Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pelupa? Coba 10 Minuman dan Makanan yang Membantu Ingatan agar Lebih Tajam

Konsumsi secara rutin, ya!

Bobobox.co.id — Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ satu ini yang berfungsi untuk menjadi pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat.

Tak mengherankan jika otak memerlukan energi dalam jumlah yang cukup siginifikan. Otakmu memerlukan 20 persen dari kalori yang masuk dalam tubuh. Kamu bisa membayangkan banyaknya kalori yang dibutuhkan.

Untuk menjaga kinerja otak agar tetap optimal seperti mampu berkonsentrasi sepanjang hari, asupan makananmu haruslah yang mampu menjaga bahkan meningkatkan kinerja otak. Apalagi jika kamu pelupa.

Nah, jika kamu masih belum tahu apa saja makanan yang cocok untuk dikonsumsi, berikut ini merupakan 10 minuman dan makanan untuk membantu ingatan wajib dikonsumsi. Biar ingatanmu jadi lebih tajam!

Kopi

Minuman dan makanan untuk membantu ingatan pertama. Kopi sendiri lebih dikenal sebagai penahan rasa kantuk berkat kandungan kafeinnya. Padahal, kopi pun bermanfaat untuk mencegah kepikunan.

Kafein dalam kopi inilah yang berperan penting dalam membantu ingatan. Pasalnya, setelah masuk ke dalam darah dan menuju otak, kafein akan mengaktifkan saraf yang meningkatkan fungsi otak.


Baca Juga: Susah Tidur? 5 Minuman Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Lebih Nyenyak!


Tak hanya kafein, antioksidan dalam kopi juga membantu dalam mengurangi demensia vaskular. Sehingga, tidak salah, jika kopi bisa menurunkan risiko Alzheimer hingga 50 persen dan 65 persen dari kepikunan.

@kaboompics via pexels.com

Ikan Berlemak

Minuman dan makanan untuk membantu ingatan berikutnya adalah ikan berlemak. Ikan berlemak yang baik dikonsumsi pun bervariasi dan tinggal disesuaikan seperti misalkan ikan salmon dan sarden.

Ikan berlemak sendiri sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi kamu yang sering lupa. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang begitu banyak pada ikan berlemak.


Baca Juga: Kedinginan Saat Hujan Turun? Ini Dia 7 Resep Minuman Hangat Yang Cocok Diminum Saat Musim Hujan


Asam lemak omega-3 ini pada ikan berlemak memiliki peran yang begitu krusial dalam proses pembentukan daya ingat pada otak. Hal inilah yang nantinya mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu.

@carolineattwood via unsplash.com

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah tradisional yang mudah ditemui di dapur rumah di Indonesia. Alasan utamanya tentu saja kemampuannya sebagai pewarna alami makanan dan penambah cita rasa makanan.

Namun, dibalik itu semua, kunyit pun termasuk salah bahan makanan untuk membantu ingatan. Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit yang bermanfaat langsung pada sel-sel otak nantinya.

Selain nantinya akan memicu produksi sel-sel otak baru, kurkumin ini pun memiliki khasiat lainnya. Khasiat tersebut antara lain membantu meningkatkan memori dan juga meredakan suasana hati yang sedang biru.

via indiamart.com

Bluberi

Bluberi merupakan salah buah yang mudah ditemukan di berbagai olahan makanan seperti yoghurt dan smoothie. Dibalik rasanya yang manis dan asam segar, bluberi bermanfaat untuk daya ingat, lho!

Makanan untuk membantu ingatan ini bisa terjadi karena antosianin yang dihasilkan oleh buah ini. Antosianin sendiri terkenal sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi.


Baca Juga: Ini Dia 10 Minuman Sehat Untuk Menjaga Kondisi Tubuhmu


Dengan begitu, antioksidan yang terkandung dalam buah bluberi ini mampu membuat kondisi otak tidak cepat menua. Hasilnya adalah komunikasi antar sel-sel otak pun akan jadi lebih optimal.

@joannakosinska via unsplash.com

Cokelat Hitam

Cokelat hitam menjadi salah satu minuman dan makanan untuk membantu ingatan yang wajib dikonsumsi. Makanan satu ini memiliki beberapa senyawa yang mampu mendukung kinerja otak agar tetap optimal.

Beberapa senyawa tersebut antara lain flavonoid, kafein, dan antioksidan. Nah, ketiga kandungan inilah yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya ingat agar kamu tidak mudah lupa.

Setelah memakan cokelat hitam, daya ingatmu akan meningkatkan dan bertahan selama dua jam, lho. Selain itu, cokelat hitam akan baik untuk dikonsumsi jika kamu sedang mengalami suasana hati yang buruk.

@tamasp via unsplash.com

Kacang-Kacangan

Minuman dan makanan untuk meningkatkan ingatan lainnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sendiri dikenal sebagai salah satu sumber vitamin E yang wajib dikonsumsi oleh tubuh.

Vitamin E ini dapat membantu dalam proses melindungi fungsi otak yang sehat. Bahkan, vitamin E ini sangatlah baik untuk membantu dalam mencegah penurun kognitif khususnya pada orang tua.

Selain itu, kacangan-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang tak kalah dengan ikan. Asam lemak omega-3 ini baik untuk otak seperti yang sudah disebutkan di salah satu poin di atas.

@shattha-pilabut-38930 via pexels.com

Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang cukup mudah diolah. Berbicara soal manfaatnya, telur sendiri memiliki bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kinerja otak.

Telur terkenal kaya akan vitamin B6, B12, asam folfat, dan kolin. Nah, dari kandungan inilah yang sangat vital peranannya untuk meningkatkan fungsi kerja otak agar tetap bekerja secara optimal.

Misalkan saja, vitamin B yang berperan aktif dalam memperlambat penurunan mental seiring usia. Kolin lain lagi fungsinya. Ia terlibat dalam meningkatkan fungsi mental dan memori pada otak.

makanan yang membantu ingatan telur
@louishansel via unsplash.com

Brokoli

Kebanyakan anak-anak mungkin tidak akan suka dengan sayuran satu ini. Padahal, sayuran satu ini nyatanya memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan melindungi otak dari kerusakan.

Sayuran tersebut adalah brokoli. Salah satu makanan untuk membantu ingatan ini kaya akan antioksidan, vitamin K, dan glukosinolat. Ketiga kandungan inilah yang berkhasiat baik untuk otak.

Antioksidan berperan untuk melindungi otak dari stres oksidatif dan kerusakan. Di sisi lain, vitamin K baik untuk peningkatan kinerja memori serta glukosinolat yang menurunkan risiko penyankit saraf.

@louishansel via unsplash.com

Alpukat

Buah alpukat kerapkali dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut wajar mengingat kandungan lemak baik pada alpukat yang cocok untuk program diet.

Nah, selain itu, lemak baik dalam buah alpukat sendiri baik untuk otak, lho. Tak seperti makanan lainnya, lemak baik pada alpukat adalah jenis lemak yang justru dibutuhkan oleh sel otak.

Sel otak membutuhkan lemak baik dalam alpukat dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat. Kandungan pada alpukat yang baik untuk otak adalah vitamin E untuk menurunkan risiko Alzheimer.

@daria via pexels.com

Teh Hijau

Minuman dan makanan untuk membantu ingatan terakhir adalah teh hijau. Sama seperti halnya kopi, alasan mengapa teh hijau baik untuk membantu agar tidak mudah lupa adalah soal kandungan kafeinnya.

Kafein yang terkandung dalam jenis teh ini berperan aktif dalam mendukung fungsi otak. Jadi, saat kafein masuk ke otak, kandungan tersebut akan memblokir neurotransmitter yang membuat fungsi otak meningkat.

Sebenarnya, minuman berkafein sendiri bisa dijumpai selain teh hijau seperti halnya kopi. Namun, kafein yang terkandung dalam teh hijau lebih sedikit sehingga tidak menghasilkan efek samping seperti gelisah.

@verenaxxs via unsplash.com

Menginap dengan Dekat Alam Terbuka? Ya di Bobocabin

Sedang mencari penginapan yang dekat dengan alam terbuka? Ada kabar baik dari Bob. Kabar baiknya adalah sebentar Bobocabin akan launching untuk menemani momen untuk menghilang penat di pikiranmu.

Bobocabin sendiri merupakan penginapan kekinian yang berada dekat dengan alam. Bobocabin pertama sendiri berada di salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yakni Ranca Upas.

Untuk informasi lebih lanjut, klik link ini ya. Tak lupa juga Bob mengingatkan jika kamu bisa mendapatkan aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

You might also like