Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengerikan! Ini Dia 10 Makhluk Mitologi Paling Seram dalam Mitologi Dunia

Ada yang dijuluki father of all monsters!

Bobobox.co.id — Sejarah dunia tak hanya diisi oleh peristiwa-peristiwa yang dapat dicerna secara nalar. Ada pula sejarah mengenai mitos makhluk-makhluk mitologi yang sempat berada di bumi.

Salah satu kisah paling terkenal adalah kisah mitologi Yunani kuno. Pasalnya, peradaban Yunani kuno memang identik dengan cerita dewa-dewi Olympian seperti Zeus dan makhluk mitologi paling seram di dunia.

Makhluk mitologi paling seram tersebut digambarkan sebagai monster yang begitu kejam dan sulit ditaklukan. Tiap makhluk mitologinya sendiri pun digambarkan memiliki ciri khas dan kisahnya masing-masing.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan Bob mengenai 10 makhluk mitologi paling seram di dunia. Benar-benar mengerikan!

Ahool

Makhluk mitologi paling seram di dunia pertama adalah Ahool. Penamaan makhluk mitologi Indonesia ini didasari atas teriakan dari makhluk tersebut yang terdengar seperti teriakan ahoool.

Ahool sendiri dipercaya mendiami Gunung Salak dan hutan tropis yang ada di Pulau Jawa. Selain itu, cerita lain menyebutkan bahwa makhluk ini kerap terlihat jongkok dengan sayap tertutup di hutan.

Konon, kemunculan pertama kali makhluk berbentuk seperti kelelawar raksasa ini muncul pada tahun 1925. Kemunculan makhluk mitologi ini ada dalam jurnal seorang ahli burung asal Eropa, Dr. Ernest Bertels.

makhluk mitologi paling seram ahool
Ahool via indozone.id

Chimera

Makhluk mitologi paling seram berikutnya adalah Chimera. Makhluk satu ini merupakan makhluk memiliki badan dan kepala layaknya singa namun dengan kepala kambing pada punggungnya dan ular pada ekor.

Chimera terkenal akan napasnya yang berupa api. Tak hanya itu, ulah dari makhluk mitologi Yunani terbilang mengerikan. Makhluk menyeramkan ini tak akan segan-segan untuk membakar ternak dan petani yang tak bersalah.

Dalam mitologi Yunani, kehadiran dari makhluk ini kerap dikait-kait dengan hal buruk. Masyarakat Yunani percaya bahwa kedatangannya dianggap sebagai pertanda akan datangnya bencana alam seperti badai dan kecelakaan.

devianart/Javier Gonzalez via devianart.com

Baca Juga: 10 Urban Legend Indonesia Yang Bikin Kamu Takut Tidur Sendirian


Hydra

Makhluk menyeramkan satu ini tak hanya terkenal sebagai salah satu monster paling menakutkan tetapi juga paling berbahaya. Makhluk mitologi paling seram yang dimaksud oleh Bob kali ini adalah Hydra.

Hydra digambarkan sebagai monster berwujud ular raksasa dengan jumlah kepala tak terhitung. Monster satu ini dipercaya akan menumbuh dua kepala baru sebagai ganti jika satu kepala makhluk ini dipotong.

Tak hanya itu, napasnya yang beracun sangat berbahaya bagi siapapun yang menghirup. Tak heran jika makhluk mitologi Yunani ini adalah teror dalam kisah dewa-dewi Yunani sebelum dibunuh oleh Hercules.

Hydra via reddit.com

Medusa

Makhluk mitologi paling seram berikutnya ini masih berkaitan dengan ular. Namun, tak seperti makhluk sebelumnya, makhluk satu ini berwujud seorang perempuan namun memiliki rambut ular berbisa.

Pada awalnya, Medusa sendiri sebenarnya hanyalah manusia normal seperti kebanyakan. Namun, ia dikutuk menjadi monster berambut ular oleh Athena yang cemburu atas kecantikan yang dimiliki Medusa.

Tak hanya rambut ular yang berbisa, Medusa terkenal sebagai makhluk mengerikan karena tatapannya. Setiap orang yang menatap mata Medusa, orang tersebut akan berubah menjadi seonggok batu.

Medusa via pinterest.com

Minotaur

Nah, makhluk mitologi paling seram satu ini sama seperti halnya Medusa. Jika Medusa adalah seorang wanita berambut ular berbisa, Minotaur adalah monster pria yang berkepala banteng dengan tanduk tajam.

Diceritakan bahwa Minotaur sendiri berasal dari Pulau Kreta, Yunani. Tak hanya itu, Minotaur sendiri hidup di dalam labiran bawah tanah yang dibuat oleh Daedalus dan berada tepat di bawah istana Raja Minos.

Keganasan dari makhluk menyeramkan terlihat dari sebuah cerita. Konon, setiap tahun bakal ada tujuh laki-laki dan perempuan yang datang ke labirin ia tinggal. Namun, kebanyakan dari mereka tewas dimangsa.

Minotaur via mythologysource.com

Cerberus

Cerberus adalah makhluk mitologi paling seram di dunia berikutnya. Tak seterkenal Medusa, makhluk ini tetap tak kalah menyeramkan dan bahkan mengemban tugas yang siap bikin bulu kuduk merinding.

Berbeda dengan anjing manusia, Cerberus sendiri anjing peliharaan dari seorang dewa kematian, Hades. Oleh Hades, makhluk berkepala tiga ini ditugaskan untuk menajga pintu masuk dunia bawah.

Dunia bawah atau dunia orang mati tak boleh dilewati oleh manusia. Siapapun yang mendekat, Cerberus tak segan akan memakan manusia tersebut. Ia hanya memperbolehkan roh manusia yang masuk ke dunia bawah.

Cerberus via ancient-origins.net

Baca Juga: 10 Film Horor Thailand Terseram Versi Bob. Siap Bikin Kamu Sulit Tidur!


Wendigo

Makhluk mitologi satu ini dianggap menyeramkan karena penamapakan diri yang membuat siapapun yang melihat bakal terdiam. Pasalnya, makhluk ini memiliki tubuh membusuk dan isi tubuh berceceran.

Makhluk tersebut adalah Wendigo. Wendigo sendiri dipercaya oleh Suku Indian Amerika sebagai roh manusia yang telah dikutuk dan menjadi jahat. Kejahatan yang ia lakukan adalah kerap melahap manusia dan makhluk hidup lainnya.

Selain itu, ia pun mampu memerintahkan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Cerita menyeramkan soal makhluk mitologi paling seram ini tersebar luas di wilayah Amerika bagian Utara dan sekitaran Kanada.

Wendigo via mythologian.net

Orang Bati

Sama seperti Ahool, Orang Bati merupakan makhluk mitologi bersayap yang hanya muncul di malam hari.

Menurut para saksi, Orang Bati memiliki kepala dan tubuh kera, tetapi bersayap kelelawar.

Orang Bati tinggal di Pulau Seram, Maluku dan menyukai anak kecil sebagai mangsa utamanya.

Orang bati via blog.misteraladin.com

Cyclops

Saat mendengar nama Cyclops, mungkin tak sedikit orang yang teringat superhero Marvel. Namun, nyatanya, Cyclops sendiri merupakan makhluk mitologi paling seram dengan ciri khas bermata satu.

Selain ciri khas bermata satu yang ada di dahi, makhluk ini dikenal dengan tubuhnya yang besar layaknya raksasa. Kekuatan yang ia miliki ini membuat makhluk menyeramkan ini ‘dibuang’ ke Tartarus.

Tartarus adalah jurang dalam di bawah tanah yang menjadi penjara para Titan. Cyclops pun akhirnya bebas saat dewa-dewi Olympus berkuasa. Atas pembebasan itu, ia pun berterima kasih dengan cara mengabdi.

John Hodgson via deviantart.com

Typhon

Makhluk mitologi paling seram terakhir di daftar ini adalah Typhon. Dalam mitologi Yunani, makhluk satu ini mendapatkan julukan sebagai Father of All Monsters atau bapak dari semua makhluk menyeramkan.

Makhluk paling ganas ini bertubuh besar dan kepalanya bisa menyentuh bintang-bintang saat ia berdiri. Saking besarnya makhluk ini, dua sayapnya dipercaya mampu menutupi matahari ketika dibentangkan.

Kekuatan yang Typhon miliki hanya bisa ditandingi oleh Zeus. Bahkan, saat keduanya bertarung, bumi dilanda gempa bumi dan tsunami di mana-mana. Setelah kalah oleh Zeus, Typhon dipenjara di Tartarus selamanya.

Typhon via mythologian.net

Tak perlu Takut Tidur saat Baca Cerita Menyeramkan di Bobobox

Setelah membaca beberapa ceritanya di pods Bobobox, kamu mungkin bisa takut untuk tidur sendiri. Namun, kamu tak usah khawatir karena kamu tidak akan tidur sendiri di Bobobox karena konsep shared living yang diusung.

Jadi, banyak orang kok yang ada di luar pod yang sedang kamu inapi. Oleh karenanya, kamu pun bisa tidur nyenyak tanpa takut akan kesendirian yang datang.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menginap di Bobobox, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjutnya ya!

You might also like