Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Konsumsi Jenis Makanan Berikut Ini Agar Rambutmu Makin Sehat

Rambut sehat berawal dari makanan sehat

Rambut sehat tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain mempercantik penampilan, kamu juga akan terhindar dari berbagai masalah rambut seperti kerontokan, kusut, kering dan kusam, bercabang, dan tipis.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu melakukan rutinitas perawatan rambut dari luar serta mengonsumsi makanan untuk rambut sehat. Makanan-makanan untuk rambut sehat sendiri umumnya kaya akan zat yang dibutuhkan oleh rambut seperti vitamin B6, B12, asam folat dan protein. Lalu, apa saja makanan untuk rambut sehat itu? Yuk intip informasinya berikut ini!

Telur

@louishansel via Unsplash

Telur merupakan salah satu makanan untuk rambut sehat yang bisa kamu coba karena terkenal dengan kandungan protein dan biotinnya yang tinggi. Keduanya diyakini dapat membantu pertumbuhan rambut terutama karena folikel rambut terbuat dari protein sementara biotin berperan dalam memproduksi keratin. Kekuarangan kedua zat tersebut biasanya akan mengakibatkan kerontokan. Selain itu, telur juga mengandung seng, selenium, kolin, vitamin D serta nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan rambut yang optimal.

Ikan

Ikan-ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan makarel termasuk jenis makanan untuk rambut sehat karena kaya akan protein dan asam lemak omega 3. Keduanya diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Zat tersebut juga bermanfaat untuk menutrisi folikel sehingga rambut menjadi kuat, berkilau dan lebat.

Kekurangan omega 3 akan mengakibatkan kulit kepala kering dan rambut kusam. Omega 3 sendiri tidak diproduksi di dalam tubuh sehingga untuk memperoleh manfaatnya kamu perlu mendapatkan asam lemak tersebut dari makanan atau suplemen.

Omega-3 Berbasis Tanaman

Bagi kamu yang mengikuti gaya hidup vegan atau vegetarian, kamu bisa mengganti omega-3 dari ikan dengan omega 3 berbasis tanaman. Salah satunya adalah flax seed dengan kandungan omega-3 yang data membantu menutrisi kulit kepala dan mencegah rambut kering. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini dengan menambahkannya pada yogurt atau smoothie.

Kamu juga bisa menjadikannya pengganti telur dengan menambahkan satu sendok makan flax seed bubuk ke dalam tiga sendok air. Biarkan selama lima menit agar mengembang. Selain flax seed, kamu juga bisa memanfaatkan walnut, chia seed, serta minyak flaxseed, kedelai dan kanola.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Plant-Based Diet, Diet Sehat Berbasis Tumbuhan

Sayuran Berdaun Hijau Tua

Makanan untuk rambut sehat juga bisa berupa sayuran berdaun hijau, contohnya bayam. Bayam ini merupakan sayuram yang kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, beta karoten, dan asam folat. Zat-zat tersebut sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala karena memberikan kelembapan pada rambut sehingga tidak mudah patah. Sayuran lainnya yang bisa kamu coba di antaranya adalah kale, kangkung, daun singkong, sawi,  brokoli dan daun pepaya.

Makanan Berwarna Oranye

Makanan yang kaya akan beta karoten seperti ubi, wortel, mangga, melon jingga dan labu kuning termasuk ke dalam makanan untuk rambut sehat. Tubuh kamu akan mengubah zat tersebut menjadi vitamin A yang kerap kali dikaitkan dengan kesehatan dan kekuatan rambut. Vitamin satu ini diketahui berperan dalam pertumbuhan rambut dan dapat mencegah rambut kusam dan kering. Vitamin A sendiri berperan dalam merangsang produksi sebum atau kelenjar minyak pada kulit kepala untuk menjaga kelembapannya.

BACA JUGA: Jaga Keindahan Dan Kesehatan Rambutmu Dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!

Jambu Biji

Jambu biji adalah makanan untuk rambut sehat lainnya yang bisa kamu masakan dalam asupan harian kamu. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin B3, B5, dan B6 yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan jaringan rambut, membersihkan kulit kepala serta mencegah kerontokan. Jambu biji juga kaya akan vitamin A dan C yang dikenal dapat meningkatkan pergantian folikel rambut sehingga rambut pun terhindar dari patah.

Vitamin C juga digunakan untuk melindungi kolagen yang berfungsi untuk mencegah penipisan rambut, memperlambat timbulnya uban, dan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Selain jambu biji, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin C dari stroberi, jeruk, pepaya, blackcurrant dan blueberry.

Daging Ayam

Tofan Teodor via Unsplash

Makanan untuk rambut sehat lainnya yang kaya akan protein adalah daging. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu disarankan untuk memilih unggas dibanding daging merah karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah. Selain itu, ayam juga memiliki kandungan biotin dan niasin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut serta menjaganya agar tetap sehat dan lembap.

Kayu Manis

Kayu manis juga bisa kamu manfaatkan sebagai makanan untuk rambut sehat. Caranya pun cukup sederhana. Kamu bisa menaburkannya pada roti, kopi, atau oatmeal kamu.  Kayu manis sendiri berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah yang membawa oksigen serta nutrisi ke folikel rambut.

Makanan Fortifikasi Vitamin D

Makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin D seperti sereal sarapan, yogurt, jus jeruk, margarin dan minuman kedelai juga bisa kamu masukkan dalam daftar makanan untuk rambut sehat. Vitamin D sendiri dikenal dapat mencegah terjadi kerontokan pada rambut sebab membantu dalam memproduksi folikel rambut baru.

Pisang

@louishansel via Unsplash

Pisang juga bisa kamu gunakan sebagai makanan untuk rambut sehat terutama bagi kamu yang punya rambut kering dan kusam. Buah satu ini kaya akan potasium yang dapat membantu melembutkan rambut serta merangsaang pertumbuhannya. Selain itu, pisang juga mengandung minyak alami yang dapat menjaga elastisitas rambut dan mencegah rambut patah.

BACA JUGA: Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu

Alpukat

Buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang menjadikannya salah satu makanan untuk rambut sehat. Selain omega-3, alpukat juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam memperbaiki jaringan rambut. Dalam hal ini, vitamin E membantu melancarkan sirkulasi darah ke bagian kepala sehingga kulit kepala pun menjadi sehat. Kondisi kulit kepala yang sehat ini dapat memperbaiki pertumbuhan rambut sehingga rambut kamu pun menjadi sehat dan lebat.

Kacang-Kacangan

Makanan untuk rambut sehat lainnya bisa kamu jumpai dalam bentuk kacang-kacangan seperti almon, walnut, kacang tanah, selai kacang dan jenis kacang lainnya. Makanan satu ini kaya akan selenium dan seng yang dapat melindungi rambut dari kerontokan serta kulit kepala kering dan berketombe. Selain itu, kacang juga mengandung vitamin E yang dapat merangsang pertumbuhan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari

Udang

Udang juga bisa kamu manfaatkan sebagai makanan untuk rambut sehat. Makanan satu ini kaya akan protein, vitamin B, vitamin D, seng, dan zat besi yang membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, udang juga mengandung sedikit omega-3 yang juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan kulit kepala.

Selain memerhatikan asupan makanan, kesehatan tubuh secara fisik dan mental juga perlu kamu jaga. Kamu bisa meluangkang sedikit waktu di tengah kesibukan kamu untuk menghilangkan penat dari tubuh dan pikiran. Dengan begitu, saat kembali pada rutinitas, tubuh dan pikiran bisamenjadi lebih segar.

Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlibur atau sekadar ber-staycation. Masalah akomodasi, serahkan saja pada Bobobox! Hotel kapsul satu ini menawarkan akomodasi yang nyaman, aman, harga terjangkau serta fasilitas-fasilitas menarik dan canggih yang membuat kamu merasa betah berlama-lama di Bobobox. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like