Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berani Tahan? Yuk Coba Cicipi 5 Makanan Pedas Khas Tionghoa Ini!

Siapin antasida deh kalau sudah coba makanan pedas khas Tionghoa ini!

Telinga sudah pekak, kepala sudah pening, lidah sudah hampir mati rasa, tapi terus saja ngunyah. Baju basah karena keringat, hidung mulai meler, dan air mata sudah banjir. Namun, sajian yang tersisa masih menggugah selera dan sayang kalau nggak dihabiskan. Ya, kita semua tahu suka dukanya menikmati sajian pedas. Sudah tahu menyiksa, tapi masih aja dilakukan. Sakit perut sampai diare dialami, tapi itu nggak bikin kamu kapok buat coba lagi. Aduh! Tobat sambal namanya!

Makanan pedas memang punya charm-nya tersendiri. Sebagian orang nggak suka makanan yang menyiksa lidah. Namun, nggak sedikit loh orang-orang yang justru terlahir dengan kekuatan lidah dan mulut yang hebat. Saus sambal botolan? Ah, cetek! Cabe rawit dan gorengan? Kecil! Namun, segala sesuatu yang berlebihan nggak baik, termasuk makan makanan pedas. Dilansir dari Insider, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa memicu nyeri dada. Bahkan, konsumsi makanan pedas berlebihan bisa memicu jerawat dan insomnia! Aduh!


 

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: Eatery New York

Namun, sajian pedas ternyata punya manfaat, lho! Dilansir dari Piedmont, konsumsi makanan pedas membantu menurunkan berat badan. Wah! Cocok nih buat kamu yang sedang diet. Selain itu, capsaicin dalam cabai ternyata dapat melindungi sel tubuh dari molekul berbahaya dan radikal bebas. Sering stres? Jangan khawatir! Makanan pedas mendorong produksi endorfin yang dapat menurunkan risiko stres dan depresi. Meskipun demikian, kamu tetap nggak boleh mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, ya!


BACA JUGA:  Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini Untuk Penderita Insomnia dan Stress Dengan Kerjaan? Bob Punya 5 Tips Liburan Yang Jitu Untuk Melepas Stress

Buat kamu yang ingin coba tantangan lidah, Bob punya beberapa rekomendasi makanan pedas. Nah, untuk menyambut Tahun Baru Cina, Bob akan kasih 5 pilihan makanan pedas khas Tionghoa. Siapin tisu dan obat maag ya karena makanan-makanan ini kejamnya nggak main-main! Apa aja sih makanan pedas khas Tionghoa pilihan Bob? Langsung lihat nomor satu, ya!

 

1. Chongqing Hotpot

Sajian hotpot bukanlah menu yang asing di Tiongkok. Namun, hotpot a la Chongqing merupakan salah satu makanan pedas khas Tionghoa yang paling terkenal. Menurut iChongqing.info, sajian ini sudah ada sejak abad ke-19. Di musim dingin, para penjaga kapal dan pengangkat barang akan mengambil daging-daging sisa. Daging-daging tersebut direbus dalam kuah cabai dan lada Sichuan. Setelah matang, daging dicelupkan ke minyak wijen sebelum dimakan.

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: Hotpot Ambassador

Bahan-bahan Chongqing hotpot masih bisa kamu dapatkan dengan mudah sehingga dapat kamu buat sendiri di rumah. Dilansir dari Medium, babat, usus bebek, daging sapi, hingga potongan ginjal babi bisa kamu gunakan. Untuk kuahnya, cabai dan lada Sichuan menjadi bahan utama. Agar makin pedas, sebelum dimakan, daging yang sudah direbus matang dicelupkan dulu ke minyak cabai. Jumlah cabai yang ditambahkan ke dalam satu panci besar kuah bikin merinding! Pokoknya, makanan pedas khas Tionghoa yang satu ini nggak boleh kamu remehkan.


BACA JUGA: Yuk Cobain Resep Daging BBQ Mudah Ala Restoran Mewah Berikut Ini!

2. Dan Dan Mian

Makanan pedas khas Tionghoa yang satu ini nggak kalah menyiksa lidah kok! Dilansir dari Omnivore’s Cookbook, dan dan mian (atau mi dan dan) adalah makanan khas Sichuan yang dianggap sebagai camilan. Sajian ini juga merupakan salah satu street food Sichuan yang paling terkenal, lho. Buat kamu yang berencana berlibur ke Sichuan, Tiongkok, sajian yang satu ini jangan sampai terlewatkan, ya! Jangan lupa bawa persediaan air minum!

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: Food52

Sesuai namanya, bahan utama dan dan mian adalah mi. Nah, mi yang sudah direbus kemudian ditambahi kuah atau saus pedas. Saus ini terbuat dari campuran pasta wijen dan minyak cabai. Sebagai pelengkap, dan dan mian diberi potongan kacang tanah dan daging babi yang renyah. Eits! Kamu bisa mengganti daging babi dengan daging ayam atau sapi, kok! Jadi, jangan khawatir, ya! Supaya kelihatan makin menggoda, makanan pedas khas Tionghoa ini ditambahkan daun bawang di atasnya. Hmm! Bob jadi ngiler, nih!


BACA JUGA: 5 Topping Mie Instan Mewah Yang Bisa Kamu Coba


3. Kou Shui Ji

Sajian yang satu ini punya nama yang unik dan mungkin mengejutkan. Jika diterjemahkan, kou shui ji berarti ayam air liur. Namun, tenang aja karena makanan pedas khas Tionghoa ini nggak dibuat dari air liur betulan, kok! Dilansir dari Red House Spice, kou shui ji adalah salah satu sajian khas Sichuan yang terkenal. Warna kuahnya yang merah terang pun cocok untuk melengkapi keseruan Tahun Baru Cina di tanggal 12 Februari nanti. Makin merah, makin meriah!

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: Souped Up Recipes

Dilansir dari The Woks of Life, kou shui ji terbuat dari daging ayam yang direbus dengan daun bawang dan jahe. Untuk sausnya, kamu harus memasak daun bawang, jahe, bawang putih, bunga lawang, kayumanis, dan lada Sichuan terlebih dahulu. Saring rempah-rempah dan tuangkan minyak ke dalam mangkuk berisi potongan kacang, biji wijen panggang, dan cabai kering. Setelah itu, gabungkan campuran minyak panas dengan cuka arak beras, pasta wijen, dan kaldu ayam. Tinggal tuangkan saus sesuai keinginan dan voila! Kou shui ji siap disantap!

 

4. Tahu Mapo

Kalau melihat namanya, jangan sampai salah menebak, ya. Mapo di sini bukan kawasan Mapo di Seoul, Korea Selatan. Tahu Mapo atau Mapo Doufu adalah sajian khas Sichuan yang sudah ada sejak tahun 1862, dilansir dari Taste Asian Food. Sesuai namanya, tahu menjadi bahan utama makanan pedas khas Tionghoa ini. Sajian ini dibuat oleh seorang pemilik restoran di kota Chengdu. Sang pemilik ini memiliki bekas-bekas jerawat di wajahnya, dan bekas jerawat ini dalam bahasa Mandarin disebut mapo. Akhirnya, sajian tahu buatannya pun disebut tahu mapo.

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: I Am A Food Blog

Kamu bisa membuat sendiri makanan pedas khas Tionghoa ini di rumah. Siapkan tahu sebagai bahan dasarnya. Untuk bumbunya, siapkan doubanjiang, minyak cabai, dan lada Sichuan. Oh, ya! Doubanjiang bisa kamu beli dari marketplace Indonesia, ya. Jadi, jangan khawatir! Sebagai pelengkap, siapkan potongan daging sapi. Masak daging dengan bumbu-bumbu di atas, tambahkan kaldu ayam, kemudian masukkan tahu. Nah! Pastikan kamu tidak banyak mengaduk bahan-bahan supaya tahu tidak hancur. Nyam! Sajian tahu mapo yang pedas siap kamu santap!

 

5. Duo Jiao Yu

Bagi penggemar sajian ikan, makanan pedas khas Tionghoa yang satu ini layak dicoba. Berasal dari Hunan, duo jiao yu adalah sajian ikan kukus, dilansir dari The Woks of Life. Namun, bagian daging yang digunakan adalah setengah bagian teratas ikan. Bahkan, terkadang hanya kepala ikan saja yang dipakai. Sesuai namanya, hidangan ini menggunakan duo jiao atau cabai yang digaramkan. Sajian ini, menurut Travel China Guide, konon sudah ada sejak era Dinasti Qing.

makanan pedas khas tionghoa
Sumber: Way of China

Sebelum dikukus, daging ikan dibaluri duo jiao terlebih dahulu. Ikan juga bisa dimarinasi dengan kaldu ayam, arak beras, jahe, dan garam. Buat kamu yang ingin coba masak sendiri, tapi nggak punya duo jiao, kamu bisa buat bumbu cadangan. Cukup masak cabai dan bawang putih yang sudah dipotong-potong. Tambahkan bumbu lima rempah atau ngo hiong setelahnya. Setelah itu, tuangkan deh cabai dan bawang putih ke atas ikan, kemudian kukus. Sajian ikan kukus pedas siap untuk disantap. Haochi!

Itulah 5 makanan pedas khas Tionghoa yang Bob rekomendasikan. Meskipun kamu tahan makan makanan pedas, pastikan kamu nggak mengonsumsinya secara berlebihan, ya! Tetap jaga pola makan yang baik, terutama di musim seperti sekarang. Apalagi, Tahun Baru Cina sudah di depan mata. Badan kamu harus fit sebelum liburan. Nah, kelima makanan pedas khas Tionghoa pilihan Bob juga bisa kamu siapkan untuk perayaan sincia. Dimakan bersama keluarga dan kerabat, tentunya akan seru! Gong xi, gong xi!

 

Liburan Imlek di Mana?

Nah, untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan di luar rumah, coba staycation di Bobobox aja! Kamu bisa nonton drama Taiwan, dengar lagu, baca buku, atau sekadar mager ria di dalam pod. Setiap pod juga dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Dijamin staycation kamu bakalan antiribet! Ditambah lagi, setiap pod punya tempat tidur yang besar dan nyaman, serta desain interior yang keren banget!

Bobobox menghadirkan fasilitas seperti pantry, shared bathroom, vending machine, musala, dan communal space. Kebersihan pod dan area-area umum juga dijaga ketat agar liburanmu tetap aman. Nah, sebelum berlibur, kamu harus download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi gratis ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan menerima notifikasi promo menarik!

You might also like