Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan

Makanan ini juga bisa membantumu untuk sembuh lebih cepat, lho!

Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan. Radang tenggorokan atau faringitis adalah gangguan pada jaringan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh infeksi akibat virus atau bakteri.

Saat mengalami radang tenggorokan, biasanya penderita akan merasa sakit di bagian tenggorokan, demam, pembengkakan di sekitar leher, tenggorokan terasa kering, bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta pembesaran amandel.

Biasanya, nih, ketika sedang mengalami radang tenggorokan, penderita akan merasa serba salah ketika hendak makan. Pasalnya, radang tenggorokan ini juga menyebabkan nyeri saat menelan makanan.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto dari leftose.com

Namun, jangan khawatir jika kamu terserang radang tenggorokan. Bob akan memberimu bocoran tentang 5 makanan yang cocok dikonsumsi saat kamu sedang mengalami radang tenggorokan. Tak hanya mudah ditelan, tapi kelima makanan ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan, lo.

Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Sup ayam bening dengan bawang putih

Sup ayam bisa menjadi pilihan makanan yang paling aman untuk penderita radang tenggorokan. Rebuslah daging ayam hingga matang dan empuk. Kemudian, cincang halus daging ayam dan masak kembali bersama kaldunya.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa siung bawang putih dan aneka rempah seperti bubuk jinten, bubuk pala, bubuk ketumbar dan cengkih. Dijamin, kuah sup ayam yang cair akan mudah ditelan tanpa rasa sakit. Hangatnya campuran rempah juga akan terasa nyaman saat melewati tenggorokan yang sedang meradang.

Selain terasa enak dimakan oleh penderita radang tenggorokan, sup ayam juga mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebut saja karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral, yang dapat membantu penderita radang tenggorokan untuk lekas sembuh.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto oleh Vicky Wasik dari seriouseats.com

Kaldu sup ayam juga berfungsi sebagai pengencer dahak dan pembersih saluran napas pada penderita radang tenggorokan. Di samping itu, bawang putih juga terbukti memiliki efek antiradang dan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan radang tersebut.

Namun, jangan menambahkan terlalu banyak garam, kaldu bubuk, dan cuka pada sup ayam untuk penderita radang tenggorokan, ya. Sup yang asin, gurih, dan sedikit asam justu malah akan memperparah kondisi radang tenggorokan yang sedang dialami.

Hindari juga untuk menambahkan bubuk cabai dan lada hitam. Rasa pedas yang terlalu kuat pada bubuk cabai dan lada hitam juga malah akan menambahkan luka pada radang tenggorokan, sehingga tentu saja dapat memperburuk radang. Cukup gunakan lada putih secukupnya untuk menambahkan efek hangat pada sup ayam.

2. Buah pisang dengan madu

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki tekstur lembut. Buah ini bisa menjadi alternatif makanan bagi penderita radang tenggorokan karena mudah ditelan sehingga minim rasa sakit.

Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyembuhan radang pada tenggorokan. Kamu juga bisa menambahkan madu pada pisang tersebut.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto oleh Brett Jordan dari Unsplash

Madu memiliki banyak khasiat dan dipercaya sebagai penyembuh beragam penyakit. Ini disebabkan karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Jadi, madu juga dapat membantu melawan infeksi dan meredakan peradangan pada tenggorokan.

Jika kamu suka cokelat, kamu bisa menambahkan sedikit cokelat bubuk pada campuran pisang dan madu yang akan dimakan. Coklat dapat menambahkan rasa sedikit pahit yang justru malah akan mengurangi rasa terlalu manis pada campuran buah pisang dan madu.

3. Sayur-sayuran rebus

Sudah menjadi pengetahuan umum jika sayur-sayuran mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Maka tak heran jika sayur-sayuran juga menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan bagi penderita radang tenggorokan.

Sayuran mengandung banyak serat dan nutrisi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada radang tenggorokan. Pilihlah sayuran lunak yang ketika matang akan mudah untuk dicerna, seperti kentang, wortel, atau kembang kol.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto oleh Gianluca Gerardi dari Unsplash

Kamu juga bisa memilih beragam sayuran hijau yang dicincang halus terlebih dahulu agar bisa ditelan tanpa menimbulkan rasa sakit. Ingat untuk memasak semua sayuran ini hingga matang dan bertekstur lembut, ya, sehingga akan mudah untuk menelannya.

Supaya tidak kehilangan gizi yang ada pada sayur, kamu bisa memasaknya dengan menggunakan slow cooker. Slow cooker dapat membantu mempertahankan gizi pada makanan, sekaligus melembutkan teksur makanan. Jika tidak ada slow cooker, kamu juga bisa merebus sayuran dengan panci tertutup diatas api kecil.

Selain itu, kamu bisa memasak sayuran dengan menjadikannya sup hangat. Tinggal tambahkan kaldu ayam dan berbagai rempah pada sup sayurmu, maka sup sayuran ini juga akan memiliki efek lebih untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

4. Telur orak-arik atau scrambled egg

Telur memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-6 yang cukup tinggi dan sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut berfungsi sebagai zat antiradang, sehingga bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

Telur bisa diolah menjadi telur orak-arik atau scrambled egg yang memiliki tekstur lunak. Dengan memasaknya menjadi telur orak-arik, makanan ini akan mudah ditelan dan tidak menimbulkan rasa sakit jika dibandingkan dengan memasak dengan cara digoreng atau direbus.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto oleh Christine Pittman dari thecookful.com

Namun, ingat untuk tidak memasaknya sampai berwarna coklat dan agak kering, ya. Telur yang dimasak terlalu kering seperti telur dadar tentu saja akan lebih sulit untuk dicerna bagi penderita radang tenggorokan.

Hindari juga untuk memasaknya dengan menggunakan minyak. Makanan berminyak justru akan memicu munculnya rasa gatal dan perih pada tenggorokan yang sedang radang. Masaklah di atas panci antilengket supaya matangnya bisa merata dengan tekstur yang masih lembut.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit susu full cream pada campuran telur orak-arikmu sebelum dimasak. Dijamin, telur orak-arikmu akan terasa lebih lembut saat dimakan.

5. Bubur havermut atau oatmeal

Havermut, atau yang juga dikenal dengan nama oatmeal, merupakan jenis tepung kasar yang terbuat dari butiran gandum yang telah digiling.

Havermut memiliki kandungan serat yang tinggi serta protein di dalamnya. Kandungan ini dapat membantu meredakan nyeri pada radang tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhannya.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Foto oleh Youssef Aboutaleb dari Unsplash

Olahan havermut yang paling mudah dibuat adalah bubur havermut. Tinggal mencampurkan havermut dengan air dan merebusnya sebentar saja, havermut akan siap untuk dimakan. Namun, havermut memiliki rasa yang hambar, sehingga kamu perlu menambahkan sesuatu agar havermut terasa enak.

Bahan yang paling pas dicampurkan pada havermut ketika sedang mengalami radang tenggorokan adalah pisang dan madu. Perpaduan ketiga jenis bahan makanan ini akan membantu untuk mengatasi radang tenggorokan lebih cepat.

Kelima makanan pereda radang tenggorokan di atas merupakan makanan yang mudah dibuat. Jadi, kamu bisa memakannya bergantian ketika sedang sakit tenggorokan. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air mineral, ya. Air mineral juga akan membantu menghidrasi dan meringankan rasa nyeri pada tenggorokanmu.

bobobox hotel kapsul

Selain makanan di atas yang bisa menyamankan tenggorokan, ada lagi lo yang bisa membuat nyaman. Menginap di Bobobox pastinya! Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan tamunya ketika menginap.

Di setiap podnya dilengkapi dengan kasur berukuran king size yang empuk dan bersih. Tak hanya itu, Bobobox juga mengedepankan teknologi modern, mulai dari bisa memesan kamar lewat aplikasi, hingga fasilitas di setiap pod yang memiliki kesan hi-tech berupa lampu LED yang bisa diatur sendiri dan audio musik.

Penasaran? Tunggu apa lagi, pesan kamar di Bobobox, yuk. Dijamin, kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan menyenangkan.