Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak 7 Makanan Pencegah Sesak Napas. Alami dan Mudah Didapat!

Mulai dari madu hingga jeruk!

Bobobox.co.id — Mengalami sesak napas adalah sebuah pengalaman tak mengenakkan. Selain mengonsumsi obat, kamu pun bisa meredakan sesak napas tersebut dengan mengonsumsi makanan pencegah sesak napas.

Makanan-makanan ini terbukti dalam mengurangi sesak napas yang mungkin terkadang kambuh. Dengan membawa bekal makanan pencegah sesak napas, sesak napas pun bisa cepat teratasi.

Dari sekian banyak makanan, berikut adalah makanan yang termasuk dalam daftar tujuh makanan pencegah sesak napas. Di samping cara yang terbilang alami, makanannya sendiri mudah didapatkan!

Berikut adalah Makanan Pencegah Sesak Napas

1. Madu

Makanan pencegah sesak napas pertama adalah madu. Makanan herbal yang sudah diakui oleh World Health Organization terbukti dalam mengatasi berbagai macam penyakit seperti batuk dan pilek.

Selain itu, madu pun menjadi makanan yang mampu meredakan sesak napas. Sifat antivirus dan antibakteri yang terkandung dalam madu bekerja dalam mengeluarkan dahak pada orang-orang yang menderita sesak napas.

Sifat yang baik untuk kesehatan itu pula yang menjadikan madu berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit ringan. Tak heran juga jika makanan pencegah sesak napas ini kerap dikombinasikan dengan obat herbal lain.

Cara konsumsinya sendiri cukup satu sendok makan setiap tiga sampai empat jam sekali. Lakukan hingga dada terasa lebih lega. Namun, makanan herbal ini tak boleh dikonsumsi bagi anak di bawah satu tahun.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

2. Ubi Jalar

Makanan pencegah sesak napas berikutnya adalah ubi jalar. Selain mampu menjadi pereda sesak napas, sebenarnya, jenis umbi-umbian ini memiliki manfaat kesehatan lain seperti mengendalikan gula darah.

Nah, dalam membantu meredakan sesak napas, kandungan beta-karoten dan antioksidan mengemban peranan penting. Keduanya mampu meredakan sesak pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronis.

Walaupun menjadi salah satu makanan pencegah sesak napas, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Ada risiko yang kemungkinan bisa meningkat jika kamu mengonsumsi salah satu jenis umbi-umbian ini.

Risiko tersebut adalah konsumsi beta-karoten berlebih justru dapat menyebabkan kanker paru-paru pada sebuah penelitian. Pada penelitian lain, konsumsi beta-karoten justru dapat menurunkan risiko kanker paru-paru.

Ubi Jalar makanan pencegah sesak napas
Ubi Jalar via unsplash.com/@louishansel

Baca Juga: 10 Daftar Makanan Herbal Dan Alami Yang Patut Dikonsumsi Untuk Meredakan Batuk


3. Seafood

Beberapa seafood seperti ikan salmon, rumput laut, dan alga dikenal sebagai sumber omega-3 yang baik dikonsumsi. Kandungan omega-3, baik jenis DHA dan EPA, ini ternyata baik untuk meredakan sesak napas.

EPA dalam seafood dapat menghasilkan senyawa kimia eicosanoid. Senyawa yang ada pada makanan pencegah sesak napas ini berperan dalam menjaga anti bodi dan juga mampu mengendalikan peradangan.

Bahkan, beberapa penelitian pun menyebutkan ada manfaat lain yang diberikan oleh seafood. Manfaat seafood untuk kesehatan tersebut adalah menurunkan peradangan paru-paru dan mempercepat pemulihan sesak napas.

Kamu sendiri bisa memilih ketiga seafood yang sudah Bob sebutkan. Jika ikan salmon dirasa terlalu mahal, ada alternatif pengganti yang tak kalah baiknya dari ikan tersebut seperti sarden dan makarel.

Seafood makanan pencegah sesak napas
Seafood via unsplash.com/@carolineattwood

4. Jahe

Jahe merupakan bahan dapur dengan segudang manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk menyedapkan rasa pada masakan, jahe pun bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan pencegah sesak napas.

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Kedua sifat ini dipercaya dapat membantumu dalam meredakan sesak napas yang diderita. Tidak hanya itu, sistem imun tubuh pun bisa meningkat dengan meminum jahe.

Makanan pencegah sesak napas ini pun bisa membantu membersihkan racun dan polutan pada paru-paru. Tak mengherankan jika jahe mampu melancarkan saluran udara, dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru.

Namun, dalam konsumsi jahe ini, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal yang dikhawatirkan adalah konsumsi jahe ini justru akan mengganggu efektivitas obat lain yang sedang dikonsumsi.

Jahe makanan pencegah sesak napas
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

Baca Juga: Menderita Pilek Tak Sembuh-Sembuh? Konsumsi Obat Pilek Alami Berikut Ini


5. Ginseng

Tak hanya jahe, ginseng pun sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan dengan beragam manfaat yang diberikan. Salah satu adalah meredakan sesak napas bagi kamu menderita masalah kesehatan tersebut.

Makanan pencegah sesak napas ini pun dipercaya mampu menghambat peradangan. Tak hanya itu, tumbuhan yang mudah tumbuh di Indonesia ini mampu mencegah kerusakan sel di saluran pernapasan.

Jurnal Chinese Medicine yang terbit pada 2014 semakin memperkuat argumentasi makanan pencegah sesak napas ini. Jurnal tersebut mengungkapkan campuran herbal berbasis ginseng mampu meningkatkan fungsi paru-paru.

Walaupun demikian, efektivitas dari ginseng ini perlu dikaji lebih dalam lagi. Ada baiknya jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahualu dengan dokter atau tenaga medis saat mengonsumsinya untuk atasi sesak napas.

Ginseng makanan pencegah sesak napas
Ginseng via news.ctgn.com

6. Apel

Buah dengan rasa manis dan segar ini mengandung serat tinggi namun rendah kalori. Hal ini yang menjadikan orang-orang yang sedang melakukan program diet ini memilih apel sebagai buah yang dikonsumsi.

Selain itu, apel pun bisa dimanfaat sebagai salah satu makanan pencegah sesak napas. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini membuat buah ini bermanfaat untuk menyehatkan paru-paru pengonsumsinya.

Hal ini pula yang membuat apel baik dikonsumsi oleh penderita asma. Pasalnya, makanan pencegah sesak napas ini bisa mencegah sesak karena berbagai hal seperti PPOK, emfisema, dan juga bronkitis kronis.

Untuk cara konsumsinya, memakannya langsung bisa jadi cara yang mungkin kamu lebih pilih. Jika tidak, kamu pun bisa menjadikannya jus yang tentunya sama-sama mampu meredakan sesak napas yang sedang diderita.

Apel makanan pencegah sesak napas
Apel via pexels.com/@fecundap6

Baca Juga: 10 Makanan Dan Minuman Yang Terbukti Efektif Sebagai Pembakar Kalori


7. Jeruk

Makanan pencegah sesak napas terakhir adalah jeruk. Buah yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C ini berkhasiat dalam memperkuat daya tahan tubuh yang begitu penting di masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, buah-buahan ini pun baik dalam meredakan sesak napas. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang dapat meningkatkan fungsi dari paru-paru.

Alhasil, masalah pernapasan pun bisa berkurang hingga setengahnya selama dan setelah berolahraga. Tak mengherankan jika pernapasan pun akan lebih lega saat mengonsumsi makanan pencegah sesak napas ini.

Kamu bisa mengonsumsi jeruk ini dengan cara dimakan langsung atau dijadikan jus. Meski demikian, untuk hindari masalah lain yang mungkin terjadi, konsultasikan juga dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Jeruk makanan pencegah sesak napas
Jeruk via pexels.com/@pixabay

Relaksasi Dirimu dengan Staycation di Bobobox

Relaksasi dirimu dari pikiran yang semrawut dengan staycation di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang bakal berikan kualitas mumpuni untuk beristirahat.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

bobobox luas

You might also like