makna gerakan ekor kucing

Cat Lovers Wajib Tahu! Ini Dia 7 Makna Gerakan Ekor Kucing

Bobobox.co.id — Dalam berkomunikasi dengan manusia, kucing kerap melakukannya dengan cara mengeong. Selain itu, kucing kerap mengomunikasikannya yang mereka rasakan lewat gerakan ekor.

Sebagai pemilik kucing, kamu tentu wajib mengetahui arti gerakan ekor kucing tersebut. Dengan mengetahui arti posisi ekor kucing, kamu bisa mengetahi apa yang sedang dirasakan kucing peliharaanmu.

Jika kamu belum tahu, ada beberapa gerakan sederhana yang biasa dilakukan si anabul kesayangan. Melansir dari berbagai sumber, simak ulasan seputar makna gerakan ekor kucing berikut ini!

7 Makna Gerakan Ekor Kucing

1. Tegak dan Terangkat Tinggi

Makna gerakan ekor kucing pertama adalah posisi di mana ekor kucing tegak dan terangkat tinggi. Saat anabul melakukannya, kemungkinan besar kucing tersebut sedang merasa bahagia.

Ekor tegak dan terangkat tinggi menandakan si kucing ingin mengekspresikan kepercayaan diri, kegembiraan, atau kepuasaan. Namun, gerakan ekor ini juga bisa mengindikasikan beberapa hal.

Perilaku anabul kesayangan dalam menegakkan dan mengangkat menampilkan sapaan bersahabat dengan kucing lainnya. Di samping itu, momen tersebut jadi cara anak kucing menyapa ibunya.

Jika kamu melihat kucing peliharaan melakukan hal ini, manfaatkan momen tersebut. Coba berikan kucingmu belaian atau pelukan, bermain bersama si kucing, ataupun memberi camilan favorit peliharaanmu.

Tegak dan terangkat tinggi makna gerakan ekor kucing

Tegak dan terangkat tinggi via petplan.co.nz

2. Melilit ke Tubuh Si Kucing

Makna gerakan ekor kucing berikutnya adalah si anabul yang melilitkan ekornya ke tubuhnya sendiri. Momen satu ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa hewan peliharaanmu tersebut sedang merasa gugup.

Meski begitu, sebaiknya perhatikan detail lainnya untuk memastikannya. Misalkan saja, jika kucing melilitkan ekornya saat sedang duduk atau berbaring, itu berarti dia sedang ketakutan, defensif atau merasa tak enak badan.

Bahkan, makna posisi ekor kucing tersebut bakal berbeda jika kucing di rumah melilitkan ekornya ke tubuhnya atau majikannya. Ini justru mengindikasikan kucing sedang menyapa atau berinteraksi.

Untuk itu, pastikan kembali saat melihat gerakan ekor kucing ini. Dengan mengetahui makna posisinya, kamu pun bisa mengambil tindakan yang tepat guna menghindarkan kucingmu dari stres.

Melilit ke tubuh mkana gerakan ekor kucing

Melilit ke tubuh via Nils Jacobi/Getty Images


Baca Juga: Gatal-Gatal Saat Tidur? Waspada Kutu Kucing! Ini Dia Ciri-Cirinya Dan Cara Menghilangkannya


3. Membentuk Tanda Tanya

Salah satu posisi yang kerap dibentuk oleh ekor kucing adalah bentuk tanda taya atau kail. Nah, makna gerakan ekor kucing tersebut memberikan gambaran bahwa hewan berbulu tersebut sedang ramah.

Kucing saat memosisikan ekornya dalam bentuk ini berarti ia menerima kehadiranmu sebagai majikannya. Bahasa tubuh sang kucing merasa bahagia dan menjadikan posisi ini sebagai bentuk ‘undangan’.

‘Undangan’ yang dikirim oleh si kucing bisa kamu balas dengan menawarkan tangan untuk diendus. Tak hanya itu, kamu pun bisa membelai lembut bagian tubuh hewan peliharaanmu tersebut.

Nah, untuk area mana yang lebih baik dielus, ada beberapa yang bisa kamu coba. Kucing sebenarnya lebih suka jika dielus di sekitar kelenjar wajahnya seperti area pipi, bawah dagu, dan juga belakang telinga.

kucing membentuk tanda tanya

Membentuk tanda tanya via Nils Jacobi/Getty Images

4. Mengibaskan Ekor

Mengibaskan ekor menjadi posisi ekor kucing lainnya yang wajib kamu ketahui artinya. Makna posisi ekor kucing ini sendiri ada dua kemungkinan bergantung dari kecepatan dari kibasan ekor hewan menggemaskan tersebut.

Jika kucingmu mengibaskan ekornya dengan cepat, hal tersebut berarti sebuah peringatan. Peringatan tersebut ditujukan bagi kucing lain atau siapapun di dekatnya untuk mundur karena ia sedang gelisah.

Berbeda halnya jika kucingmu mengibaskan ekornya secara berlahan dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal tersebut memberi indikasi bahwa kucing peliharaanmu sedang fokus pada sesuatu yang ada di dekatnya.

Fokus kucing tersebut bisa terhadap apapun. Bisa terhadap mainan, hewan lain di dalam rumah, atau sesuatu yang di luar. Gerakan ini pun memungkinkan kucing tersebut untuk bersiap menerkam.

Ekor mengibas makna gerakan ekor kucing

Ekor mengibas via Georgeolsson/Getty Images


Baca Juga: Sayang Kucing Liar? Ini 10 Tips Street Feeding Yang Kamu Harus Ketahui


5. Ekor Mengembang

Pernah melihat kucing secara tiba-tiba memosisikan ekoarnya membesar dan seolah melengkung ke belakang? Makna gerakan ekor kucing tersebut memiliki makna bahwa kucing tersebut sedang merasa takut dan marah.

Hal tersebut bisa terjadi akibat kucing merasa terancam atau terkejut. Biasanya, ancaman tersebut datang secara tiba-tiba atau sesuatu hal seperti saat ada ia akan berhadapan dengan kucing atau hewan lain.

Reaksi tersebut adalah reaksi defensif di mana memberikan sinyal bahwa kucing tersebut ingin dibiarkan sendiri. Sebagai pemilik, kamu bisa menjauh terlebih dahulu dan juga menganalisis area sekitar kucing.

Cek kembali faktor apa yang menyebabkan kucingmu merasa ketakutan. Bisa saja ada kehadiran kucing lain yang kamu tidak sangka mendekat. Jika demikian, kamu bisa membawa kucing tersebut menjauh.

Ekor mengembang arti posisi ekor kucing

Ekor mengembang via Seraficus/Getty Images

6. Menggetarkan Ekor

Kerap melihat kucingmu menggetarkan ekornya? Nah, makna gerakan ekor kucing tersebut bisa mengindikasikan beberapa hal. Memahami perbedaannya bisa memberikan gambaran yang lebih presisi bagi kamu sebagai majikan.

Pada beberapa kesempatan, menggetarkan ekor memberi petunjuk bahwa kucing tersebut sedang merasa senang. Rasa senang tersebut bisa terhadap kamu, sang pemilik, dan juga kucing lain di sekitarnya.

Namun, pada beberapa kesempatan, arti posisi ekor kucing tersebut bermakna lain. Terkadang, kucing menggetarkan ekornya sambil membiarkan tegak lurus menandakan bahwa ia akan buang air kecil.

Hal tersebut juga bisa jadi cara bagaimana kucing tersebut menandai wilayah mereka. Dilansir oleh Human Society, kucing menandai wilayah mereka sebagai cara untuk mengatasi stres.

Menggetarkan ekor arti posisi ekor kucing

Menggetarkan ekor via Artsiom Petrushenka/Getty Images


Baca Juga: Wajib Tahu Sebelum Mengadopsi! Jenis Kucing Beserta Karakteristiknya


7. Membanting Ekor

Makna gerakan ekor kucing terakhir adalah saat kucing terlihat seperti membanting atau membenturkan ekornya ke tanah. Hal tersebut memberi gambaran bahkan kucingmu dalam kondisi sedang marah atau terganggu.

Gerakan tersebut memberikan sinyal bahwa hewan peliharaanmu tersebut sedang merasa terganggu. Gangguan yang dialami oleh kucing tersebut pun bisa jadi apa saja yang ada di sekitarnya.

Jika kamu sedang mengelusnya dan tiba-tiba kucing merespons dengan membanting ekornya, ada baiknya untuk menjaga jarak. Kucing memberi kode bahwa sebaiknya kamu menghentikan elusanmu tersebut.

Kucingmu bisa mendesis, menggeram, bahkan menggigit jika kamu meneruskan elusanmu. Untuk itu, jika melihat arti posisi ekor tersebut, sebaiknya perlebar jarak dan jangan ganggu kucingmu beberapa saat.

Membanting ekor arti posisi ekor kucing

Membanting ekor via © Alexmia1 | Dreamstime.com

Manjakan Dirimu dengan Menginap di Bobobox

Stres dengan kerjaan yang menumpuk? Coba manjakan dirimu dengan menginap di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang bisa membuatmu melupakan penat yang ada di pikiranmu.

Untuk itu, tak usah ragu untuk unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan podnya sekarang juga!

Bob tunggu kehadiranmu di Bobobox terdekat di kotamu, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles