu adalah kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi, dan bebas menuangkannya dalam karya. Merdeka tidak lagi punya makna jika setiap suara yang dilontarkan tak punya harga. Apapun profesinya, setiap orang punya cara masing-masing dalam menuangkan karya. Yang terpenting, karya yang dihasilkan bermuatan positif dan bisa dipertanggungjawabkan, ya!

Jadi, melalui tagline #Muda, Unggul, Berkarya Bob mengajak kalian agar tetap memiliki semangat tinggi dalam rangka memajukan Indonesia melalui karya-karya yang positif dimulai dari diri sendiri. MERDEKA!!!

 

 

 

 

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...