Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa di Jalan

Siapa bilang berbuka di jalan tidak bisa dengan makanan sehat?

Berbuka puasa bukan hanya soal membatalkan saja dengan makan dan minum. Kamu juga harus mengonsumsi makanan sehat agar puasamu tidak sia-sia.

Namun, mendapatkan makanan sehat saat di perjalanan tidaklah mudah. Terkadang yang ada hanya pedagang asongan. Barang dagangannya pun sebatas minuman manis dan air mineral saja. Untuk itu, kamu perlu sedia sendiri makanan sehat yang praktis. Jadi, saat tiba waktu berbuka, kamu tidak jajan sembarangan.

Kurma

makanan sehat
Photo by Mona Mok on Unsplash

Kurma adalah makanan sehat yang paling populer saat bulan Ramadan. Hampir di mana-mana kurma bisa ditemukan. Bahkan, kurma juga bisa ditemukan di bungkusan makanan yang dibagikan orang di jalanan. Oleh karena itu, meskipun kamu tidak membawa kurma dari rumah, makanan sehat ini cukup mudah kamu temukan.

Khasiat kurma tidak perlu diragukan lagi, tergantung jenis dan tingkat kematangannya. Dr. Zaidul Akbar menyampaikan bahwa kurma basah yang bertekstur sedikit keras memiliki sifat untuk membersihkan liver. Di sisi lain, kurma yang sudah lembut memiliki khasiat yang baik untuk lambung.

Selain itu, kamu juga bisa membuat infused water dari kurma. Kurma mengandung fruktosa yang jika direndam akan bercampur kandungannya dengan air. Ketika gula/fruktosa tersebut sudah bersatu dengan air akan terjadi fermentasi. Air fermentasi tersebut mengandung bakteri baik yang bagi tubuh.

Di dalam tubuh pada dasarnya terdapat tiga jenis bakteri yaitu bakteri jahat, baik, dan netral. Nah, porsi yang paling banyak itu adalah bakteri netral. Cara kerja bakteri ini adalah jika makanan sehat yang masuk, bakterinya akan berubah menjadi baik.

Di sisi lain, jika makanan tidak sehat yang masuk, bakterinya akan berubah menjadi jahat. Kamu hanya perlu merendam tiga atau lima butir kurma di dalam air selama minimal enam jam di wadah tertutup.

Air putih

makanan sehat
Photo by manu schwendener on Unsplash

Mungkin air putih tidak masuk ke dalam kategori makanan sehat. Akan tetapi, air putih memiliki peranan penting bagi tubuh. Terutama saat sedang berpuasa. Air putih adalah sumber cairan utama bagi tubuh. Saat berpuasa, tubuh memiliki resiko terkena dehidrasi. Jika konsumsi air kurang, resikonya akan semakin bertambah parah.

Jangan beri tubuh asupan minuman lain terlebih dahulu seperti teh atau minuman manis lain. Soalnya, jika diminum saat perut kosong, kafein yang ada dalam teh bisa memicu naiknya asam lambung. Minum setidaknya dua gelas air putih saat berbuka.

Makanan sehat buah-buahan

makanan sehat
Photo by Brenda Godinez on Unsplash

Makanan sehat berikutnya yang bisa kamu makan saat berbuka di jalan adalah buah-buahan. Kamu bisa mengonsumsi buah apa saja. Semuanya memiliki manfaat masing-masing.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah semangka. Buah yang satu ini memiliki kadar air yang cukup banyak. Oleh karena itu, buah ini bisa menjadi sumber air bagi tubuh selain air putih. Selain itu, semangka juga memiliki kadar glukosa tinggi yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Menariknya, semangka sangat pas jika dipadukan dengan kurma.

Zat besi yang ada pada kurma bisa terikat dengan sangat sempurna ketika bertemu dengan vitamin C. Zat besi memiliki manfaat sebagai komponen utama pembentuk hemoglobin, membantu proses metabolisme tubuh, dan pembentukan hormone serta jaringan ikat.

Jika makanan sehat ini terlalu sulit untuk dibawa selama perjalanan, kamu bisa mengonsumsi pisang saat berbuka puasa. Selain mengenyangkan, pisang juga memiliki nutrisi yang beragam seperti kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

Selain pisang, masih banyak buah-buahan lain yang bisa kamu konsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Di antaranya adalah apel, melon, buah naga, dan alpukat.

Makanan sehat kacang-kacangan

makanan sehat
Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash

Jika kamu ingin makanan sehat yang sedikit berat dan menggigit, kacang-kacangan bisa menjadi pilihan. Karena kacang mudah untuk dimakan, makanan sehat ini cocok untuk menemanimu berbuka puasa saat di jalan. Salah satunya adalah kacang almon.

Almon adalah salah satu kacang paling populer di dunia. Almon memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Selain itu, almon mengandung sedikit karbohidrat namun tinggi akan serat dan fiber. Oleh sebab itu, makanan sehat yang satu ini bisa membuat kamu cepat kenyang tanpa harus menambah kalori terlalu banyak.

Kacang lainnya yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa adalah Kacang Brasil. Makanan sehat yang satu ini kaya akan energi, nutrisi, dan mineral selenium. Banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan dari Kacang Brasil seperti menguatkan jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Nah, jika kacang-kacangan tadi sulit didapatkan, kamu juga bisa mengonsumsi kacang merah. Meskipun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, kacang merah juga kaya akan serat dan protein. Kamu bisa merebusnya atau membuatnya menjadi susu.

Susu

makanan sehat
Photo by Jagoda Kondratiuk on Unsplash

Susu adalah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi. Terlebih, makanan sehat ini mudah didapatkan di mana saja. Oleh karena itu, susu cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa saat di jalan.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengonsumsi susu. Terutama saat perut kosong. Jika kamu memiliki perut yang sensitif, kamu bisa menjadi mual atau kembung. Padahal, mengonsumsi susu saat perut kosong bisa memaksimalkan penyerapan gizi dalam tubuh.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengisi perut terlebih dahulu atau mengganti jenis susunya. Selain susu sapi, ada juga susu kambing, susu yang terbuat dari kacang-kacangan, atau susu kurma.

Makanan sehat adalah makanan yang alami. Jika sudah bercampur dengan zat-zat kimia dan pengawet, sulit rasanya menilai makanan tersebut sebagai makanan sehat. Alam sudah menyediakan semuanya untuk kita. Kini saatnya kita mengambil manfaatnya. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Tetap sehat dengan staycation di Bobobox

bobobox

Kesehatan tubuh tidak hanya didapatkan dari makanan sehat saja. Mental yang sehat juga berpengaruh sangat besar. Nah, kesehatan mental salah satunya bisa diraih melalui liburan. Kalau kamu sedang mencari tempat yang unik untuk menginap, Bobobox bisa jadi pilihan kamu.

Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Bisa kamu gunakan untuk tidur ataupun bermeditasi. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tunggu apa lagi? Jaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan staycation di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.