Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Makanan Wajib Konsumsi untuk Mengembalikan Stamina ketika Berpuasa

Bisa pilih salah satunya saat sahur atau berbuka puasa.

Bobobox.co.id — Berpuasa memang bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Meskipun begitu, terkadang kamu pun tentunya merasakan lemas setelah hampir seharian beraktivitas seperti biasa di bulan Ramadan.

Wajar saja mengingat untuk melakukan aktivitas seperti biasa, tubuhmu memerlukan energi yang tidak sedikit. Selama bulan puasa, tubuhmu menggunakan cadangan lemak untuk dijadikan sebagai energi.

Nah, tidak semua orang mempunyai lemak yang relatif banyak. Untuk menghindarkanmu dari rasa lemas saat berpuasa, kamu tentunya wajib menyantap makanan yang bisa mengembalikan stamina ketika berpuasa.

Setelah sebelumnya Bob sudah merangkum cara apa saja untuk menjaga stamina, berikut ini merupakan 10 makanan yang wajib kamu konsumsi untuk mengembalikan staminamu ketika berpuasa.

Madu

Makanan wajib pertama untuk mengembalikan staminamu saat berpuasa adalah madu. Madu sendiri dikenal sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk menghasilkan energi.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat madu memiliki kandungan karbohidrat yang memang menjadi sumber tenaga. Tidak hanya karbohidat saja yang merupakan kandungan di dalam madu.

Beberapa kandungan baik lainnya yang baik untuk tubuh di antaranya adalah vitamin B6, vitamin C, dan enzim. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi ketika berpuasa karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kurma

Memasuki bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu makanan yang biasa disajikan untuk berbuka puasa. Hal tersebut sesuai dengan anjuran di mana kurma baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa.

Selain menjadi buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW, kurma memiliki manfaat yang baik untuk mengembalikan stamina ketika berpuasa. Kandungan dalam kurmalah yang menjadi penyebabnya.

Kandungan karbohidrat yang cukup banyak dalam buah kurma menjadikan buah ini baik untuk stamina. Tidak hanya itu, kandungan lainnya seperti protein, serat, dan berbagai vitamin pun ada di dalam buah kurma.

Pisang

Selain buah kurma, kamu bisa mengonsumsi buah pisang untuk mengembalikan stamina tubuh saat berpuasa. Pisang sendiri sudah cukup terkenal akan kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Dengan kaya akan karbohidrat, tidak mengherankan jika pisang sering dijadikan sebagai alternatif makanan misalkan saja saat akan berolahraga dan berpuasa di bulan Ramadan seperti sekarang ini.

Selain bermanfaat untuk menjaga dan mengembalikan stamina ketika berpuasa, pisang pun mampu mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan orang yang sedang berpuasa karen kandungan kalium pada pisang.

Kacang almon

Kacang almon menjadi makanan yang wajib dikonsumsi untuk mengembalikan stamina yang hilang ketika berpuasa. Kacang almon mengandung protein dan lemak yang relatif cukup tinggi.

Kandungan keduanya yang cukup tinggi akan membantu tubuh agar tetap berenergi saat berpuasa. Tidak hanya itu, jenis kacang ini mampu membantu dalam mengembalikan stamina tubuh.

Selain kandungan protein dan lemak yang tinggi, kacang almon pun mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menurunkan risikomu terkena penyakit aknker.

kacang almon berpuasa

Susu

Selama berpuasa, cobalah untuk sesering mungkin mengonsumsi susu. Pasalnya, susu memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh di bulan Ramadan.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein, lemak, dan kalsium tinggi yang terdapat dalam segelas susu. Salah satu jenis susu yang baik untuk dikonsumsi di bulan puasa ini adalah susu sapi.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis susu lainnya yang bisa dijadikan alternatif dari susu sapi. Beberapa jenis susu tersebut antara lain susu kambing, susu almon, dan susu kedelai. Satu tips saat mengonsumsi susu adalah beri jeda dari menu utama saat berbuka.

Kentang

Kentang mungkin sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Oleh karena itu, wajar saja jika Bob menyarankan untuk mengonsumsi kentang guna mengembalikan stamina ketika berpuasa.

Kandungan karbohidrat yang tinggi mampu membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan energi selama sehari penuh. Dengan karbohidrat inilah, kamu bisa mendapatkan banyak energi saat beraktivitas.

Selain itu, kandungan protein pada kentang mampu menjadi sumber energi cadangan serta tidak ketinggalan kandungan serat yang mampu memelihara keseharan saluran pencernaan ketika berpuasa.

Roti Gandum

Roti gandum selama ini identik sebagai makanan cemilan. Namun, siapa sangka jika makanan cemilan ini menawarkan manfaat yang baik untuk orang yang berpuasa yakni mengembalikan stamina tubuh.

Banyak yang tidak menyadari bahwa roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang kaya. Bahkan, kandungan karbohidrat di roti gandum termasuk yang sulit dipecah sehingga kamu pun bisa merasa kenyang lebih lama.

Kandungan lainnya yang terdapat pada roti gandum adalah kaya serat dan nutrisi juga rendah kalori. Rendahnya kalori pada roti gandum ini berkhasiat untuk menurunkan berat badan tubuh serta seratnya berguna untuk melancarkan percernaan.

Putih Telur

Sudah menjadi rahasia umum jika telur merupakan sumber protein terbaik untuk tubuh saat berpuasa. Kandungan tersebutlah yang berperan aktif dalam membuat perut kenyang lebih lama.

Hal tersebut terjadi karena telur yang kamu konsumsi saat sahur membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah sumber protein yang baik ada pada putih telurnya.

Oleh karenanya, usahakanlah untuk mengonsumsi dua butir telur setiap harinya. Namun, pisahkanlah bagian putih dan kuning untuk dikonsumsi bagian putihnya saja.

Daging

Makanan yang wajib dikonsumsi selanjutnya untuk mengembalikan stamina saat berpuasa adalah daging-dagingan. Bisa dibilang bahwa daging termasuk jenis lauk hewani yang mampu mengontrol sumber energi dan stamina tubuh.

Kandungan energi yang cukup tinggi pada daging menjadi penyebabnya. Kamu bisa memilih berbagai jenis daging yang ada di pasaran. Mulai dari daging sapi, daging, kambing, atau daging ayam bagian dada menjadi pilihan tepat untuk berbuka puasa.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari daging, cara memasak daging yang dianjurkan untuk mengembalikan stamina ketika berpuasa adalah dengan cara yang lebih sehat seperti direbus atau dipanggang.

Keju

Makanan terakhir yang Bob rekomendasikan untuk dikonsumsi agar staminamu kembali pulih adalah keju. Produk turunan susu ini termasuk salah satu yang mudah dijumpai di makanan dan minuman kekinian.

Rasanya yang lezat untuk menjadi pendamping berbagai makanan menjadi alasannya. Namun, tahukah kamu jika keju bisa menjadi alternatif lainnya untuk menambah energi dan stamina saat berpuasa?

Keju memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi. Hal ini bermanfaat untuk menambah stamina. Untuk mendapat nutrisi dan gizi yang seimbang, kamu bisa mengonsumsi keju dengan kentang atau roti gandum.

Menginap selama bulan Ramadan? Datang saja ke Bobobox!

Kenyaman saat tidur sangatlah penting. Pasalnya, kenyamanan menjadi satu dari beberapa hal yang diperlukan tubuh untuk bisa tidur nyenyak dan mengembalikan energi yang sudah terpakai selama sehari penuh.

Dari sekian banyak penginapan yang ada, Bobobox menjadi salah satu yang terdepan dalam menawarkan kenyamanan menginap untuk para pengunjungnya. Hal ini selaras dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan di Bobobox.

Ingin mencoba langsung menginap selama bulan Ramadan ini? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.