Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini 9 Makanan Paling Sehat di Dunia, Mulai Gaya Hidup Lebih Baik Yuk!

Jangan asal makan, masukkan makanan paling sehat berikut ini ke dalam healthy lifestyle kamu!

Bobobox.co.id – Untuk tetap hidup dan beraktivitas, manusia butuh nutrisi dari makanan. Bukan sembarang makanan, melainkan makanan paling sehat yang bisa kamu temukan.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa membuat tubuh kamu lebih bugar dan mencegah berbagai macam penyakit.

Tidak hanya kesehatan fisik seperti otot, otak, dan jantung tapi juga kesehatan jiwa. Pernah dengar istilah good food good mood? Ternyata, itu juga ada benarnya lho.

Lalu, apa saja makanan paling sehat di dunia yang bisa kamu konsumsi? Mudah didapatkan, penuh nutrisi, dan alami, ini dia daftarnya.

BACA JUGA: 9 Menu Sarapan Seluruh Dunia Untuk Makan Pagimu Selanjutnya

Makanan Paling Sehat Sayur dan Buah

makanan paling sehat
Unsplash/Rodion Kutsaev

Bayam

Bayam mungkin bukan makanan favorit semua orang. Namun, ternyata bayam merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia yang kaya akan nutrisi lho.

Tidak hanya protein, bayam juga mengandung vitamin A dan C, antioksidan, dan folat yang menyehatkan jantung.

Bahkan, 30 gram bayam memiliki protein yang hampir sama banyaknya dengan telur rebus. Berita baiknya, baik hanya memiliki setengah kalori telur rebus.

Cara terbaik mendapatkan nutrisi dari makanan paling sehat ini adalah dengan merebusnya alih-alih dimakan mentah-mentah.

Merebus bayam membantu mempertahankan vitamin dan memudahkan tubuh menyerap kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Semangka

Semangka terkenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan. Memang kandungan gula yang ada dalam semangka cukup tinggi, namun semangka adalah salah satu makanan paling sehat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Pasalnya, semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan nutrisi seperti likopen, citrulline, dan vitamin A dan C.

Selain itu, semangka juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi nyeri otot, dan mengurangi peradangan.

Minuman Paling Sehat

makanan paling sehat
Unsplash/petr sidorov

Teh Oolong

Teh adalah salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Baik di rumah atau rumah makan, teh menjadi minuman pilihan meredakan haus.

Di balik kepopulerannya, teh ternyata menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh lho. Salah satu di antaranya adalah teh oolong.

Teh oolong dapat merangsang pembakaran lemak dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh hingga 3,4%.

Teh oolong juga kaya akan asam amino yang disebut L-theanine yang dapa meningkatkan aktivitas otak, kualitas tidur , dan pengurangan stres serta kecemasan.

Teh yang berasal dari Cina ini juga dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya dan meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Teh Putih

Selain oolong, teh putih juga dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Konon, orang-orang telah menggunakan teh putih selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan.

Pasalnya, teh yang memiliki warna bening ini kaya akan antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Meskipun tidak memiliki makronutrien seperti lemak atau protein, teh putih mengandung banyak antioksidan termasuk polifenol, flavonoid, dan tanin.

Karena teh putih diproses secara minimal, ia memiliki lebih banyak antioksidan daripada banyak jenis teh lainnya.

BACA JUGA: Simak 7 Penyebab HP Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya!

Makanan Paling Sehat Daging

makanan paling sehat
Unsplash/Edson Saldaña

Salmon

Salmon adalah ikan yang dikenal memiliki kandungan kalori dan lemak yang relatif tinggi. Namun, jangan biarkan hal tersebut menipu kamu.

Pasalnya, salmon termasuk salah satu makanan paling sehat yang ada di dunia. Sekitar 3 hingga 4 ons salmon mengandung sekitar 200 kalori. Ikan salmon sangat rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein yang baik.

Selain itu, salmon juga salah satu sumber vitamin B12 terbaik yang kaya dengan potasium dan nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin D.

Grass-Fed Beef

Daging merah, terutama daging sapi, tentu memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh di samping rasanya yang enak. Namun, pernah kah kamu mendengar tentang grass-fed beef?

Pada umumnya, sapi diberi makan rumput dan biji-bijian sebagai sumber nutrisi utamanya.Beberapa sapi juga makan dedaunan dan jagung.

Akan tetapi, ada juga sapi yang diberi makan rumput secara alami. Sapi jenis ini lebih ramping dan memiliki lebih sedikit kalori daripada sapi pada umumnya.

Daging yang diberi makan rumput alami juga mengandung kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi yang berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

Makanan Paling Sehat Biji-Bijian

Unsplash/Bakd&Raw by Karolin Baitinger

Produk Kacang Kedelai

Makanan paling sehat yang satu ini mungkin sudah sangat umum di Indonesia. Sebutkan saja makanan yang terbuat dari kacang kedelai, banyak sekali.Ada tahu, tempe, susu kedelai, dan lain-lain.

Produk kacang kedelai memiliki serangkaian manfaat nutrisi yang mengesankan dan baik bagi tubuh. Kedelai memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Hal ini berkat kandungan yang ada di dalamnya seperti isoflavon, lesitin, saponin, dan serat.

Selain itu, makanan yang dibuat dari kedelai juga bisa menjadi pengganti yang baik untuk daging. Jadi, jika kamu mengikuti diet khusus, kedelai adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa kamu coba.

Whole Grains

Semua jenis biji-bijian adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik serta beberapa vitamin dan mineral utama. Namun, biji-bijian utuh atau whole grain merupakan salah satu makanan paling sehat dalam kategori ini.

Biji-bijian utuh memiliki beragam nutrisi termasuk protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral. Apabila kamu memasukkan whole grain ke dalam menu makananmu, kamu bisa mengurangi risiko terkena beberapa macam penyakit.

Biji-bijian utuh dinilai mampu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

Amaranth

Amaranth merupakan salah satu makanan paling sehat yang kaya akan mangan, zat besi, dan selenium yang sangat baik.

Kandungan biji-bijian bergizi bebas gluten ini  mampu menjaga tiroid tetap terkendali dan mempertahankan elastin di kulit sehingga kulit kamu bisa tetap halus dan kencang.

Selain itu, amaranth juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan penurunan berat badan.

BACA JUGA: 10 Makanan Mengandung Vitamin D Ini Penting Untuk Kesehatan

Itulah beberapa makanan paling sehat yang ada di dunia. Kalau sedang mencari makanan untuk diet, kamu bisa coba salah satunya. Tetap sehat dan jaga tubuh ya!

Butuh staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.
Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like