Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Misterius dan Menyeramkan, Simak 10 Makhluk Mitos Laut Paling Menyeramkan Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Laut adalah tempat yang sangat luas dan sangatlah misterius. Tak mengherankan jika kita tidak bisa memastikan apa yang ada di dalamnya, termasuk makhluk mitos laut.

Banyak kisah yang menceritakan tentang makhluk-makhluk tersebut. Namun, apakah makhluk mitos tersebut memang ada nyatanya atau hanya sekadar cerita belaka?

Pasalnya, banyak orang yang mengaku pernah melihat beberapa makhluk mitos tersebut dengan mata mereka sendiri. Namun, banyak orang juga yang menyangsikan pengakuan tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah penjelasan lengkap soal makhluk mitos laut.

Daftar Makhluk Mitos Laut Paling Menyeramkan

1. Kraken

Makhluk mitos laut pertama adalah Kraken. Bagi kamu yang sempat menonton Pirates of Carribean dan Clash of the Titans mungkin sempat melihat dan mendengar nama makhluk satu ini.

Hewan seperti gurita raksasa ini sempat disebut dalam beberapa legenda. Dalam beberapa cerita, kraken mampu menenggalamkan dan merusak kapal yang ada di hadapannya.

Sekitar abad ke-13, pelaut zaman itu selalu merasa khawatir ketika berlayar. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Mereka merasa was-was karena takut akan serangan tiba-tiba dari makhluk ini.

makhluk mitos laut kraken
sumber: history.com

2. Cetus

Makhluk mitos laut berikutnya adalah Cetus. Monster laut ini memiliki tubuh yang aneh dan mengerikan. Ini bisa terlihat dari bentuknya yang seperti anjing laut bersisik tetapi memiliki sirip dan dua kaki.

Tak hanya, tubuh Cetus memiliki ekor seperti duyung pada bagian belakang. Hewan satu ini berasal dari mitologi Yunani yang mengisahkan terciptanya hewan in dari beberapa hewan.

Pada mitologi Yunani, makhluk mitos laut ini adalah makhluk yang ditaklukkaan oleh Hercules dan Perseus ketika kedua dewa Yunani tersebut ingin menyelamatkan Andromeda.

makhluk mitos laut Cetus
sumber: commons.wikimedia.org

3. Leviathan

Leviathan adalah makhluk mitos laut yang berasal dari mitologi Yahudi. Melansir laman newworldencyclopedia.org, masyarakat percaya bahwa makhluk ini adalah simbol kreativitas Tuhan.

Uniknya, leviathan sendiri dideskripsikan memiliki wujud yang berbeda di beberapa wilaah. Walaupun begitu, secara garis besar, ada benang merah yang bisa disimpulkan dari deskripsi ini.

Secara umum, makhluk mitologi tersebut mempunyai tubuh yang luar biasa besar, panjang, bersisik, dan tampak seperti naga. Mereka juga mempunyai cakar dan gigi yang sangat tajam.

leviathan
sumber: intisari.grid.id

Baca Juga: Mengerikan! Ini Dia 10 Makhluk Mitologi Paling Seram Dalam Mitologi Dunia


4. Loch Ness

Makhluk mitos yang satu ini mungkin tidak tinggal di laut, tapi cukup menyeramkan juga loh! Makhluk satu ini diceritakan dari mulut ke mulut dan diberitakan sempat muncul di perairan Skotlandia lebih tepatnya di sebuah loch atau danau yang bernama Ness.

Dari penampakannya, loch ness memiliki tampilan seperti plesiosaurus yang memiliki leher panjang. Berkat lehernya tersebut, ia bisa menyembul ke permukaan air tanpa memperlihatkan tubuhnya.

Banyak orang yang mengaku pernah melihat makhluk mitos ini. Sayangnya, hingga saat ini, keberadaannya masih belum terbukti nyawa. Namun, tetap saja, namanya populer, khususnya di kalangan anak-anak.

makhluk mitos laut Loch Ness
sumber: mongabay.co.id

5. Lernaean Hydra

Hydra atau dikenal juga dengan nama learnaean hydra adalah hewan yang menjadi teror di mitologi Yunani. Hal ini bisa dilihat dari bagaimaan tubuhnya yang begitu menyeramkan.

Tubuhnya menyerupai dinosaurus dengan banyak kepala. Hal yang mengerikan adalah saat salah satu kepalanya putus, maka akan ada dua kepala yang tumbuh di bagian yang terluka tersebut.

Diceritakan, bahwa orang yang berhadap dengan makhluk mitos laut ini bisa dipastikan mati. Dalam sejarah mitologi Yunani, hanya satu orang saja yang bisa melakukannya, yakni Hercules.

makhluk mitos laut Learnaean Hydra
sumber: deepseawaters.com

6. Hippocampus

Berasal dari mitologi Yunani, makhluk mitos laut berikutnya adalah hippocampus. Makhluk tersebut digambarkan seperti kuda tetapi tidak hidup di darat melainkan hidup di lautan.

Berbeda dengan kuada pada umumnya, makhluk mitos ini bertubuh licin layaknya ikan. Tak hanya licin, hippocampus memiliki sirip dan ekor serta kaki yang dilengkapi dengan selaput.

Dengan tubuhnya tersebut, makhluk ini bisa bergerak dengan lincah di dalam air. Menurut kisah yang beredar, hippocampus adalah kuda yang sering ditunggangi oleh Poseidon.

hippocampus
sumber: fiction-taxonomy.fandom.com

Baca Juga: Power Within Beauty: 10 Makhluk Mitologi Yang Cantik Namun Mematikan


7. Aspidochelone

Kamu mungkin pernah melihat kura-kura sepanjang hidupmu. Namun, pernahkah kamu melihat kura-kura raksasa yang ditumbuhi pepohonan sehingga kerap dianggap seperti sebuah pulau?

Penjelasan tersebut yang menggambarkan dengan jelas makhluk mitos aspidochelone. Dalam bahasa Yunani, makhluk ini berarti kura-kura. Namun, tubuhnya berbeda dengan kura-kura yang kita kenal.

Walaupun begitu, penggambaran aspidochelone sendiri memiliki perbedaan dari satu ke cerita lainnya. Salah satu kisah mengambarkan aspidochelone sebagai paus yang sering mengambang di lautan.

makhluk mitos laut Aspidochelone
sumber: warriorsofmyth.fandom.com

8. Finfolk

Finfolk atau dikenal juga finnfolk adalah makhluk mitos laut dan penyihir pengubah bentuk. Disebutkan bahwa makhluk ini hidup di laut khususnya di laut Finfolk, Kepulauan Orkney, Skotlandia.

Makhluk menyeramkan ini akan menculik siapa saja yang mendekat. Biasanya, orang yang diculik tidak merasa curiga karena keberadaan finfolk yang tidak terdeteksi manusia.

Berdasarkan mitologi, siapa pun yang berhasil diculik oleh makhluk ini akan berakhir tragis. Pasalnya, orang yang diculik akan dipaksa untuk menjadi budak para finfolk seumur hidup.

finfolk
sumber: Youtube.com

9. Jörmungandr

Jörmungandr adalah makhluk mitos laut lainnya. Dikenal juga dengan nama world serpent, makhluk ini adalah ulat laut besar yang berasal dari mitologi skandinavia.

Makhluk tersebut dipercaya sebagai anak dari dewa penipu terkenal Loki dan raksasa Angrboða. Dulunya, Jörmungandr dibuang oleh Odin ke lautan hingga membuatnya menjadi lebih besar.

Salah satu kedatangan Ragnarok adalah jika terjadi kerusuhan hebat di laut. Hal tersebut membuat makhluk mitos laut ini akan melepaskan ekor dari mulutnya dan menerjang lawan-lawannya.

makhluk mitos laut Jormungandr
sumber: gods-and-demons.fandom.com

Baca Juga: Simak Fakta Seputar Dewi Penguasa Lautan Mitologi Indonesia Berikut Ini


10. Scylla dan Charybdis

Makhluk mitos laut terakhir adalah scylla dan charybdis. Kedua makhluk ini dianggap satu paket karena selalu bekerja sama untuk meneror siapa pun yang memasuki wilayah mereka.

Scylla sendiri merupakan monster yang memiliki enam kepala panjang yang menyerupai hydra atau lernaean. Ia hidup di atas yang berada di sebuah selat sempit.

Sementara itu, chardbdis adalah pusaran air yang berada di dekat syclla. Saat ada sebuah kapal melintas dan menghindari batu scylla, mereka akan terperangkap dalam pusaran charybdis.

makhluk mitos laut Scylla dan Charbdis
sumber: medium.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Kamu kesulitan mencari penginapan nyaman yang pas di dompet? Kamu tidak usah khawatir, karena ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau untuk kamu yang sedang liburan bujet.

Harga inap yang murah tidak membuat fasilitas yang ditawarkan pun murahan. Malahan, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas keren yang sudah disediakan oleh pihak Bobobox di setiap podnya.

Jika kamu tertarik, tak ada salahnya untuk mencoba menginap di Bobobox terdekat. Untuk informasi lebih lanjut soal pemesanan tiap podnya, unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini.

bobobox indonesia hotel kapsul

You might also like