Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-hati memilih makanan! Ini Dia Jenis-Jenis Makanan yang Tidak Baik Untuk Kulitmu

Jauhkan kulit kamu dari jerawat hingga penuaan dini

Memiliki kulit sehat dan cantik adalah dambaan semua orang. Karena itu, tak heran banyak yang rela merogoh kocek dalam untuk merawat kulit mereka agar selalu tampil paripurna. Namun, perawatan dari luar saja tentu tidak cukup.

Perlindungan dari dalam pun wajib kamu lakukan agar kulit senantiasa sehat. Kamu tetap perlu berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, serta menjaga pola makan dan menghindari makanan-makanan yang berisiko memberikan efek buruk pada kulit kamu.

Ada banyak jenis makanan yang memang pantang kamu konsumsi berlebihan jika ingin menghindari kerusakan pada kulit seperti jerawat, keriput, flek hitam, kusam, dan lainnya. Apa saja sih pantangan makanan kulit sehat itu? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

@viazavier via Unsplash

Nasi putih, roti tawar, pasta putih, kentang merupakan beberapa di antara makanan dengan indeks glikemik tinggi sehingga termasuk pantangan makanan kulit sehat. Melansir Cleveland Clinic, makanan jenis ini dapat menyebabkan breakout karena adanya lonjakan kadar insulin. Sebagai alternatif, kamu bisa menggantinya dengan roti gandum.

Selain itu, bagi yang terbiasa dengan nasi putih, kamu mungkin sulit menghindari apalagi menghentikan konsumsinya. Untuk itu, kamu bisa mengimbanginya dengan menambahkan makanan tinggi protein seperti ayam, kacang-kacangan, dan semacamnya untuk memperlambat waktu pencernaannya.

Karbohidrat dalam makanan jenis ini dapat dengan cepat diserap ke dalam aliran darah yang kemudian meningkatkan kadar gula dalam darah. Saat kadar gula darah meningkat, kadar insulin juga ikut naik untuk membantu mengeluarkan gula dari aliran darah ke dalam sel kamu. Nah, peningkatan insulin inilah yang berisiko memperburuk keadaan kulit kamu. Dia akan memicu pertumbuhan jerawat dengan mendorong pertumbuhan sel kulit dan meningkatkan produksi minyak.

BACA JUGA: Skincare Baru Malah Bikin Jerawatan? Kenali Perbedaan Breakout Dan Purging Demi Kulit Yang Selalu Glowing!

Kopi

Nathan Dumlao via Unsplash

Kopi memang sangat membantu saat kamu sedang suntuk dan dituntut untuk terus melek. Namun, konsumsi makanan tersebut tentu lebih baik dibatasi karena kopi juga dianggap sebagai pantangan makanan kulit sehat. Konsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan produksi kortisol yang dikenal sebagai hormon stres. Kortisol ini diyakini dapat mempercepat proses penuaan dini dengan mengikis kulit kamu.

Makanan Berpewarna

@amit_lahav via Unsplash

Di zaman modern ini, pewarna makanan semakin marak digunakan untuk memberikan sentuhan menarik pada makanan yang kamu konsumsi. Namun, sebagaimana kamu tahu, pewarna makanan yang kini digunakan adalah pewarna buatan yang diproduksi oleh pabrik. Pewarna makanan itu dapat menyebabkan inflamasi yang kemudian menunjukkan kehadirannya dalam bentuk breakout, penuaan dini, serta kemerahan sebagai bentuk reaksi alergi.

Alkohol

@drew_beamer via Unsplash

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alkohol memang tidak baik dikonsumsi demi kesehatan tubuh, termasuk kulit. Alkohol ini menjadi salah satu pantangan makanan kulit sehat karena sifatnya yang deuretik (menarik cairan dari tubuh) sehingga tubuh akan dehidrasi dan kehilangan kelembapannya. Kulit pun menjadi kering dan garis-garis halus serta kerutan tampak lebih kentara.

BACA JUGA: Ingin Kulit Tampak Lebih Cerah? Konsumsi 7 Makanan Kaya Probiotik Berikut Ini

Makanan dan Minuman Manis

@nosova via Unsplash

Makanan dan minuman manis adalah favorit banyak orang dan hadir dalam berbagai bentuk dan rasa yang memanjakan lidah. Sebut saja permen, kue, pudding, soda, teh manis dan masih banyak lagi. Sayangnya, konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi ini dianggap sebagai pantangan makanan kulit sehat. Jenis makanan satu ini dipercaya dapat mempercepat penuaan pada kulit seperti keriput dan kulit kendor. Menurut American Academy of Dermatology, mengurangi konsumsi gula dapat membantu melindungi elastin dan kolagen di dalam kulit.

BACA JUGA: Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan

Makanan Kaleng dan Daging Olahan

@ballparkbrand via Unsplash

Makanan kaleng serta daging olahan seperti sosis dan nugget memang praktis dan sangat membantu di kala kamu sedang repot dan tidak ingin memasak yang aneh-aneh. Namun, makanan jenis tersebut bisa menjadi pantangan makanan kulit sehat karena kandungan zat aditif serta pengawet dalam jumlah tinggi.

Daging olahan biasanya tinggi nitrat dan sodium. Nitrat disinyalir dapat merusaka kulit dengan menimbulkan inflamasi dan kerutan sedang sodium dapat membuat kulit kering dan menurunkan produksi kolagen. Jika terpaksa mengonsumi makanan tersebut, pastikan tidak berlebihan dan jangan lupa untuk minum banyak air putih.

Gorengan

Markus Winkler via Unsplash

Makanan yang digoreng memang sangat lezat namun berisiko menimbulkan berbagai penyakit serta tidak baik untuk kesehatan kulit kamu. Makanan yang digoreng sudah pasti mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, makanan yang diproses pada suhu tinggi akan meningkatkan molekul AGE yang dapat merusak kolagen serta elastin. Dengan begitu, penuaan dini pun tak dapat dihindari.

Keripik

Markus Winkler via Unsplash

Keripik adalah salah satu jenis camilan favorit untuk menemani berbagai aktivitas seperti menonton, baca buku, mengobrol dan sebagainya. Namun, sebaiknya kamu batasi konsumsi makanan satu ini sebab termasuk pantangan makanan kulit sehat. Keripik biasanya mengandung banyak garam dan hal tersebut diyakini dapat menyebabkan kulit lelah dan kusam.

Bumbu Pelengkap

@louishansel via Unsplash

Kamu mungkin sering kali menambahkan pelengkap seperti saus, kecap, dan mayonnaise pada makanan kamu. Ternyata, bumbu pelengkap ini juga bisa menjadi pantangan makanan kulit sehat. Makanan tersebut bisa dianggap sebagai sumber lain dari gula dan sodium yang dapat menimbulkan stres pada kulit. Selain itu, mayonnaise juga dikenal tinggi akan lemak omega-6 yang dapat memicu proses peradangan sehingga kulit tampak kusam dan berjerawat.

Cokelat

Pushpak Dsilva via Unsplash

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang dicintai banyak orang. Sayangnya, makanan satu ini termasuk pantanan makanan kulit sehat. Melansir Healthline, cokelat sudah diduga menjadi pemicu timbulnya jerawat sejak tahun 1920an meskipun belum ada kesepakatan pasti yang dicapai. Pada sebuah studi yang melibatkan para pria denga kulit yang rentan berjerawat, konsumsi cokelat setiap hari menyebabkan peningkatan jumlah jerawat hanya dalam waktu dua minggu. Hal tersebut memang belum bisa kamu jadikan dasar, namun tidak ada salahnya kamu membatasi konsumsi makanan satu  ini apalagi jika kadar gulanya tinggi.

Protein Whey

@drinkctrl via Unsplash

Protein whey kerap kali dijumpai dalam bentuk suplemen bubuk dalam bahan milkshake. Protein satu ini kaya akan asam amino leusin dan gulatamin yang berperan dalam membuat sel kulit tumbuh dan terbelah lebih cepat. Hal ini biasanya dapat memicu tumbuhnya jerawat. Selain itu, asam amino ini juga dapat memicu tubuh untuk memproduksi kadar insulin yang lebih tinggi dan akhirnya memicu timbulnya jerawat.

Daging Berlemak

Kyle Mackie via Unsplash

Pantangan makanan kulit sehat lainnya adalah daging berlemak. Potongan daging berlemak biasanya tinggi akan lemak jenuh dan hal ini kerap kali dikaitkan denan tingginya konsentrasi faktor peningkatan insulin. Tingginya konsentrasi tersebut kemudian merangsang produksi hormon seks yang dapat meningkatkan produksi jerawat.

Meski begitu, kebanyakan orang tentu tidak dapat lepas dari daging yang berperan sebagai sumber protein. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan menghindari daging berlemak. Misalnya, pada ayam kamu bisa menghindari bagian berlemak dan kulit seperti sayap dan lebih memilih daging di bagian dada yang umumnya tidak berlemak dan tanpa kulit.

Sementara itu, daging sapi dengan sedikit lemak biasanya berada di bagian dalam, tenderloin (has dalam), sirloin (has luar), dan sekitar leher. Untuk daging kambing, kamu bisa memilih bagian has dalam serta sekitar punggung dan kaki.

Makanan Cepat Saji

Jonathan Borba via Unsplash

Kamu tentu sudah tahu bahwa makanan cepat saji yang banyak jual di pasaran memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit kamu. Tingginya kadar lemak jenuh, kalori serta karbohidrat olahan dalam makanan tersebut dipercaya dapat menyebabkan jerawat apalagi jika dikonsumsi secara berkala.

Selain menhindari dan membatasi makanan yang menjadi pantangan makanan kulit sehat, kamu juga perlu memastikan agar terjauh dari stres yang juga bisa menjadi pemicu kulit yang tidak sehat. Sesekali, kamu bisa meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan menjauh dari kepenatan. Bingung soal akomodasi? Bobobox saja!

Hotel kapsul ini dilengkapi dengan fasilitas moodlamp yang memang dirancang demi kenyamanan pengungjung. Selain memberikan nilai estetik, fitur satu ini juga dibuat untuk memastikan kamu memiliki kualitas tidur yang baik walau jauh dari rumah. ada banyak pilihan warna lampu yang bisa kamu sesuaikan sesuai keinginan sehingga kamu bisa tidur kamu dengan nyaman.  Yuk unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store dan jangan sampai lewatkan promo-promo terbaru dari Bob!

You might also like