Jamie Street/Unsplash

Persiapkan Perayaan Natal dengan Ornamen-Ornamen Natal Penuh Makna Berikut Ini!

Perayaan Natal biasanya dimeriahkan dengan berbagai pernak-pernik cantik yang membuat suasana rumah penuh kilau dan gemerlap. Selain menyenangkan, kehadiran pernak pernik tersebut juga memberi keindahan dan membuat Natal terasa semakin hidup dan penuh keajaiban.

Di balik keindahannya tersebut, tahukah kamu bahwa pernak-pernik itu ternyata menyimpan makna mendalam. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah makna di balik pernak-pernik Natal.

Pohon Natal

@lyndaann1975/Unsplash

Baik asli maupun artificial, pohon Natal berhiaskan kelap-kelip lampu dan hiasan lainnya menjadi salah satu dekorasi wajib di kala Natal tiba. Tradisi menghias rumah dengan pohon Natal sendiri diyakini bermula dari Jerman pada abad ke-16. Namun, tradisi tersebut diperkirakan sudah ada jauh sebelum itu, yakni sejak zaman Mesir dan Roma Kuno. Lalu, apakah makna di balik pernak-pernik Natal ini?

Jauh sebelum agama Kristen datang, pohon hijau abadi seperti cemara dan pinus kerap digunakan dalam festival musim dingin. Pohon tersebut tetap berwarna hijau sepanjang tahun, bahkan di musim dingin yang keras sekalipun. Karenanya, pohon tersebut identik dengan simbol kehidupan abadi. Selain itu, bagi orang-orang Mesir, Celtic, Druid, Roma dan Viking, kehadiran pohon hijau abadi juga dipercaya menjadi penghalau terhadap roh jahat dan penyakit.

Menurut sejarah terciptanya, pohon Natal diyakini bermula dari Santo Bonifasius, seorang penyebar agama Kristen di Jerman. Dia disebut-sebut murka akibat pertemuannya dengan orang-orang yang tengah memuja pohon oak. Pohon itu pun ditebang lalu setelahnya tumbuhlah tunas cemara dari akar pohon yang telah tumbang tersebut. Kejadian ini pun menjadi simbol kesetiaan umat Kristiani terhadap keimanannya.

Baca Juga: Sebentar Lagi Natal! Yuk Bersihkan Pohon Natalmu Dengan Mengikuti Tips-Tips Berikut Ini!

Lilin

@maxvonbeck/Unsplash

Penggunaan lilin sangat identik dengan Christmas carol sebagai penerang saat ibadah berlangsung. Meski memancarkan cahaya kecil, lilin memberikan suasana teduh di tengah kekhusyukan ibadah.

Selain itu, lilin juga pernah menjadi hiasan Natal di masa lampau sebelum kehadiran lampu pijar serta lilin elektrik seperti sekarang ini. Meski begitu, lilin masih kerap digunakan sebagai dekorasi rumah agar suasana Natal semakin hidup dan meriah.

Lalu, apa sih makna di balik pernak-pernik Natal ini? Lilin dengan sedikit cahayanya menandakan adanya harapan di tengah kegelapan. Hal ini merujuk pada kehadiran Yesus sebagai Cahaya Dunia. Yesus terlahir untuk menjadi penerang dan membebaskan dunia dari belenggu kegelapan yang telah menyebar karena dosa yang diperbuat manusia. Dia juga menjadi penunjuk menuju jalan yang lurus melalui cara hidup dan cinta-Nya.

Wreath

Jez Timms/Unsplash

Wreath menjadi pernak-pernik lainnya yang kerap dijumpai dalam perayaan Natal. Wreath ini biasanya berupa rangkaian daun cemara yang dibentuk melingkar dengan hiasan buah ceri.  Pernak-pernik satu ini biasanya diletakkan di depan pintu atau jendela rumah.

Selain sebagai hiasan, ternyata ada makna di balik pernak-pernik Natal ini. Wreath diyakini menjadi simbol cinta kasih Tuhan yang abadi serta tidak pernah putus kepada seluruh umat-Nya. Tidak hanya itu, bentuk rangkaian tersebut juga terinspirasi dari mahkota duri yang dipakai Yesus saat peristiwa penyaliban. Sementara itu, buah ceri yang berwarna merah menggambarkan darah Yesus yang tumpah di kayu Salib.

Bintang

Jonathan Chng/Unsplash

Saat Natal tiba, pernak-pernik berbentuk bintang tidak pernah absen menghiasi kemeriahan perayaan tersebut. Pernak-pernik satu ini biasanya akan kamu jumpai di puncak pohon Natal.

Apa sih makna di balik pernak-pernik Natal satu ini? Bintang pada pohon Natal mengacu pada kemunculan bintang di langit saat Juru Selamat lahir. Bintang tersebut berkilau tidak biasa sebab ia begitu terang dan cerah sepanjang malam.

Bintang ini kemudian dikenal dengan nama Bintang Betlehem, penunjuk jalan bagi tiga orang majus menuju palungan tempat bayi Yesus dilahirkan. Hal ini juga bisa dimaknai sebagai Yesus yang menjadi penunjuk jalan yang penuh kebenaran dan keselamatan bagi langkah hidup umat-Nya.

Sinterklaus

CHUTTERSNAP/Unsplash

Meski tidak disinggung dalam Alkitab, Sinterklaus menjadi salah satu simbol yang sangat melekat dengan perayaan Natal. Sinterklas sendiri diketahui sebagai sosok kakek berbaju dan bertopi merah dengan janggut putih panjang yang menenteng kantung besar berisi hadiah. Apakah makna di balik pernak-pernik Natal ini?

Sinterklaus disebut-sebut sebagai seorang uskup bernama St. Nicholas dari negeri Myra. Dia digambarkan sebagai seorang yang sangat dermawah, murah hati dan senang membantu. Dia kerap memberikan hadiah dan uang tanpa memberitahukan identitasnya dengan mengenakan pakaian musim dingin berwarna merah dan berbulu. Kisahnya pun terus berkembang hingga saat ini sehingga menciptakan tradisi yang sangat diminati anak-anak.

Menambahkan Sinterklaus sebagai salah satu pernak-pernik Natal pun dipercaya dapat membawa anugerah dan kebahagiaan di tengah sukacaita Natal. Pasalnya, Sinterklaus menjadi  simbol kebaikan Tuhan dan rezeki.

Permen Tongkat

@kellysikkema/Unsplash

Permen tongkat atau candy cane dikenal sebagai salah satu makanan khas Natal sekaligus dekorasi gantung pada pohon Natal. Permen satu ini memang berbentuk huruf ‘J’ atau seperti tongkat mini dengan warna merah putih.

Apa sih makna di balik pernak-pernik Natal ini? Permen tongkat ternyata menggambarkan tongkat yang dipakai gembala untuk mengatur domba-domba serta membawa kembali mereka yang tersesat.

Hal ini berkaitan dengan tugas Yesus sebagai gembala manusia. Dalam Alkitab, Yesus adalah gembala yang memandu langkah manusia dan melindungi mereka dari hal buruk nan jahat. Sementara itu, warna putih pada permen tongkat melambangkan kemurnian Yesus sedangkan warna merah adalah perlambang darah-Nya yang bercucuran.

Baca Juga: Sambut Natal Dengan Makanan-Makanan Khas Natal Di Indonesia Berikut Ini!

Kaus Kaki

@addymae/Unsplash

Kaus kaki adalah pernak-pernik wajib lainnya yang selalu ada untuk memeriahkan perayaan Natal. Pernak-pernik satu ini biasanya berwarna merah dan digantung pada pohon Natal, di atas perapian atau pintu-pintu. Adakah makna di balik pernak-pernik Natal ini?

Meski terlihat sederhana, kaus kaki ternyata memiliki makna yang mendalam lho. Penggunaan kaus kaki juga terinspirasi dari kisah St. Nicholas yang melemparkan koin ke dalam kaus kaki miliki tiga orang wanita yang digantungkan di atas perapian. Ketiga wanita tersebut diceritakan tengah membutuhkan uang sebagai mas kawin serta untuk menjauhkan diri mereka dari pelacuran.

Akibatnya, tradisi menggantung kaus kaki pun terus berkembang. Anak-anak percaya bahwa jika mereka bersikap baik, kaus kaki mereka akan terisi oleh hadiah. Hal ini tentu membangkitkan semangat bagi seluruh umat agar tetap menjalani hidup dengan baik di dunia.

Lonceng

@kwerdenker/Unsplash

Selain bintang, pernak-pernik lonceng juga selalu hadir memeriahkan perayaan Natal. Tentunya, ada makna di balik pernak-pernik Natal ini. Lonceng mulanya dibunyikan sebagai peringatan lahirnya Yesus Kristus. Hal tersebut menjadi simbol sukacita akan kedatangan Yesus yang membawa kedamaian di dunia serta kegembiraan dalam menyambut kelahiran-Nya. Dengan kata lain, lonceng dijadikan sebagai lambang kegembiraan dan keceriaan.

Malaikat

laura adai/Unsplash

Pernak-pernik malaikat juga tampak sering menghiasi bagian puncak atau dahan-dahan pohon Natal. Makna di balik pernak-pernik Natal ini bisa mengacu pada malaikat muncul di Betlehem dan diutus untuk menyebarkan berita kelahiran Yesus. Selain itu, perna-pernik ini juga menjadi perlambang para malaikat yang melindungi dan mengawasi manusia.

Liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata nih! Daripada bingung harus ke mana, pintu Bobobox terbuka lebar untuk memberi kamu pengalaman menginap yang asyik dan menyenangkan dalam menyambut hari baru.

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi! Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang dijamin bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, kamar mandi bersama, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles