Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Murung dan Lesu? Coba Konsumsi 7 Makanan Sehat Mood Booster Berikut!

Makanan sehat mood booster buat menyelamatkan harimu!

Di luar, hari sedang cerah. Udara lagi bagus dan langit sedang biru tanpa awan. Namun, kamu masih merasa murung. Ditambah lagi, rasanya tubuhmu nggak punya energi dan lesu terus. Hmm… Kalau sudah begini sih, mau hari secerah atau situasi seasyik apa pun, kamu akan kesulitan menikmati aktivitasmu. Apalagi, produktivitasmu juga bisa jadi ikut terhambat.

Ada banyak hal yang bisa memberikan pengaruh pada mood kamu. Mungkin kamu sedang mengalami banyak tekanan atau masih sedih karena sesuatu. Kamu juga mungkin terlalu lelah dengan keseharianmu dan nggak cukup istirahat. Yang jelas, kondisi seperti ini harus segera ditangani. Masak mau lemah, lesu, dan lunglai terus? Jangankan untuk kerja, untuk menjalani aktivitas yang kamu sukai aja, mungkin kamu nggak bersemangat.

makanan sehat mood booster
Credit: Min An via Pexels

Baca Juga: Sudah Hari Senin Lagi? Ini Dia 7 Tips Agar Kamu Semangat Menjalani Hari!


Untuk menaikkan semangat dan mood, ada beberapa solusi yang bisa dicoba. Kamu bisa mendengarkan musik yang bersemangat, mendapatkan paparan cahaya matahari pagi, bahkan menonton film yang kocak. Namun, energi dan mood-mu juga bisa dinaikkan dari dalam! Bob punya 7 makanan sehat mood booster untuk menaikkan semangat dan suasana hati! Konsumsi makanan-makanan ini secara teratur, dan kamu bisa merasakan manfaatnya! Check these out!

Paprika

Jenis makanan sehat mood booster yang satu ini pasti sering kamu temukan di salad. Ya, paprika memang enak disantap sebagai salad atau pelengkap sate. Selain itu, paprika juga memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Eat This, paprika kaya akan vitamin B6 yang bisa memperbaiki mood dan mengurangi risiko depresi.

makanan sehat mood booster
Credit: Nick Fewings via Unsplash

Nggak hanya bagus buat mood, paprika juga bermanfaat untuk imunitas tubuh. Paprika mengandung vitamin A yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Jadi, cocok banget untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti sekarang. Biar seru dan harimu makin ceria, coba konsumsi paprika dengan beragam warna. Bikin segar dilihat!

Edamame

Nah, makanan sehat mood booster yang satu ini lagi trending akhir-akhir ini. Edamame diabadikan dalam lagu bergenre hip-hop milik bbno$ dan Rich Brian. Nggak hanya trending, edamame juga baik untuk mood kamu. Menurut Lini Sehat, edamame mengandung lebih banyak asam folat daripada kedelai matang. Asam folat pada edamame bisa mencegah depresi.

makanan sehat mood booster
Credit: Crystal Jo via Unsplash

Dilansir dari Hellosehat, edamame juga bisa jadi camilan peningkat imunitas tubuh karena kaya akan antioksidan dan vitamin. Kandungan kalsium dan fosfor dalam edamame juga bisa menjaga kesehatan dan memperkuat tulang. Bahkan, edamame juga membantu mencegah penyakit jantung, kanker, hingga hipertensi. Ngemilnya harus sambil denger lagu Edamame nih!


Baca Juga: 7 Lagu fyp TikTok September 2021 yang Trending!


Cokelat

Siapa sih yang nggak suka cokelat? Bahan ini cocok diolah sebagai dessert, kue, hingga minuman. Manfaat atau efek positif cokelat terhadap suasana hati sih jangan diragukan lagi. Dilansir dari Vivere, cokelat mengandung triptofan yang digunakan otak untuk menghasilkan serotonin. Nah, serotonin sendiri berfungsi membangun atau menciptakan rasa bahagia.

makanan sehat mood booster
Credit: Vie Studio via Pexels

Makanan sehat mood booster ini juga mendorong otak untuk mengeluarkan endorfin yang bisa menurunkan stres. Selain itu, cokelat juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah depresi. Namun, ada baiknya kamu memilih cokelat hitam untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Selain itu, tetap batasi konsumsi cokelat, ya!

Sarden

Makanan sehat mood booster yang satu ini sering kali disajikan sebagai opsi “instan” saat kamu malas masak. Ya, sarden kalengan mungkin terkesan seperti makanan “darurat”. Namun, sajian ini ternyata berguna saat mood kamu lagi “darurat”! Menurut The Healthy, sarden (dan produk ikan kalengan lainnya) kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa memperbaiki mood.

makanan sehat mood booster
Sumber: Gozney

Eits! Nggak hanya itu! Sarden juga punya manfaat lain yang nggak kalah hebat. Kandungan asam lemak omega-3 dalam sarden bisa melawan jerawat juga, lho! Selain itu, zat ini bisa mengurangi peradangan yang merusak sel otak. Kamu bisa mengonsumsi sarden beberapa kali seminggu. Kalau tidak, minyak ikan juga bisa jadi alternatif yang tepat, kok.


Baca Juga: Jerawatan? Hentikan Kebiasaan Buruk Memicu Jerawat Ini!


Ubi

Ubi memang cocok diolah jadi beragam sajian! Temannya singkong dan kentang yang satu ini bisa meningkatkan mood kamu, lho! Menurut Dietetic Directions, ubi kaya akan beta karoten yang bisa mengurangi kerusakan pada sel otak akibat radikal bebas. Selain itu, ubi juga dapat mencegah stres oksidatif yang memicu kerusakan DNA. Hebat ‘kan manfaat ubi?

makanan sehat mood booster
Credit: Louis Hansel via Unsplash

Kamu bisa menyantap makanan sehat mood booster ini sebagai pengganti nasi atau kentang. Ubi juga enak dinikmati sebagai camilan. Kamu bisa memotongnya seperti kentang goreng, kemudian menggorengnya. Biar makin lezat, tambahkan bumbu seperti plum powder, seperti yang ada di gerai-gerai jajanan di mal! Namun ingat, batasi konsumsinya, ya!

Pisang

Buah yang satu ini bisa ditemukan di mana-mana. Bahkan, beberapa minimarket pun sudah menjualnya secara satuan supaya praktis. Pisang nggak hanya manis dan lezat dinikmati. Buah tropis ini juga bisa bikin kamu merasa lebih ceria. Menurut Healthline, kandungan vitamin B6 dalam pisang mendorong produksi hormon “happy” seperti serotonin dan dopamin.

makanan sehat mood booster
Credit: Luis Quintero via Pexels

Oh, ya! Pisang yang masih muda (kulitnya hijau) ternyata menjadi sumber prebiotik yang unggul! Prebiotik akan menjadi sumber makanan bakteri sehat di sistem pencernaanmu! Ada banyak kreasi yang bisa kamu coba dengan pisang. Salah satu opsi populernya adalah banana split. Dimakan di siang hari, sajian es krim dan pisang ini akan bikin kamu happy!


Baca Juga: Inilah Daftar Es Krim Termahal di Dunia yang Bikin Brain Freeze Duluan!


Telur

Dan makanan sehat mood booster yang terakhir adalah telur. Duh! Bahan yang satu ini memang serbaguna! Mau diolah jadi telur urak-arik, telur mata sapi, atau telur rebus, semuanya enak! Dan yang pasti, sumber protein yang satu ini juga bermanfaat untuk suasana hati kamu. Dilansir dari Good Housekeeping, telur mengandung kolin yang membantu tubuh mengendalikan mood, otot, dan ingatan.

makanan sehat mood booster
Credit: Karolina Grabowska via Pexels

Selain itu, telur juga mengandung vitamin B12 yang melancarkan fungsi saraf. telur juga mengandung vitamin B12 yang melancarkan fungsi saraf. Namun, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi telur. Dilansir dari Hellosehat, konsumsi telur secara berlebihan bisa memicu jerawat, menaikkan kolesterol, dan memicu ketidakseimbangan hormon.

Yuk Mulai Konsumsi Makanan Sehat Mood Booster dari Sekarang!

Buat kamu yang sering murung atau lesu, ayo perbanyak konsumsi ketujuh jenis makanan di atas. Dengan jenis makanan yang tepat, kamu bisa memperbaiki mood dari dalam. Selain itu, ada beragam manfaat lain juga yang diberikan ketujuh jenis makanan tersebut. Jadi, suasana hati ceria, badan juga sehat!

Nah, biar mood makin bagus dan kamu nggak bete, ayo staycation bareng Bob di Bobobox! Di Bobobox, kamu bisa merasakan pengalaman menginap di hotel kapsul dengan teknologi mutakhir! Setiap pod sudah dilengkapi teknologi yang terintegrasi aplikasi seluler. Dijamin antiribet deh! Apalagi, di dalam pod juga ada adjustable lighting yang kamu bisa atur sesuai mood.

Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa memesan pod secara langsung dan menerima banyak promo seru. Metode pembayaran yang tersedia juga variatif. Aplikasi Bobobox tersedia secara gratis untuk pengguna Android atau iOS. Ayo download sekarang!

You might also like