makanan paling awet

Ini Dia 8 Makanan Paling Awet Untuk Persediaan Makanan Darurat

Bobobox.co.id – Meski sudah melewati tanggal kadaluwarsa, makanan paling awet ini masih bisa dimakan lho. Yang penting, kamu menyimpannya dengan cara yang tepat.

Hampir semua makanan memiliki masa simpan ideal atau shelf life. Biasanya, terutama dalam makanan kemasan, kamu akan melihat tanggal makanan tersebut diproduksi dan tanggal kadaluwarsanya.

Makanan yang mudah busuk pada umumnya memiliki kandungan air dan minyak yang tinggi sehingga perlu diawetkan, dikeringkan, atau dikemas di tempat yang kedap udara.

Akan tetapi, sejumlah makanan memiliki pengawet alami yang membuatnya bisa bertahan sampai bertahun-tahun lamanya.

Dengan catatan, makanan paling awet tersebut harus disimpan dengan cara yang tepat, sesuai dengan kondisi alaminya.

Penasaran apa saja makanan paling awet yang bisa kamu konsumsi dan bagaimana cara penyimpanannya? Simak terus di sini ya.

BACA JUGA: 10 Barang Unik Online Shop Yang Justru Bikin Geleng-Geleng Kepala

Makanan Paling Awet

makanan paling awet

Unsplash/an_vision

Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia. Buah yang sehat dan menyegarkan ini kaya akan serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan.

Mengonsumsi apel juga sangat mengenyangkan karena jumlah kalorinya yang rendah. Selain itu, apel juga termasuk salah satu makanan paling awet.

Umur simpan apel bervariasi. Buah ini bisa bertahan di suhu ruangan 5–7 hari sedangkan di dalam lemari e: 4–6 minggu.

Namun, setelah diopotong apel bisa bertahan 3–5 hari di lemari es dan 8 bulan di freezer.

Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling banyak disimpan di rumah-rumah.

Karena sering dipakai, bawang merah biasa dibeli dalam jumlah yang cukup banyak. Sayangnya, jika tidak segera dipakai bawang merah bisa cepat busuk.

Jika kamu menyimpannya dengan tepat, makanan paling awet ini bisa bertahan hingga dua bulan. Dengan catatan, jangan simpan dekat kentang atau di tempat yang terkena sinar matahari.

Ruangan yang sejuk, gelap, dan kering adalah tempat penyimpanan bawang merah yang paling baik.

Pasta kering

Pasta kering adalah makanan paling awet yang tidak akan menjadi buruk seperti buah atau daging.

Bisa dibilang pasta kering tahan lama selamanya meski rasanya akan berubah dalam waktu dua tahun setelah pembelian.

Hampir semua pasta kering dilengkapi dengan tanggal “best by” atau “best if used by”. Namun, itu bukan tanggal kedaluwarsa melainkan perkiraan terbaik berapa lama produk akan tetap dalam segar.

Hal ini tentu berbeda dengan pasta segar karena mengandung telur dan air yang keduanya membuatnya menjadi makanan yang mudah rusak.

Bahan Makanan Paling Awet

makanan paling awet

Unsplash/Coffee Geek

Cuka

Makanan paling awet berikutnya adalah cuka. Cairan asam kesukaan banyak orang ini adalah produk fermentasi yang memiliki umur simpan yang hampir tidak terbatas.

Menurut Vinegar Institute, cuka memiliki sifatg asam yang berfungsi untuk mengawetkan dirinya sendiri.

Jadi, kamu tidak perlu memasukkannya ke dalam lemari es. Cukup diletakan di suhu ruangan saja.

Meski begitu, cuka bisa menimbulkan endapan jika dibiarkan terlalu lama. Zat berlendir itu disebut mother.

Namun, zat tersebut tidak berbahaya dan bahkan bisa digunakan untuk membuat cuka baru.

BACA JUGA: Ingin Hewan Peliharaan Baru? Kenalan Dengan 7 Jenis Dan Fakta Kelinci Hias Berikut Dulu!

Garam

Apakah garam termasuk salah satu satu makanan paling awet? Jawabannya adalah iya. Garam memiliki usia simpan yang tidak terbatas.

Namun, bukan sembarang garam. Hanya garam alami yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Garam alami adalah varietas kasar yang dikumpulkan dari mineral yang ditinggalkan oleh danau dan penguapan laut.

Di sisi lain, garam meja biasanya akan kadaluwarsa sekitar lima tahun karena diberikan bahan kimia seperti yodium.

Untuk penyimpanannya, kamu harus selalu menyimpan garam dalam wadah tertutup dan meletakkannya di tempat yang sejuk dan kering.

Pasalnya, kualitas garam sangat dipengaruhi oleh kelembaban. Kamu bisa menyimpan garam di lemari selama tidak rentan terhadap kelembaban.

Gula

Banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi setidaknya mengandung gula. Kamu juga pasti memiliki stok gula pasir atau merah di rumah.

Supaya tetap awet, kamu harus menyimpan gula dalam wadah yang kedap udara. Selain itu, pastikan juga gula terhindar dari cahaya matahari langsung dan suhu panas.

Secara teknis, gula tidak pernah rusak karena gula memiliki sifat pengawet alami. Namun, gula pasir bisa bertahan hingga dua tahun setelah dibuka.

Pasalnya, gula akan mengundang bakteri yang bisa merusaknya, apalagi jika sudah terkena air.

Meskipun begitu, kemungkinan gula pasir masih akan digunakan untuk berbagai hal termasuk seperti membuat kue dan lain-lain.

Kecap

Makanan paling awet selanjutnya adalah kecap. Kecap tidak mudah rusak, tetapi juga tidak bisa bertahan selamanya.

Botol kecap yang belum dibuka dapat disimpan selama sekitar tiga tahun setelah tanggal kadaluwarsa.

Akan tetapi, setelah kamu membukanya, kamu hanya akan mendapatkan kualitas yang bagus selama sekitar satu bulan pada suhu ruangan.

Setelah jangka waktu tersebut, sebenarnya kecap masih bisa dikonsumsi. Hanya saja, rasanya akan menjadai kurang sedap.

Selama tidak ada air atau bahan lain yang ditambahkan ke dalamnya, kualitas makanan paling awet ini akan baik-baik saja.

Kopi

Kopi termasuk salah satu makanan paling awet. Namun, bukan kopi instan yang biasa dibeli di pasaran melainkan biji kopi asli.

Setelah dipanen dan diporses, biji kopi hijau dimasak dalam alat yang disebut roaster. Alat ini akan mematangkan kopi agar bisa digiling kemudian diminum.

Idealnya, biji kopi yang telah dimasak bisa dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan jika masih dalam keadaan tertutup rapat.

Sebenarnya, kopi tidak memiliki tanggal kadaluwarsa yang pasti selama tidak ada bahan kimia tercampur di dalamnya.

Namun, semakin lama rasa dan aroma kopi akan menghilang dan menjadi stale atau apek terutama jika kopi yang kamu simpan sudah berbentuk bubuk.

BACA JUGA: Menakjubkan, Ini Dia Jenis-Jenis Burung Terbesar Di Dunia

Itu dia sejumlah makanan paling awet yang bisa kamu simpan di rumah. Untuk stok jangka panjang atau makanan darurat, delapan makanan di atas wajib masuk dalam daftar kamu. Jadi, kalau ada apa-apa tinggal ambil deh. Nggak perlu ribet!

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles